Merawat Gorden Minimalis Semakin Mudah Dengan Tips Berikut

Gorden merupakan salah satu komponen yang pasti ada di dalam rumah, sehingga merawat gorden minimalis agar tetap indah dan bisa dipakai menjadi suatu keharusan. Gorden yang tidak pernah Anda rawat akan mengakibatkan kotor dan tidak menarik untuk dilihat. Apalagi jika gorden basah yang terciprat benda cair tidak segera dibersihkan, maka akan meninggalkan noda membandel yang susah dibersihkan.

Merawat gorden minimalis
Merawat gorden minimalis – diminimalis.com

Letak gorden yang menggantung di jendela pastinya sangat memungkinkan untuk terkena debu dan kotoran dari luar yang mengakibatkan kotornya gorden. Gorden yang sering terpapar sinar matahari juga akan menjadikan pudarnya warna. Warna gorden yang pudar tentunya menjadikan tampilan interior ruangan terasa kurang menarik.

Tips Agar Mudah Merawat Gorden Minimalis

Untuk mendapatkan gorden yang mudah dirawat, setidaknya harus mempertimbangkan berbagai hal penting saat pembeliannya. Hal-hal berikut adalah poin poin yang sebaiknya Anda pertimbangkan dalam memilih gorden minimalis yang tepat agar merawatnya juga mudah.

merawat gorden minimalis
Sumber: Hipwee

1. Pilih Bahan yang Mudah Dirawat

Memilih material gorden yang terbaik cukup penting untuk diperhatikan sebab ini berpengaruh terhadap keawetan serta kemudahannya saat dibersihkan. Cari tahu secara pasti jenis bahan yang digunakan pada gorden yang akan Anda beli. Bila perlu, tanyakan kepada penjualnya.

2. Model Gordennya Seperti Apa

Tips selain pemilihan bahan agar mudah dirawat adalah modelnya. Pilih model gorden yang sesuai dengan tema rumah Anda. Tujuannya agar didapatkan tampilan yang cocok dan tentu saja Anda jadi lebih bersemangat merawatnya.

3. Warna Juga Ikut Berpengaruh

Ini hal yang juga tidak kalah penting, pemilihan warna gorden mestinya dipertimbangkan masak masak juga karena berkaitan dengan gairah Anda selama di ruangan. Pilihlah warna-warna seperti biru tua atau coklat karena warna ini terlihat cocok untuk berpadu dengan dinding rumah minimalis dengan warna apapun.

Warna-warna gorden yang lebih condong bergaya klasik seperti ini akan mampu menonjolkan kesan mewah dan memberikan efek lebih luas pada ruangan. Anda akan jadi lebih semangat beraktivitas di dalamnya.

4. Terakhir, Pemilihan Corak

Siapa bilang corak gorden tidak turut berpengaruh dalam sesi merawat gorden minimalis. Corak gorden yang bagus akan tidak mudah rusak saat digulung maupun digelar. Ada banyak motif/corak gorden yang saat ini dijual di pasaran. Setiap motif akan memberikan kesan dan makna yang berbeda terhadap sebuah ruangan. Jadi, pilihlah gorden dengan corak yang mampu menyejukkan mata, sehingga ruangan nampak teduh. Otomatis Anda juga jadi lebih bersemangat untuk merawatnya.

Merawat gorden minimalis harus teratur

Interior ruangan yang nyaman dan indah tentunya tidak bisa terlepas dari perawatan rutin setiap elemen di dalamnya, tak terkecuali gorden. Perawatan gorden sebaiknya Anda lakukan sebulan sekali. Namun, sebelum Anda melakukan pembersihan gorden dengan cara mencucinya, terlebih dahulu kelompokan model gorden minimalis sesuai dengan jenis bahannya untuk memudahkan pembersihan.

Asal Anda tahu, gorden memiliki ragam bahan pembuat yang berbeda-beda. Ada tipe bahan yang mudah kotor dan ada pula yang tidak cepat kotor. Ketebalan kain gorden juga bervariasi, ada yang tipis dan juga tebal. Pada gorden yang berbahan tips sebaiknya tidak dicuci terlalu sering dikarenakan akan mengakibatkan teksturnya menjadi kasar dan warnanya menjadi pudar dan kusam.

Jika Anda merasa berat untuk merawat gorden minimalis dengan cara dicuci, Anda dapat menggantinya menggunakan alat pembersih gorden. Alat ini biasanya berbentuk vacuum cleaner yang dapat menghisap debu yang menempel pada gorden. Desain gorden rumah minimalis berukuran besar yang ujungnya menyapu lantai tentunya akan lebih cepat kotor. Jadi, bersihkan dengan teratur ya..!.

merawat gorden minimalis
membersihkan dengan vaccum – diminimalis.com

Merawat gorden minimalis bagian atas

Pada semua jenis gorden pastinya memiliki kelengkapa untuk memasangnya, tak terkecuali gorden minimalis murah. Kelengkapan tersebut biasanya berupa railing yang terbuat dari aluminium ataupun bahan lainnya. Anda bisa membersihkan railing tersebut dari debu dan kotoran yang bisa menggangu gerak gorden saat dibuka dan ditutup.

Pemasangan railing sebaiknya tidak terlalu tinggi dari atas jendela, agar Anda mudah menjangkaunya dan juga mudah dalam pembersihannya. Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat gorden minimalis agar memudahkan Anda dalam perawatannya. Salam diminimalis (am). editted by RN 16012020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.