by

Merawat Akuarium Air Laut Rumah Minimalis Anda Ternyata Sesimpel ini

Merawat akuarium air laut harus dilakukan dengan rutin, supaya ikan yang ada di dalamnya bisa merasa nyaman sebagaimana tinggal di habitat aslinya. Rutinitas yang harus selalu dilakukan adalah dengan mengisi kembali air akuarium yang menguap. Kita cukup menambahkan air tawar dengan kondisi yang baik untuk memenuhinya kembali, karena yang menguap hanyalah airnya saja, sedangkan garamnya tidak ikut menguap.

 cara merawat akuarium air laut, cara merawat ikan akuarium air laut, cara membuat dan merawat akuarium air laut,
merawat akuarium air laut – diminimalis.com

Jika air laut digunakan untuk mengisi kembali air yang menguap ini, maka yang akan didapatkan adalah semakin tingginya salinitas air dalam akuarium. Jika salinitas melewati angka tertentu, beberapa jenis ikan bisa mati. Gunakan hydrometer setiap kali anda mengisi ulang air akuarium anda.

Merawat akuarium air laut

Perawatan lain yang perlu dilakukan adalah mengecek secara berkala salinitas air akuarium. Biasanya bersamaan dengan pengisian air tawar seperti disebutkan di atas. Meski air yang menguap telah diganti dengan air tawar, bukan berati kadar salinitas bisa tetap pada skala yang diharapkan. Salinitas air akuarium bisa cenderung naik disebabkan oleh pemberian makan pada ikan hias, karena makanan selalu mengandung garam.

Maski kandungan garam dalam akuarium air laut tidak menguap, namun Anda perlu mengganti air laut secara berkala. Penggantian air laut perlu dilakukan setiap 3-4 bulan sebesar 20-25%. Kemudian bersihkan secara berkala mangkuk penampung (collection cup) skimmer . Skimmer tidak akan bekerja jika mangkuk tersebut penuh dengan kotoran cair yang telah dihasilkannya.

 cara merawat akuarium air laut, cara merawat ikan akuarium air laut, cara membuat dan merawat akuarium air laut,
akuarium air laut yang bersih dan terawat – diminimalis.com

Perhatikan makakan ikan hias laut
Alangkah baiknya bila Anda menggunakan pelet sebagai makanan untuk ikan hias air laut Anda. Pelet sebagai makanan olahan mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Bisa dipasatikan bahwa ikan yang menerima pelet akan hidup lebih sehat di dalam akuarium karena kebutuhan nutrisinya yang terpenuhi secara lengkap.

Seberapa banyak makanan sebaiknya diberikan? Makanan untuk ikan laut sebaiknya diberikan dalam takaran secukupnya, tidak kurang, tidak lebih. Makanan yang diberikan terlalu banyak akan mempengaruhi kualitas air akuarium. Takaran yang cukup bisa digambarkan dengan asumsi berikut, untuk 10-15 ekor ikan dalam akuarium 150 liter, bisa diberikan pelet sebanyak satu sendok teh setiap hari atau dua hari sekali.

Hal hal yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Akuarium Air Laut

Berikut enam hal yang harus Anda perhatikan jika ingin membuat sebuah akuarium air laut. Jika sudah paham maka akan mudah untuk merawat akuarium air laut yang Anda miliki.

Seperti apa tipe Ekosistem Akuariumnya

Setiap model akuarium air laut memiliki varian jenis ekosistem yang berbeda. Perbedaan ekosistem berarti berbeda juga perawatan serta perlengkapan yang Anda perlukan. Ada ekosistem FOWLR (fish only with live rock) yang hanya terdiri dari batu dan ikan laut hias, ada juga ekosistem terumbu karang, ekosistem kuda laut, dan berbagai jenis ekosistem air laut lainnya. Jadi, apa jenis ekosistem air laut yang akan Anda adopsi.

Berapa Ukuran Akuariumnya

Hal selanjutnya yang perlu Anda pahami setelah menentukan jenis ekosistem, adalah menentukan ukuran akuarium air laut yang hendak Anda miliki. Ada akuarium ukuran kecil yang cocok untuk pemula hanya saja disarankan ukuran yang sedang saja karena lebih mudah penataannya.

Bagaimana desain Sistem Penyaringannya

Kemudian, hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum memiliki akuarium air laut adalah memperhatikan sistem penyaringannya. Seperti apa sistme penyaringan yang akan Anda terapkan pada akuarium air laut Anda.

Seperti apa Sistem Pencahayaannya

Untuk sistem pencahayaan, jenis lampu LED adalah yang sangat direkomendasikan untuk Adna yang pemula. Selain lebih hemat dan tak mudah rusak, cahaya dari lampu LED ini juga cukup baik untuk pertumbuhan dari koral yang terdapat di dalam akuarium air laut Anda.

Apa jenis Ikannya

Setelah memahami koral seperti apa yang akan Anda gunakan pada ekosistem akuarium air laut Anda, selanjutnya menentukan jenis ikan yang akan dipelihara.

Hal terpenting dalam memilih jenis ikan air laut yang akan dipelihara di akuarium Anda adalah kecocokan antar ikan yang satu dengan ikan lainnya.

Setelah ikan dipilih, buatlah ekosistem akuarium air laut menjadi semirip mungkin dengan ekosistem aslinya yang ada di laut agar ikan lebih nyaman dan tidak mudah stress. Tambahkan koral yang umumnya ada pada ekosistem dimana ikan tersebut hidup.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat akuarium air laut, Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang jenis ikan air laut yang bisa dipelihara di akuarium di bawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih. (ls) editted by RN06012020


Comment