Cara Praktis Mengupas Cat Tembok dan Rekomendasi Peralatan yang Tepat

Mengupas cat tembok biasanya dilakukan ketika Anda akan mengganti cat lama dengan yang baru. Baik karena faktor cat lama yang sudah rusak, pudar, berjamur atau karena faktor ‘bosan’.

Dengan mengupas cat tembok lama, diharapkan nantinya akan menghasilkan warna  yang lebih baik. Berbeda ketika cat yang baru langsung diaplikasikan tanpa mengupas cat tembok lama terlebih dahulu, biasanya cat akan cepat rusak lagi.

mengupas cat tembok
Mengupas cat – diminimalis.com

Tidak semua orang mengetahui cara mengupas cat tembok lama yang benar. Mengupas cat tembok merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Dikarenakan faktor perbedaan tembok yang terkena paparan sinar matahari, ada tembok yang mudah dibersihkan, ada pula yang tidak.

Permasalahan pada Cat Tembok

Terkadang cat tembok mengalami berbagai masalah yang membuat tembok harus dilakukan perbaikan atau pengecatan ulang. Anda perlu mengetahui penyebab kerusakan pada cat tembok untuk mengurangi risiko masalah yang baru. Berikut penjelasannya.

1. Cat yang Mengelupas

Cat yang mengelupas pada tembok biasanya disebabkan karena sebelumnya tembok yang akan di cat menggunakan acian yang kurang berkualitas. Sedangkan pengelupasan tembok yang tidak mempunyai pengaruh pada acian, bisa disebabkan karena terdapat kandungan minyak pada tembok.

Namun, apabila cat yang ikut terkelupas disertai dengan acian, ini berarti kualitas acian yang kurang baik. Cara ini bisa diperbaiki dengan mengelupas cat menggunakan ampelas.

2. Cat yang Menggelembung

Penggelembungan pada dinding tembok ini terjadi karena pada saat pengecatan acian belum kering sempurna dan proses pengecatan ulang yang terlalu terburu-buru.

Cara untuk mengatasi permasalahan ini bisa dengan menghilangkan cat lama kemudian acian pada tembok yang bermasalah diampelas. Jika sudah bersih Anda dapat mengecatnya kembali.

3. Pengapuran

Pengapuran ini terjadi karena cat yang digunakan tidak mempunyai ketahanan terhadap cuaca dan sinar matahari. Kesalahan ini bisa juga karena kekeliruan penggunaan cat interior yang seharusnya digunakan untuk cat eksterior.

4. Penggumpalan

Tembok Anda yang mengalami penggumpalan biasanya disebabkan karena nilai alkalinitas yang terlalu tinggi. Nilai ini ketika proses pengecatan mulai bereaksi yang kemudian membuat hasil cat tidak maksimal.

Anda dapat mengatasinya dengan mengupas cat lama, kemudian dinding yang menggumpal dibersihkan dari debu, lalu gunakan cat yang menggunakan alkali killer. Setelah itu Anda dapat melakukan pengecatan ulang.

5. Pengkristalan

Proses pengkristalan terjadi karena adanya proses alkali yang mengandung garam yang kemudian menjalar pada permukaan cat tembok. Proses ini akan berlangsung cepat, apabila terjadi dalam lingkungan lembab.

Cara untuk mengatasi pengkristalan ini sama dengan cara mengatasi pada cat yang mengalami masalah penggumpalan.

6. Bercak Air

Adanya bercak air di tembok dapat disebabkan karena adanya rembesan air pada dinding. Rembesan air ini terjadi karena kebocoran talang air, dinding yang terkena hujan, atau rembesan air yang berasal dari luar.

Bercak air dapat diatasi dengan menghilangkan cat lama, setelah itu lapisi dengan cat tembok waterproofing untuk bagian yang mengalami bercak tadi. Kemudian setelah kering, lakukan pengecatan ulang.

Permasalahan cat tembok dapat menjadi masalah yang serius apabila tidak diatasi dengan bijak. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengganti atau mengupas cat tembok lama dengan yang baru.

Cara Mengupas Cat Tembok Lama yang Praktis

Dibawah ini diminimalis akan mengulas tentang cara mengupas cat tembok lama yang praktis dengan beberapa peralatan.

Mengupas menggunakan paint remover

1. Menggunakan Paint Remover

Paint remover hari ini sudah banyak dijual di toko-toko cat dan material. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang tingkat agresifitasnya paling tinggi sampai yang terendah. Cara pemakaiannya juga mudah, berikut cara mengupas cat tembok menggunakan paint remover:

a. Kuaskan cairan paint remover ke bagian tembok yang akan dikelupas.

Lakukan langkah ini secara bertahap dan jangan lupa gunakan sarung tangan dalam pengaplikasiannya. Anda harus hati-hati saat menggunakan cairan paint remover ini.

Cairan ini bersifat korosif dan juga gatal jika terkena kulit maka berhati-hatilah saat mengaplikasikannya.

b. Biarkan sekitar 2 – 3 menit hingga cat terlihat menggelembung

mengupas cat tembok
mengupas cat tembok dengan scrap – diminimalis.com

c. Kupas dengan sekrap saat kondisi cat masih lembab dan tekan sekrap sampai ke dasar cat agar pengupasan lebih sempurna.

d. Bersihkan tembok dari sisa paint remover dengan air

e. Biarkan hingga mengering atau bisa juga dikeringkan dengan kain

f. Setelah kering, haluskan dengan ampelas.

Anda dapat menggunakan ampelas yang paling kasar pada permulaan pengampelasannya baru setelah itu Anda bisa menggunakan ampelas yang lebih halus pada tahap akhirnya. Dengan begitu mengganti cat tembok dengan cepat bisa Anda lakukan.

g. Lap dengan kain untuk membersihkan tembok dari sisa debu yang menempel.

Anda harus memastikan permukaan tembok benar-benar bersih agar hasil akhirnya bisa maksimal. Anda bisa mengulangi pembersihannya jika dirasa perlu.

Untuk lebih jelas gambarannya, bisa Anda simak video berikut,


Berbagai macam pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menimpa atau mengelupas cat tembok lama, simak artikel di link ini.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan paint remover:

mengupas cat tembok
Cat tembok terkelupas – diminimalis.com

a. Jangan sampai Anda menghirup uap yang keluar dari kaleng paint remover.

b. Usahakan cairan paint remover tidak mengenai tubuh Anda. Karena cairan ini mengandung bahan kimia sehingga akan terasa gatal. Jika tubuh Anda tidak sengaja terkena, langsung bersihkan dengan air.

c. Bersihkan segera peralatan kerja yang digunakan, seperti kuas, sarung tangan dan sekrap agar bekas cat maupun kotoran yang menempel bisa hilang sehingga alat senantiasa bersih saat hendak digunakan.

2. Menggunakan Thinner

Jika harga paint remover dirasa terlalu mahal, cara kedua ini bisa Anda jadikan alternatif. Yang perlu Anda perhatikan pilihlah jenis thinner yang berkualitas baik.

Ada banyak jenis thinner yang beredar di pasaran, pastikan pilihan Anda adalah jenis epoxy atau ND. Selain lebih murah harganya, penggunaan thinner akan mempermudah pengupasan cat lama pada tembok rumah Anda.

Anda hanya tinggal menyapukan cairan thinner di permukaan yang akan dikupas. Tanpa menunggu lama, langsung kerok bagian yang dikuas tadi, karena thinner akan menguap dan mengering dengan cepat.

Jika terlalu lama menindaklanjuti thinner yang sudah tersiram maka akibatnya proses pengupasan bisa gagal dan tembok harus dioles dengan thinner lagi.

Jika tembok terlalu luas, sebaiknya oleskan thinner sedikit saja sehingga thinner tidak menguap dan terbuang percuma.

Setelah proses mengupas cat tembok lama selesai, ampelas dan bersihkan tembok dari kotoran yang tertinggal.

Setelah proses pengelupasan tembok lama selesai, Selanjutnya Anda bisa memulai pengecatan seperti halnya mengecat tembok yang polos.

Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan hasil pengecatan yang kuat sehingga awet dan sulit dibersihkan serta dikerok. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan cat yang encer terlebih dahulu baru kemudian dilapisi ulang dengan cat yang lebih kental.

Jika Anda masih mengalami kesulitan untuk mempraktekkan tips mengupas cat tembok ini, Anda bisa membayar tukang profesional. Pilih jasa tukang khusus pengecatan agar setidaknya Anda mendapatkan jaminan kepuasan hasil garapannya.

Demikian artikel pembahasan tentang cara mengupas cat tembok dengan cepat yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat. (Is) editted by AL 21022020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 comments

    1. Terimakasih pak Sanoezy sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel kami di diminimalis.com. Dipasaran terdapat banyak jenis paint remover yang dikeluarkan oleh pabrikan cat terkemuka. Sebut saja Avian dan Propan, kedua pabrikan cat ini juga memiliki produk paint remover. Terkait daya sebar, masing-masing produk berbeda dengan yang lain. Umumnya pengggunaan paint remover juga tergantung pada cat yang hendak dikupas. Apakah cuku tebal atau tipis, semakin tebal lapisan cat, maka semakin banyak paint remover yang diperlukan.

      untuk merk avian kami jumpai memiliki daya sebar 3-4 m2/kg sementara untuk propan memiliki daya sebar hingga 12 m2/kg, berdasarkan artikel dari laman resmi masing-masing pabrik cat.

      Demikian informasi yang bisa kami berikan. Smeoga Pak Sanoezy terbantu.
      Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel kami setiap hari. Terimakasih.

  1. Kalo seumpama,cat yg akan ditimpa itu wrna cerah,kuning..tpi mau ditimpa wrna hampir abu2 gtu lagsung ditimpa bisa kan pak?mohon masukannya.terima kasih.