Rumah meskipun bergaya modern, selalu punya celah untuk membuat penghuninya tidak nyaman/terganggu karena berbagai faktor. Salah satunya adalah soal suhu ruangan yang bisa saja panas dan membuat gerah.

Memang suhu panas ruangan bisa diatasi dengan memasang AC, namun AC sendiri adalah alat elektronik yang terbilang mahal biaya bei dan pemasangannya. Belum lagi sedotan listrik yang seringkali membengkak. Jadi, apakah ada cara lain menyejukkan rumah tanpa AC?

Jawabannya ada. Namun, beberapa diantaranya harus dimulai dari sejak awal. Yaitu perencanaan membuat desain rumah sejuk tanpa AC. Jika memang dulu tidak ada budget atau belum terpikirkan, dan baru ditemukan solusinya saat ini, bisa saja, tapi harus ada sentuhan renovasi tentunya.

Apapun keputusan Anda nanti, Anda masih bisa mengusahakan beberapa hal tentang bagaimana menyejukkan rumah tanpa AC seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

Plus Minus Memasang AC di Rumah

Bagi siapapun yang terbiasa dengan AC pasti hampir tidak mungkin untuk tidak memasangnya di rumah. Namun, seberapa pentingkah AC sebagai solusi ruangan panas?

Jika Anda merasa tidak mampu bayar biaya pembelian dan pemasangannya sebaiknya urungkan untuk memasangnya. Anda bisa cari alternatif lain. Kecuali memang Anda sangat butuh misalnya untuk dipasang di ruang kerja atau ruang belajar anak agar nyaman selama di rumah.

Dewasa ini memang kesadaran masyarakat tentang bahaya global warming terus meningkat, tak terkecuali dalam urusan menjaga kesejukan ruangan dalam rumah. Salah satunya ialah dengan menghindari penggunaan AC.

Kita tahu bahwa penggunaan AC sendiri selain akan menyebabkan bertambahnya pemakaian listrik setiap bulannya, juga akan mengakibatkan pemanasan global. Belum lagi jika ada dari keluarga Anda yang menderita penyakit asma, tentu berpotensi memperparah penyakitnya. Selain itu, tahukah Anda bahwa menyejukkan rumah tanpa AC ternyata bisa?

Menyejukkan rumah tanpa ac
Menyejukkan rumah tanpa AC – diminimalis.com

Cara Menyejukkan Rumah Tanpa AC

Tahukah Anda bahwa tanpa menggunakan AC pun suhu dalam ruangan bisa dibuat lebih sejuk. Berikut ini 8 cara mendinginkan ruangan tanpa AC alias diusahakan secara alami. Selamat menyimak.

1. Tentukan desain rumah terbaik

Desain yang tepat juga sangat menentukan bagaimana suhu ruangan dalam sebuah rumah. Untuk itu, cara menyejukkan rumah tanpa AC yang paling dasar adalah pada konsep desainnya.

Anda bisa membuat desain jendela yang lebar pada ruangan-ruangan yang ukurannya luas. Bisa juga dengan memilih material genteng berbahan tanah liat maupun beton yang dapat memantulkan panas matahari. atau pasang peredam panas pada atap rumah. Selain itu, tinggi ruangan juga bisa Anda desain setinggi lebih dari 3 meter agar terhindar dari pengap.

2. Perbanyak Ventilasi

Keberadaan bukaan/ventilasi di dalam rumah sangatlah penting untuk media keluar masuknya udara. Jika sirkulasinya terjaga maka kualitas udaranya juga pasti terjaga dengan baik.

Adapun salah satu cara yang dianjurkan dalam menggunakan ventilasi adalah model silang. Jenis ventilasi ini sangat efektif mengalirkan udara dari luar ke dalam ataupun sebaliknya.

Jika di rumah Anda masih minim ventilasi maka jika ada budget buatlah ventilasi baru.

3. Usahakan pencahayaan ruangan selalu cerah

Untuk mencerahkan ruangan rumah Anda, gunakanlah cat ataupun wallpaper. Cara ini mungkin tidak terbayang oleh Anda untuk bisa digunakan menyejukkan rumah tanpa AC. Tetapi cara ini patut dicoba bukan?

Penggunaan warna biru, hijau ataupun warna-warna pastel yang lembut lainnya tentu akan membuat Anda merasa nyaman dan tenang. Trik ini bisa dipraktekkan sebagai salah satu tips rumah sejuk tanpa mengandalkan AC.

4. Minimalkan barang di ruangan

Barang tak terpakai yang menumpuk di sudut rumah tidak hanya berantakan untuk dipandang, tapi juga akan meyulitkan Anda saat membersihkan area ruangannya. Debu dan kotoran yang sulit dibersihkan itulah sumber dari ketidak segaran udara dalam ruangan.

Singkirkan barang-barang yang tidak terpakai dan rapikan lagi agar mudah dibersihkan sehingga volume udara bisa bertambah dan udara pun bertambah segar. Jadi, untuk menyejukkan rumah tanpa AC cukup mudah jika berkaitan dengan interior, yaitu simpan di gudang atau ruangan lainnya.

5. Matikan lampu saat tidak terlalu dibutuhkan

Lampu yang tidak dimatikan tentunya akan mengeluarkan hawa panas yang mana dapat menaikkan suhu di dalam ruangan. Jadi, untuk menyejukkan rumah tanpa AC khusus ini matikanlah lampu-lampu ruangan saat tidak terlalu digunakan.

Jika Anda terpaksa menggunakan lampu secara terus menerus di dalam kamar, pilihlah lampu yang memiliki watt rendah dan sinar yang redup. Lampu yang bersinar redup ini selain menurunkan suhur ruang, juga dapat membantu tidur Anda lebih lelap khususnya lampu kamar tidur.

6. Pasang kipas angin

Menyejukkan rumah tanpa ac
kipas angin dalam ruangan – diminimalis.com

Benda yang satu ini sudah banyak digunakan orang sebagai media untuk mendinginkan rumah tanpa AC. Kipas angin memang cukup efektif untuk menurunkan suhu panas di dalam ruangan.

Namun, sebaiknya hindari menghadapkan kipas ke arah tubuh Anda karena ini hanya akan mendinginkan ruangan sesaat. Lebih baik arahkanlah kipas ke dinding agar pantulannya bisa menyeluruh

7. Perhatikan lingkungan rumah dan diri sendiri

Lingkungan sekitar yang hijau dan rimbun tentunya akan menjadikan rumah aminimalis Anda lebih sejuk. Tanami tanaman hias indoor berbunga agar selain dapat kesejukannya juga indah dipandang. Angin yang berhembus dan aroma khas dari tanaman yang Anda tanam di sekitaran rumah akan semakin menambah suasana tenang dan nyaman.

Selain faktor eksternal yang perlu diperhatikan, faktor internal pun juga sebaiknya tidak boleh Anda acuhkan. Untuk menjadikan suasana pribadi Anda lebih fresh, konsumsi makanan ataupun minuman yang dingin. Hindari juga untuk tidak beraktifitas berat saat Anda hendak masuk ke dalam rumah.

Dari sekian tips menyejukkan rumah tanpa AC di atas, sepertinya semuanya efektif ya apalagi Anda tak perlu modal banyak. Lain dengan harus pasang AC di rumah, selain bisa jadi tidak termaksimalkan dengan baik, juga tagihan bulanan bisa meningkat. So, pilih mana?

Oke itulah dia 8 cara menyejukkan rumah tanpa AC yang bisa kami bagikan. Bagaimana, mudah bukan? Dengan cara itu tentunya Anda akan lebih hemat, berkontribusi menurunkan ancaman global warming karena tidak pakai AC, serta terhindar dari gerah berkelanjutan. Selamat mencoba, salam diminimalis (am). Editted by RN 29032021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *