Cara Efektif Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Banyak orang tak sadar bahwa mengurangi polusi udara yang ada di dalam ruangan rumah itu penting. Sekarang bayangkan betapa bahayanya ketika udara kotor terkumpul di dalam ruangan dan tak kunjung bersirkulasi. Disinilah pentingnya menyusun strategi mengurangi polusi udara di ruangan secara perlahan dengan hal-hal ringan.

Hal-hal sepele seperti membuka jendela setiap hari, menambahkan tanaman hias harus mulai dibiasakan sejak dini. Termasuk, menambahkan beberapa aksesoris penting yang berkaitan dengan pengkondisian udara dan penghilang kelembaban. Percayalah jika hal-hal kecil ini dilakukan maka kemungkinan udara jadi bersih lebih tinggi.

Pentingnya Mengusahakan Udara Segar di Dalam Rumah

Mengetahui perihal cara mengurangi polusi udara di rumah adalah hal yang sangat penting bagi Anda dan keluarga. Sebagaimana kita tahu, memiliki rumah dengan udara yang segar dan menyehatkan merupakan keinginan setiap keluarga. Kualitas udara yang baik tentu saja akan membuat seluruh anggota keluarga terhindar dari penyakit, terutama sesak napas.

Tidak di pungkiri memang, semakin berkembangnya industri di kalangan masyarakat juga berdampak pada semakin memburuknya kualitas udara. Oleh karena itu, usaha menjaga kualitas udara, terutama di dalam rumah, harus senantiasa dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengurangi polusi udara di rumah yang bisa dilakukan dengan mudah? Berikut penjelasannya.

Mengurangi Polusi Udara, tutup ventilasi agar tetap hangat di rumah saat hujan - diminimalis.com
Mengurangi Polusi Udara, tutup ventilasi agar tetap hangat di rumah saat hujan – diminimalis.com

Tips Mengurangi Polusi Udara dalam Ruangan

Seperti Anda ketahui bahwa bukaan ventilasi adalah salah satu cara yang mampu melawan sumpeknya ruangan. Nah, cara-cara berikut bisa Anda terapkan dan dijadikan pembiasaan jika ingin rumah tampak segar.

• Biasakan Membuka Ventilasi Setia[ Pagi Hari

Manfaat Ventilasi, Manfaat Ventilasi udara , pengertian ventilasi udara
Perbanyak bukaan dan ventilasi rumah Anda – diminimalis.com

Hal paling mudah untuk dilakukan untuk menjaga kondisi udara di dalam ruangan tetap baik adalah senantiasa membuka ventilasi jendela rumah Anda. Manfaat ventilasi sendiri adalah sebagai media pertukaran udar kotor dari dalam dengan yang bersih dari luar.

Rumah yang baik tentu saja adalah yang dibangun dengan memiliki jumlah ventilasi yang cukup. Minimal, setiap ruangan harus memiliki satu buah ventilasi guna menjaga sirkulasi udara.

Dengan membuka ventilasi setiap hari, maka akan ada pertukaran udara yang baik. Dalam hal ini, pertukaran udara yang terjadi tentu saja akan membuat kondisi ruangan menjadi lebih segar. Anda sebaiknya membiasakan diri untuk selalu membuka ventilasi udara, terutama pada saat pagi hari tiba. ENtah itu jendela ataupun bukaan khusus.

• Hindari Merokok di Dalam Ruangan

Asap rokok yang membumbung di dalam ruangan dapat menjadi salah satu polusi udara di dalam rumah akan meningkat dengan tajam. Asap dari rokok akan mengikat oksigen yang ada dalam ruangan dan menjadikan udara menjadi tidak sehat. Tidak hanya itu, asap rokok yang berada di dalam ruangan tidak akan langsung hilang.

Asap rokok akan mengendap pada beberapa benda di dalam ruangan Anda. Asap bisa mengendap di kursi, sofa atau benda lainnya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak merokok di dalam ruangan dan berusaha mengupayakan cara berhenti merokok yang efektif.

Baca juga: Cara Berhenti Merokok Paling Efektif,  Stop Keluarga Jadi Perokok Pasif

Pilih Lantai dengan Permukaan Keras

Langkah lain di mana bisa digunakan untuk mengurangi polusi udara di rumah adalah memilih lantai dengan permukaan yang keras. Pemilihan lantai ini menjadi penting karena berkaitan dengan bagaimana Anda membersihkannya. Sebagaimana kita tahu bahwa untuk menjaga kebersihan ruangan, maka lantai harus senantiasa dibersihkan.

Lantai dengan permukaan yang keras lebih disarankan untuk Anda gunakan. karena lantai dengan permukaan yang keras dapat dibersihkan dan dipel dengan lebih mudah.

• Jaga Kelembapan Ruangan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara di rumah adalah dengan menjaga kelembapan di dalam ruangan tersebut. Ruangan yang lembab tentu saja akan berpotensi memberikan polusi udara dengan tingkat yang lebih tinggi. Inilah alasan kenapa menjaga kelembapan adalah hal penting.

Lantas, bagaimana cara untuk menjaga kelembapan udara tersebut? Dalam hal ini, Anda bisa melakukannya dengan memasang ventilasi, terutama pada bagian-bagian ruangan yang berpotensi lembap, seperti kamar mandi. Jika hal ini bila dilakukan, maka akan membuat kualitas udara senantiasa terjaga.

• Gunakan Keset

macam macam keset, macam-macam keset, jenis keset kaki, harga keset kaki welcome, keset kaki murah, keset kaki cendol, keset kaki kamar mandi, pabrik keset kaki, harga keset kaki karet, keset handuk
Selain untuk membersihkan kaki, keset juga berfungsi sebagai penghias rumah – Diminimalis.com

Hal lain yang cukup mudah dilakukan guna menjaga polusi udara agar tidak terjadi di dalam ruangan adalah dengan menggunakan keset. Keberadaan keset ini dapat digunakan untuk membantu menjaga kebersihan ruangan dengan menempatkannya di dekat pintu masuk ruangan. Ada banyak macam macam keset yang bisa dipilih berdasarkan bahannya, Anda tinggal beli saja dengan harga yang bervariasi.

Dengan menggunakan keset maka Anda bisa mengurangi potensi kotoran dari luar untuk masuk ke dalam rumah. Sebagaimana kita tahu bahwa salah satu penyebab dari adanya polusi udara di dalam rumah adalah masuknya kotoran dari dalam.

• Kurangi Penggunaan Produk Pembersih

Penggunaan produk pembersih terkadang menjadi solusi yang diambil ketika seseorang ingin memiliki udara yang segar di dalam ruangan. Dalam hal ini, dengan menggunakan pembersih dan pewangi, maka udara akan memiliki aroma yang lebih segar serta enak saat dihirup.
Namun jika memungkinkan, maka Anda tidak perlu menggunakan alat tersebut. Hal ini dikarenakan zat yang

ada dalam produk tersebut bisa membuat udara menjadi terkontaminasi dan efeknya udara menjadi tidak sehat untuk dihirup. Akan lebih baik jika Anda menggunakan cara alami, yakni dengan ventilasi.

• Tempatkan Beberapa Tanaman Hias

Guna mengurangi polusi di dalam ruangan, langkah lain yang bisa diaplikasikan dengan tepat adalah dengan menempatkan beberapa tanaman hias dalam ruangan. Tanaman hias tersebut selain memberikan efek fresh pada tampilan juga sangat bagus untuk mengurangi polusi. Sebagaimana kita tahu, tanaman bisa menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia.

Tanaman hias dapat menjadi langkah mengurangi polusi udara di rumah yang tepat. Anda bisa menempatkan tiga atau empat tanaman hias di dalam satu ruangan. Pilihlah tanaman hias yang berfungsi ganda, yakni untuk hiasan serta alat menghilangkan polusi udara.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa sebenarnya polusi udara merupakan masalah yang serius untuk dibenahi. Jika udara yang dihirup di rumah tidak sehat dan terkena polusi dari apa saja, maka tentu saja kualitas kesehatan tubuh bisa menurun dengan drastis.

Oleh karena itu, menjaga kondisi udara di dalam rumah adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Dengan melakukan hal tersebut, tentu Anda sudah berusaha untuk senantiasa hidup sehat dan meningkatkan kualitas udara di rumah.

Apapun cara sederhana yang Adna lakukan, perannya cukup sentral untuk membantu mengkondisikan ruangan. Membiasakan diri membuka jendela hingga menambahkan beberapa aksesoris penghias ruangan semua terserah Anda. Saran kami, jika Anda mau mengkombinasikan ide di atas maka lakukanlah dengan penuh pertimbangan agar justru tidak membuat ruangan makin sumpek.

Nah, cara ini sudah bisa dikatakan sebagai upaya menjaga kesehatan pribadi dan keluarga. Optimalkan setiap upaya mengurangi polusi udara di rumah dengan berbagai cara, semoga apa yang kami tulis di atas bermanfaat untuk Anda.(ck) editted by RN24072020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.