by

5 Tips Aman Meninggalkan Rumah untuk Mudik, Nomer 3 & 4 Penting!

-Umum-44 views
Meninggalkan Rumah Saat Mudik
Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Tidak Terasa Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa bulan lagi,
Umumnya, meninggalkan rumah untuk mudik lebaran dalam keadaan kosong tanpa penghuni akan banyak terjadi dikarenakan orang-orang akan memboyong semua anggota keluarga. Anda mungkin sudah mulai mempersiapkan kebutuhan untuk mudik lebaran.

Meski sudah ditemukan berbagai kecanggihan teknologi komunikasi seperti telepon genggam/ smartphone namun tetap tidak dapat mengobati kerinduan.

Bahkan aplikasi seperti facebook, instagram, twitter, WhatsApp, Line sudah ada, namun tetap tidak dapat menggantikan kesakralan ritual tahunan mudik lebaran masyarakat Indonesia.

Mudik lebaran adalah momen pemenuhan kebutuhan batin kita, melepaskan rasa rindu pada kedua orang tua, sanak saudara dan reuni dengan teman-teman lama.

Kesempatan untuk kembali berakrab-akraban menjalin silaturahmi secara langsung yang tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun.

Nah, satu hal yang kadang luput dari perhatian kita adalah memastikan keadaan aman selama meninggalkan rumah untuk mudik lebaran.

Kenapa ? Karena meninggalkan rumah yang kosong selama masa mudik lebaran, bisa menjadi sasaran penjahat atau pencuri.

Selain itu, meninggalkan rumah tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dahulu juga berisiko menimbulkan masalah.

Nah sebelum semua kejadian yang tidak kita inginkan terjadi ketika meninggalkan rumah saat mudik lebaran silahkan anda simak

5 Tips Aman Meninggalkan Rumah untuk Mudik Lebaran

Selain tindak kejahatan, ancaman lain yang menghantui rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik adalah kebakaran rumah akibat kebocoran gas atau konsleting listrik.

Hal ini lah yang membuat pemudik merasa was-was dan tidak nyaman untuk meninggalkan rumah. Namun ancaman-ancaman tersebut dapat dihindari dengan beberapa tindakan preventif

meninggalkan rumah untuk mudik

1. Hindari rumah terlihat kosong!

Sebaiknya hindari meninggalkan rumah saat mudik lebaran terlihat kosong atau ditinggalkan penghuninya. Soalnya, hal ini tentu akan mengundang perhatian pencuri.

Jika anda berlangganan koran atau majalah, mintalah agar tidak dikirim selama anda meninggalkan rumah untuk mudik lebaran.

Selain mubazir tidak ada yang membaca, koran atau majalah yang menumpuk menandakan rumah dalam keadaan kosong.

Usahakan juga sebaiknya bagian halaman & teras rumah selalu dalam keadaan bersih, anda bisa dengan meminta bantuan kerabat atau tetangga yang tidak mudik lebaran untuk sesekali membersihkan halaman & teras rumah agar terkesan tidak berpenghuni.

Anda juga dapat meminta bantuan kerabat atau tetangga yang tidak mudik untuk menyalakan dan mematikan lampu karena lampu teras yang menyala di siang hari merupakan salah satu tanda bahwa rumah Anda kosong.

Atau bisa juga menyiasatinya dengan menggunakan lampu khusus yang bisa diatur waktu menyalanya. Aturlah agar lampu menyala saat malam dan mati di siang hari. Dengan begitu, rumah tidak akan terlihat kosong.

Trik lainnya, cobalah Anda taruh beberapa sepatu ataupun sandal di depan pintu agar seolah-olah ada orang di dalam rumah.

2. Lapor RT, RW dan Satpam Setempat

Hal penting lainnya, beritahu ketua RT, satpam atau petugas keamanan, dan tetangga terdekat yang tidak mudik lebaran bahwa anda akan meninggalkan rumah selama beberapa hari.

Catat nomor ponsel satpam yang dapat dihubungi untuk membantu mengecek keadaan ketika meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

Informasikan pula kepada mereka kalau Anda tidak menerima tamu atau keluarga selama mudik lebaran. Jadi, mereka bisa segera memberitahukan Anda bila terdapat aktivitas yang mencurigakan di rumah.

3. Pastikan rumah aman sebelum ditinggalkan

Selain pencurian, kebakaran rumah merupakan salah satu kejadian yang sering terjadi ketika meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

Jadi matikan semua aliran listrik alat-alat elektronik, seperti : komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya.

Alat-alat tersebut dapat menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran ketika meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

Jika mudik cukup lama, misalnya: 2 minggu sebaiknya kosongkan isi lemari es, kemudian matikan aliran listriknya, lepas regulator tabung gas karena meski tidak dipakai gas akan tetap mengalir ke selang yang terpasang pada tabung.

Selain dapat menghemat uang, juga tidak akan menimbulkan bau setelah lama tidak digunakan, serta menghilangkan kekhawatiran ketika meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

Jangan lupa, kunci dan gembok segala akses masuk serta keluar rumah Anda seperti pintu, jendela, dan pagar. Kosongkan bak mandi, ember atau tempat penampungan air lainnya.

Jika harus tetap terisi, maka tutup dengan rapat dan taburi bubuk abate untuk mencegah rumah menjadi sarang nyamuk demam berdarah.

Selain itu, jangan meninggalkan sampah organik atau yang mudah membusuk karena akan mengundang semut, kecoa dan hewan kecil lainnya.

Sebaiknya tutup tempat sampah atau telungkupkan supaya tidak menjadi sarang semut, kecoa dan hewan kecil lainnya.

4. Pasang Wireless IP Camera selain CCTV yang Dapat Dipantau Melalui Smartphone

Jika memiliki dana lebih, Anda dapat memasang Wireless IP Camera selain CCTV di beberapa sudut rumah yang rawan kejahatan seperti halaman, ruang tamu dan kamar tidur.

Wireless IP Camera selain CCTV ini dapat dihubungkan langsung dengan smartphone Anda, sehingga Anda bisa tetap mengawasi rumah dari jauh & meninggalkan rumah saat mudik tentunya dengan rasa aman selama ditinggal mudik lebaran.

Baca Juga : 8 Tips Sukses Cara Membangun Rumah dengan Dana Minim ala Desainer Handal

5. Simpan Barang Berharga
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya jika anda meninggalkan rumah saat mudik sebaiknya menyimpan benda-benda dan surat-surat berharga di tempat paling tersembunyi di rumah selama ditinggal mudik lebaran.

Untuk kendaraan, bisa memanfaatkan layanan penitipan kendaraan yang disediakan oleh kepolisian setempat.

Anda juga dapat menggunakan safe deposit box di bank atau pegadaian untuk menyimpan barang berharga tersebut agar lebih aman.

Setelah berbagai upaya tindakan preventif tersebut anda lakukan, hal terakhir yang dapat anda lakukan ketika meninggalkan rumah saat mudik lebaran adalah berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar perjalanan mudik diberikan kelancaran dan keselamatan, juga rumah yang ditinggal dalam keadaan aman.

Sepulang dari kampung halaman jangan lupa untuk memberikan bingkisan sebagai tanda terimakasih ke tetangga atau pihak-pihak yang telah membantu menjaga keamanan rumah selama anda meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Rumah aman, Mudikpun Nyaman.

Demikian tadi 5 Tips Meninggalkan Rumah untuk Mudik Lebaran semoga perjalanan mudik anda lancar dan rumah tetap aman selama ditinggal mudik lebaran. (br)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.