Furniture dari bahan kayu sudah sangat familiar dari sejak jaman dulu hingga sekarang. Dibuat untuk berbagai keperluan mengisi interior ruangan dalam rumah. Namun meski penggunaannya masif, tidak sedikit orang yang belum tahu bagaimana cara merawat furniture kayu agar bisa bertahan lama. Padahal, perawatan ini sangat penting dan mudah dilakukan oleh siapapun.

Di artikel kali ini, diminimalis akan bahas mengenai pola perawatan furniture kayu dengan maksud agar tetap bisa menghiasi interior rumah Anda dalam jangka waktu lama. Kunci merawat furniture kayu yang paling dasar adalah mengenali jenis kayunya dulu. Sebab, tidak sama antara merawat furniture kayu jati dengan albasiyah, misalnya. Begitupun merawat furniture kayu albasiyah tidak sama dengan furniture dari kayu sintetis, dan seterusnya. Ini yang harus dipahami sebelum mengupayakan perawatan selanjutnya.

Mengenal Karakteristik Kayu Sebagai Furniture

Tidak ada yang sulit dalam merawat furniture kayu karena pada dasarnya sama dengan furniture dari bahan lainnya. Asal dilakukan secara rutin, funiture kayu akan awet dan tahan bertahun-tahun lamanya.

Perlu diketahui bahwa sedikit berbeda dengan furniture sintetis, kayu merupakan bahan alam yang bisa berubah karena kondisi lingkungan sekitarnya. Bila terkena sinar matahari berlebih dapat membuat furniture kayu menjadi kusam, melengkung dan retak.

Meski saat ini sudah banyak aneka furniture yang terbuat dari bahan PVC (Plastik), namun furniture berbahan kayu masih memiliki pangsa pasar yang luas dan banyak peminatnya. Ini disebabkan karena Indonesia memilki ketersediaan kayu yang melimpah dan menganggap bahwa kayu lebih natural untuk menghias interior.

Meski begitu tidak semua jenis furniture bisa tergantikan oleh bahan baku lain selain kayu. Kalaupun banyak dari anda yang sudah sering menggunakan perabot dengan bahan dasar lain. Namun, demi nilai estetika, ada perabot yang memang hanya cocok dibuat menggunakan bahan dasar kayu. Seperti kursi, rak, dan sebagainya.

Dari sini kita paham bahwa tak semua perabot bisa tergantikan oleh bahan selain kayu. Untuk itulah, sepertinya furniture kayu masih akan selalu diandalkan untuk menghasilkan kreasi-kreasi yang unik untuk perabot rumah minimalis modern saat ini.

Adanya berbagai bahan furniture yang beredar di pasaran, tidak lain karena dipengaruhi oleh ketersediaan produk, demand (permintaan), tren go green, dan beberapa hal lain yang mempengaruhinya. Adanya bahan alternatif pengganti kayu, tak serta-merta membuat furniture kayu tersisihkan. Meski bahan furniture sintetis diklaim lebih ramah lingkungan, karena dapat mengurangi penggunaan kayu hutan, namun bahan tersebut akan sulit diurai bila nantinya sudah tidak digunakan lagi.

Intinya, adanya bahan-bahan furniture selain kayu tersebut, sifatnya hanya sebagai alternatif pengganti saja yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena kondisi market yang tak pernah jenuh inilah, furniture berbahan kayu akan terus diproduksi dan permintaannya tak pernah surut.

Disini tinggal Anda sebagai pengguna mestinya paham bagaimana cara merawat perabot kayu tersebut agar awet dan tahan lama. Dengan begitu secara tidak langsung, Anda juga dapat menekan angka permintaan sehingga dapat mengurangi konsumsi kayu hutan.

Pada dasarnya karakteristik kayu dimanapun sama. Permukaannya punya ciri khas guratan yang membuat tampilan furniture jadi lebih estetis. Kemudian, kayu juga anti api alias mudah terbakar dan bila kehujanan terus menerus bisa rusak. Jadi, tidak lain dan tidak bukan, fokus perawatan saat merawat furniture kayu adalah bagaimana membersihkan permukaan kayu agar tidak cepat rusak dan lapuk.

merawat furniture kayu, perawatan furniture kayu, cara merawat furniture kayu, tips merawat furniture kayu, merawat mebel kayu, cara merawat mebel kayu,
Tips merawat furniture kayu – diminimalis.com

Tips merawat furniture kayu supaya awet dan tahan lama

Di Indonesia, yang hanya mengenal dua musim sepanjang tahun, harus paham dengan efek iklim terhadap furniture kayu yang kita miliki. Ini harus dipahami sebagai dasar pemahaman. Musim panas dengan udara yang kering, bisa membuat furniture kayu menjadi lapuk dan pecah. Sedangkan di musim hujan, kayu mudah menjadi lembab dan mengalami oksidasi. Kondisi ini akan membuat kayu mudah digerogoti rayap.

Ada beberapa cara efektif untuk merawat furniture kayu supaya bisa awet tahan lama. Anda bisa mempraktekkannya pada furniture Anda di rumah yang berbahan kayu.

1. Perhatikan penempatan furniture Anda dengan keadaan disekitarnya

Anda harus paham, furniture mana saja yang layak ditempatkan di dalam maupun di luar ruangan. Ada furniture yang tahan terhadap kelembaban di dalam ruangan, ada juga furniture yang tetap kokoh meski diletakkan di luar ruangan, meski kerap diterpa panas dan hujan.

merawat furniture kayu, perawatan furniture kayu, cara merawat furniture kayu, tips merawat furniture kayu, merawat mebel kayu, cara merawat mebel kayu,
Furniture kayu terserang jamur – diminimalis.com

2.  Hilangkan debu dan kotoran yang menempel secara rutin

Berkomitmenlah untuk selalu membersihkan permukaan furniture kayu mulai dari mengelap debu dan kotoran yang menempel pada furniture kayu menggunakan vacuum cleaner mini.

Debu dan kotoran yang menempel akan membuat furniture kayu jati menjadi terlihat kusam dan lapuk. Pilih cairan khusus pembersih kayu yang memiliki kualitas baik, dan jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaiannya.

3. Hindarkan furniture kayu non vernis dari air

Selanjutnya, khusus untuk furniture kayu yang tidak dilapisi vernis, usahakan untuk menghindarkannya dari air. Tanpa lapisan vernis, furniture kayu dapat dengan mudah menyerap cairan yang mengenainya.

Hal ini akan membuat furniture kayu Anda  menjadi cepat keropos dan rusak. Jika furniture kayu terkena tumpahan air atau minuman, usahakan segera mengeringkannya dengan lap berdaya resap tinggi untuk mencegah cairan meresap ke dalamnya.

4. Bersihkan furniture kayu segera jika terkena kotoran lengket/berminyak

Ketika furniture kayu terkena noda atau kotoran yang lengket, usahakan agar dibersihkan dengan segera. Gunakan lap lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk menyeka kotoran dan noda lengket tadi. Setelah itu gunakan lap baru yang kering dan berbahan lembut untuk menggosok kotoran yang melekat, hingga noda benar-benar hilang.

Baca juga: Uniknya Furniture Rotan untuk Menghias Interior Rumah Minimalis

5. Sering-seringlah membersihkan bagian ukiran

Pada tips terakhir ini, bagian yang harus dibersihkan ialah sela-sela ukiran dan sudut-sudut furniture  yang banyak mengandung debu, kotoran, maupun jamur. Anda dapat menggunakan kuas halus dengan ukuran kecil untuk membersihkannya.

Jadi dari lima tips di atas sudah cukup mewakili cara terbaik merawat furniture kayu. Tinggal tingkatkan kedisiplinan dan komitmen Anda dalam melakukan perawatan berkala agar tetap bisa terjaga keawetannya. Semoha bermanfaat (ls.) editted by RN31012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *