Punya tanaman bonsai beringin tapi malas merawatnya? Berarti, Anda perlu banyak suntikan pengetahuan tentang cara merawat bonsai beringin yang Anda miliki dengan tepat.

Perlu diketahui bahwa bonsai beringin sendiri adalah salah satu jenis bonsai yang banyak disukai oleh para pecinta tanaman bonsai saat ini.

Tidak lain karena bentuknya yang estetis menyerupai pohon fenomenal di Indonesia, yaitu beringin.

Nah, masalahnya sekarang, tidak semua orang mau, bisa merawat tanaman bonsai jenis beringin ini. Jika Anda adalah salah satunya maka perlu sekali untuk membaca artikel ini.

Seperti apa sih cara merawat bonsai beringin yang benar? Apa saja yang perlu dilakukan sebagai bagian dari tahap perawatannya? Kita akan bahas di artikel kali ini ya, jadi pantengin terus.

Kelebihan Bonsai Beringin dibandingkan yang Lain

Sebelum membahas cara merawat bonsai beringin sekarang kita buat perbandingan dulu kenapa bonsai jenis ini lebih disukai. Berikut ini beberapa diantara poin plus dari memiliki bonsai beringin.

Pertama, keunikan modelnya yang lain dari pada yang lain

Salah satu keunggulan bonsai beringin adalah keunikan modelnya yang tidak ada pada jenis bonsai lain. Ya, tentu saja selain karena satu jenis bonsai langka ini hanya ada satu, juga dari sisi modelnya yang menyerupai pohon beringin jadi pembeda yang kentara.

Kedua, pemeliharaan dari nol lebih mudah

Meski sekilas terlihat rumit jika dilihat dari bentuk daunnya, namun bonsai beringin punya suatu kelebihan. Diantaranya yaitu jika Anda memeliharanya dari nol hingga dewasa maka relatif mudah. Hal ini karena bonsai beringin jadi salah satu jenis bonsai yang simpel dari sisi pemeliharaannya.

Ketiga, perawatan relatif ringan

Di awal mungkin Anda perlu ekstra kerja keras untuk menciptakan model daun bonsai beringin yang bagus. Namun, jika sudah terbentuk maka setelahnya perawatanya akan lebih mudah.

Keempat, harga jual relatif tinggi

Dibalik peminat bonsai beringin yang tinggi tentu ada patokan harga yang rekatif tinggi sebagai konsekuensinya. Nah, manfaat tanaman bonsai jenis beringin ini jika Anda mampu sabar memeliharanya dari kecil hingga besar maka bukan tidak mungkin nilai jual kedepannya akan cukup tinggi.

Bisa jadi berkali-kali lipat dari modal Anda membeli bibit bonsai tersebut. Itu artinya, menanam bonsai sebagai hobi juga bisa dimanfaatkan sekaligus berinvestasi di masa depan.

merawat bonsai beringin, cara merawat bonsai beringin, tips merawat bonsai beringin
Bonsai beringin yang terawat dan nampak indah – diminimalis.com

Tips Mudah Merawat Bonsai Beringin agar Tumbuh Sehat dan Unik

Untuk mendapatkan hasil desain bonsai beringin yang bagus tentu ada konsekuensi yang harus dibayar. Salah satunya ialah perawatannya harus benar-benar maksimal.

Jika Anda sebagai pemula dalam memelihara bonsai, dibawah ini beberapa poin penting seputar cara merawat bonsai beringin supaya sehat dan indah

1. Tahap Penyiraman

Salah satu tahapan utama nan penting dalam merawat bonsai beringin adalah penyiraman. Pada musim-musim panas/kemarau, bonsai sebaiknya disiram setiap hari.

Hal ini untuk memperpanjang masa hidup bonsai yang mana seperti tanaman lainnya membutuhkan air untuk fotosintesis. Jadi, lakukanlah penyiraman setiap hari terutama di musim panas, gunakan air bersih dan utamakan yang tidak berbau.

2.  Proses Pemupukan

Bonsai beringin adalah salah satu bonsai yang memerlukan pengikatan kawat untuk membentuk tumbuh daun yang sesuai selera. Jadi, untuk merawat bonsai beringin juga sama dengan pohon lain, perlu diberi pupuk.

Selama masa tunggu, sambil sesekali lepaskan kawat yang ada pada dahan bonsai yang sudah membentuk pola dan lakukanlah proses pemupukan.

Untuk bahan pupuknya sendiri sebaiknya gunakan jenis NPK dan urea. Sebab pupuk tersebut bisa dicampurkan langsung ke dalam air sehingga lebih praktis.

Dengan melakukan pemupukan secara teratur, harapannya bonsai beringin yang Anda milili akan tumbuh dengan sehat dan tidak kekurangan nutrisi terutama selama masih dalam masa pertumbuhan dahan.

merawat bonsai beringin, cara merawat bonsai beringin, tips merawat bonsai beringin
pemupukan yang baik akan membuat bonsai menjadi sehat dan indah – diminimalis.com

3. Penyiangan

Pada media tanam dalam pot dimana bonsai beringin Anda ditanam juga perlu disiangi. Penyiangan perlu dilakukan untuk menghilangkan setiap tanaman liar yang tumbuh di media tanam.

Sebagai tambahan, guna menghindari tumbuhnya gulma yang masif, sebaiknya beri tambahan lumut di setiap sisi permukaan media tanam.

4. Pemangkasan

Langkah merawat bonsai beringin selanjutnya ialah pemangkasan. Tahap pemangkasan daun-daun bonsai juga penting untuk dilakukan. Lakukanlah pemangkasan seperlunya saja sesuai selera dan kondisi bonsai.

Utamakan dahan dan daun yang sudah menua dan hampir kering untuk dipangkas agar terlihat fresh.

Baca juga: Perbedaan Bonsai Asam Jawa Dibandingkan Dengan Bonsai Beringin

5. Pelilitan kawat

Untuk mendapatkan kesan eksotis dan membentuk kesan luka pada batang maupun pohon, manfaatkan kawat untuk melilitnya agar didapat bekas yang unik.

Untuk mempermudah pelilitan kawat pada dahan, gunakan bantuan tang supaya lebih ringan dan hasilnya lebih maksimal.

6. Pelepasan kawat

Langkah selanjutnya adalah pelepasan kawat. Proses pelepasan kawat yang sudah terikat perlu dilakukan setelah lilitan kawat nampak tenggelam atau masuk ke dalam batang.

Setelah dilepas sempurna maka hasilnya akan membekas dan menimbulkan goresan teratur yang indah.

7. Penggantian pot

Terakhir, tahap dalam merawat bonsai beringin ada proses penggantian pot lama dengan yang baru. Ini sering terabaikan dan menjadi kesalahan merawat bonsai pada banyak orang, yaitu tidak mengganti pot saat sudah tiba waktunya.

Penggantian pot perlu dilakukan jika akar sudah tumbuh padat, biasanya di tandai dengan keluarnya akar-akar dari atas atau lubang lubang pada pot.

Anda bisa menanam pohon beringin pada pot dengan media tanam yang padat dan memiliki unsur hara yang rendah. Komposisi media tanam tersebut akan membuat pohon beringin ini jadi mudah untuk dibentuk.

Nah, jika pot sudah waktunya untuk diganti maka segera lakukan penggantian agar bonsai tidak rusak atau gagal tumbuh. Cari pot yang lebih besar dan sesuai dengan ukuran bonsainya.

Mungkin itu saja dulu ya ulasan dari kami tentang tips dan cara merawat bonsai pohon beringin agar kuat dan hasilnya indah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN12092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *