Cara merancang dekorasi balkon memang perlu dilakukan bila Anda memiliki rumah minimalis dua lantai. Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, memiliki rumah dengan dua lantai sepertinya merupakan hal yang umum. Balkon memiliki banyak manfaat bagi penghuni yang tinggal di dalam rumah tersebut.

Fungsi balkon rumah antara lain dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai, kumpul keluarga, atau bahkan bisa dijadikan taman layaknya rooftop pada gedung. Dengan merancang dekorasi balkon rumah secara benar, maka fungsi penggunaan balkon akan lebih optimal. Anda bisa merancang dekorasi balkon rumah dengan style minimalis, dengan beberapa tips di bawah ini.

balkon rumah minimalis
balkon dengan taman gantung yang indah – diminimalis.com

Merancang Dekorasi Balkon Rumah Minimalis

Perhatikan area di sekitar balkon rumah, apakah memiliki view yang menarik? Jika ya, maka balkon dapat difungsikan sebagaimana mestinya yaitu untuk tempat bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar rumah. Lakukan mourning routine seperti membaca koran sambil minum teh dengan anggota keluarga.

Apabila balkon rumah Anda memang dirancang memiliki atap sehingga ruangan terlindungi dari sinar matahari, maka balkon dapat berfungsi sebagai ruang makan ekstra. Keberadaan ruang makan dengan tema outdoor akan menimbulkan keakraban bersama anggota keluarga.

Selain beberapa kegunaan balkon rumah minimalis seperti contoh di atas, balkon juga dapat digunakan sebagai tempat kerja. Dengan begitu Anda dapat menciptakan suasanya yang nyaman sehingga membangkitkan mood dan semangat untuk bekerja. Dengan sirkulasi udara yang lancar, tentu akan memberi kesegaran di dalam ruangan.

Cara lain untuk mendekorasi balkon menjadi menarik adalah dengan memberikan sentuhan warna pada perabot yang diletakkan di balkon tersebut. Warna-warna cerah akan tepat jika diaplikasikan pada furnitur seperti kursi, meja, dan bantal. Sedangkan untuk dindingnya bisa dicat menggunakan warna yang netral atau sejuk.

Merancang Dekorasi Balkon, desain balkon lantai 2, balkon kecil minimalis
desain balkon minimalis dengan bunga yang cantik – diminimalis.com

Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris seperti vas bunga, tanaman dalam pot, karpet atau taplak meja berwarna untuk menghasilkan tampilan balkon yang menawan. Selain itu, akan lebih menarik jika Anda bisa membuat taman vertikal yang bisa memberi kesegaran pada balkon rumah minimalis Anda.

5 Tips Merancang Dekorasi Balkon Kreatif

Balkon Anda ingin dirancang dengan bagus dan beda dari yang lainnya? Berikut diminimalis sajikan tips merancang dekorasi balkon yang kreatif.

1. Berkreasi dengan Ruang

Balkon Anda sempit dan memanjang? Anda pun cukup kesulitan untuk menambahkan beberapa furnitur yang nyaman dan aksesoris untuk menambah kesan cantik? Anda bisa membuat taman vertikal di dinding atau pagar balkon. Anda juga bisa menggunakan kursi yang tinggi untuk menambah kesan estetika balkon.

Tambahkan lampu tali, lampion, dan lampu tumblr sebagai penerangan. Lilitkan di pagar balkon dan tamanmu untuk menimbulkan suasana yang lebih hangat dan nyaman. Anda juga bisa meletakkan bantal-bantal besar seperti bean bag yang empuk daripada kursi besar. Cara seperti ini akan menghemat ruang dan terlihat chic. Tambahkan karpet kecil untuk menjaga kehangatan dan dinginnya lantai.

2. Berikan Kesan Nyaman dan Tampilan yang Kreatif

Balkon minimalis yang tidak terlalu luas dengan meletakkan kursi yang berbalut bulu atau kain hangat, sangat cocok untuk bersantai pada musim panas. Anda juga bisa membuat dua rak bertingkat yang kemudian diletakkan vas bunga yang terbuat dari barang bekas. Ini akan semakin menambah estetika kreativitas balkon Anda.

Pada bagian kursi, Anda bisa menggunakan dua peti kayu yang diatasnya diletakkan meja kaca untuk lebih menghemat biaya. Atap balkon juga bisa Anda berikan kesan kreatif dengan mengganti kanopi dengan atap yang terbuat dari rotan dan kayu.

3. Mendesain Lantai

Desain ulang lantai balkon Anda dengan menambah gaya dan nilai agar menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan. Anda dapat menggunakan lantai dengan material kayu untuk menimbulkan kesan tradisional dan lebih santai. Cat dengan warna coklat tua (warna kayu) agar lebih menyatu dengan alam.

Anda juga bisa menambahkan meja dan kursi yang terbuat dari bahan kayu. Meletakkan vas bunga di atas meja dapat menciptakan kesegaran untuk menikmati masa santai Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat taman vertikal dengan menggantungnya di dinding atau pagar balkon Anda.

4. Memilih Tema “Sederhana dan Minimalis”

Pilihlah tema sederhana dan minimalis dalam merancang dekorasi balkon Anda. Apabila balkon Anda cukup luas, Anda bisa menambahkan tempat tidur menggantung yang akan membuat nyaman. Tambahkan juga beberapa bantal untuk diletakkan di atas kursi. Anda juga bisa menyusun balkon dengan kursi dan meja yang terbuat dari kayu alami (tidak di cat) untuk menimbulkan kesan sederhana.

Letakkan beberapa poster berbingkai dan cat dinding Anda dengan warna-warna yang cerah. Berikan sentuhan tanaman disamping kursi dan meja untuk menambah indah pemandangan. Atau Anda bisa menggantungkan beberapa tanaman buatan di atas atap balkon untuk melengkapi tampilannya.

5. Menambah Aksesoris Tambahan

Balkon Anda cukup luas dan tertutup? Anda dapat menambahkan tirai agar sinar matahari tidak terlalu silau masuk ke dalam balkon. Tambahkan dua atau tiga bantal lantai untuk membuat balkon Anda menjadi lebih hangat. Beberapa tanaman atau taman vertikal yang diletakkan di sudut-sudut ruangan akan menambah balkon lebih asri. Jangan lupa untuk memberikan penerangan agar lebih terang saat malam hari.

6. Membuat Dekorasi ala Santorini

Apakah Anda tahu apa itu Santorini? Santorini adalah pulau terkenal di negeri Yunani. Pulau ini terkenal dengan bukit-bukit yang indah dan ditempati oleh bangunan kuno yang berwarna putih. Anda bisa menjadikan desain tempat ini untuk balkon Anda.

Bangunan kuno terkenal dengan pembatas tinggi untuk menghalang angin masuk ke dalam rumah. Ada juga beton untuk atapnya. Nah untuk merancang dekorasi balkon, Anda bisa menggunakan kanopi atau kain putih pada railing balkon. Terakhir, Anda bisa memastikan furnitur yang terdapat di balkon di dominasi dengan warna putih dan warna netral seperti cokelat, abu, atau krem.

7. Membuat Dekorasi ala Victorian

Tips terakhir dalam merancang dekorasi balkon adalah membuat balkon Anda ala victorian. Victorian merupakan dekorasi yang mengandalkan warna-warna hangat dan furnitur yang bergaya klasik. Desainnya cenderung terlihat tua (kono) karena terinspirasi dari Ratu Victoria.

Apabila balkon Anda terbuat dari material beton, desain ini cocok banget. Langkah selanjutnya untuk mempercantik yaitu menyimpan beberapa pot bunga dengan tangkai yang tinggi seperti mawar putih dan bunga matahari di sisi balkon. Ini agar balkon Anda semakin mirip dengan suasana balkon seorang raja atau ratu. Kamu juga bisa menyimpan beberapa kursi dan meja disebelah taman hias Anda untuk menemani hari sore Anda.

Demikian ulasan kami tentang cara merancang dekorasi balkon rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang 10 gambar desain balkon rumah minimalis cantik . Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL240221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *