Tips Menyiasati Terpaan Angin Kencang yang Masuk ke Dalam Rumah

Angin kencang biasanya terjadi sekaligus dengan terpaan hujan. Untuk menyiasati terpaan angin yang bisa saja masuk ke dalam rumah, Anda bisa melakukan beberapa upaya kecil hingga besar. Sebetulnya bisa Anda mulai dari sejak membangun rumah dimana Anda bisa mengatur berbagai bagiannya agar bisa membantu mengatasi masalah angin dan hujaan ini.

Nah, kira-kira apa saja hal yang bisa diupayakan untuk menyiasati terpaan angin ke dalam rumah agar tidak merepotkan? Mari kita bahas pada artikel kali ini ya.

Resiko dan Dampak Buruk Angin untuk Rumah

Terkadang cuaca memang seringkali tak menentu, bahkan tak jarang pada saat musim hujan tiba selalu saja disertai dengan angin kencang. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi penghuni rumah. Untuk itulah perlu upaya cerdas bagaimana menyiasati terpaan angin kencang yang masuk ke dalam rumah.

Menyiasati terpaan angin, Menyiasati terpaan angin masuk ke dalam rumah, mencegah asma
Tips menyiasati terpaan angin – diminimalis.com

Salah satu dampak buruk dari angin luar yang masuk ke dalam rumah secara berlebih adalah meningkatkan resiko penyakit asma. Kita tahu bahwa asma ini merupakan suatu penyakit kronis yang menyerang saluran pernafasan dan bisa membuat penderitanya susah atau hampir tidak bisa bernafas.

Salah satu faktor penyebab terjadinya gangguan asma ini adalah karena paparan angin malam yang dingin, dimana manusia memiliki tubuh yang sangat rentan terhadap udara dingin tersebut. Suhu malam hari yang lembab dan dingin akan membuat penyempitan saluran pernafasan yang membuat keluar masuknya udara dalam tubuh menjadi sulit.

Lalu bagaimanakah cara untuk menyiasati terpaan angin kencang ke dalam rumah agar tidak berdampak buruk dalam jangka panjang? Cara untuk menyiasatinya bisa dilakukan dengan beberapa hal sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Tips Menyiasati Terpaan Angin Kencang yang Masuk ke Dalam Rumah

Oke langsung saja, ini dia beberapa tips mengurangi efek buruk dari angin yang masuk ke dalam rumah.

1. Perlambat Laju Angin yang Masuk Ke Dalam Rumah dengan Jalusi

Menghambat ataupun memperlambat lajunya angin yang masuk ke dalam rumah bisa Anda lakukan dengan pemasangan jalusi. Apabila angin masuk ke dalam rumah secara berlebihan, hal ini akan menimbulkan banyak dampak buruk bagi keluarga. Dari situ Anda tentu akan paham akan pentingnya mengurangit laju angin yang masuk ke dalam rumah.

Caranya yaitu dengan menambahkan jalusi pada bagian pintu besi atau biasa disebut dengan teralis rumah. Cara yang satu ini membuat keadaan menjadi seperti pintu rumah yang berjalusi. Maka, dengan cara itu, Anda bisa memodifikasi rumah minimalis Anda dengan ornamen kayu dengan aman. Sirip-sirip yang terdapat pada jalusi pintu teralis umumnya terbuat dari suatu bahan lembaran plastik keras atau lembaran fiber.

Biasanya Lembaran fiber ini sering digunakan untuk menghalangi pandangan-pandangan dari luar pagar yang terdapat di rumah. Supaya potongan plastik yang keras ini tak melengkung ataupun tetap rata pada saat serta setelah di pasang, pada setiap sisi fiber bisa dilekatkan beberapa potongan kawat ikat yang dapat berfungsi juga sebagai rangka.

2. Atur Ventilasi Udara Sebaik Mungkin 

Rumah sejuk tanpa AC, tips Rumah sejuk tanpa AC, cara mendinginkan ruangan tanpa ac dan kipas angin
sirkulasi udara yang lancar dengan desain ventilasi yang optimal untuk menyiasati terpaan angin – diminimalis.com

Fungsi utama ventilasi udara adalah sebagai tempat keluar masuknya udara. Dengan adanya ventilasi udara inilah, suatu rumah bisa terasa sejuk dan segar. Hal itu karena terjadi lancarnya alur keluar- masuknya udara ke dalam rumah.

Untuk mengatur udara yang masuk ke dalam rumah, tentunya ventilasi yang terdapat di rumah Anda juga harus diatur sedemikian rupa. Jangan sampai ventilasi yang dibuat itu malah membuat angin yang masuk ke dalam rumah terlalu kencang.

Jangan sampai fungsi ventilasi yang mulanya untuk melancarkan sirkulasi udara, malah menjadikan interior Anda rentan terkena dampak buruk akibat terpaan angin yang berlebih.

Usahakanlah pada saat Anda membangun rumah buatlah ventilasi udara yang standar dan tak terlalu banyak celah udara. Namun jika sebelumnya terlanjur karena sudah  membuat ventilasi yang  memiliki celah besar, maka sebaiknya Anda menutup sebagian ventilasi dengan menggunakan plastik fiber.

Seperti  itulah cara menyiasati terpaan angin kencang ke dalam rumah   yang mudah dilakukan.  Dengan adanya cara seperti itu Anda bisa merasakan pelambatan angin yang masuk ke dalam rumah. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda.(ls) editted by RN23062021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.