Tips Mengkilapkan Lantai Plester dengan Bahan-Bahan Alami

Lantai plester biasanya memiliki permukaan yang halus tergantung dari kualitas saat proses pembuatannya. Jika saat finishing dibuat halus maka hasilnya akan rapi dan mengkilap. Namun begitu, setelah beberap waktu tentu permukaannya akan berubah. Perlu direncanakan bagaimana mengkilapkan lantai plester yang efektif dan efisien.

Tahukah Anda bahwa ada banyak bahan-bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengkilapkan lantai plester. Tidak hanya murah, namun juga mudah dicari sehingga tidak perlu repot menemukannya saat dibutuhkan. Nah, apa saja bahan- bahan yang dimaksud tersebut? Bagaimana cara menggunakannya untuk mengkilapkan lantai plester? Kita akan bahas pada artikel kali ini.

Ternyata Semudah Ini Mengkilapkan Lantai Plester dengan Bahan Alami

Mungkin memang tidak semua bagian dalam rumah Anda menggunakan jenis lantai plester sehingga Anda tidak akan terlalu sering membersihkannya. Meski begitu, jika ada salah satu bagian rumah Anda menggunakan lantai plester misalnya pada serambi rumah bisa agendakan untuk membuatnya mengkilap.

Bahan-bahan alami yang akan kita ulas cukup mudah utuk kita dapatkan bahkan saat diaplikasikan. Dengan cara ini, kita bisa menghemat biaya banyak karena tidak membutuhkan bahan-bahan yang mahal. Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara mengkilapkan lantai plester dengan bahan alami.

Mengkilapkan lantai plester, cara Mengkilapkan lantai plesteran, cara Mengkilapkan lantai ubin

lantai plester bisa dibuat mengkilap menggunakan bahan-bahan alami – diminimalis.com

Aplikasi Bahan-Bahan Alami untuk Mengkilapkan Lantai Plester

Tidak perlu bingung jika lantai plester Anda kusam dan terlihat banyak kotran membandel. Sebab, hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, lantai plester Anda bisa terlihat mengkilap dan dijamin akan mampu mencuri perhatian. Bahan-bahan yang dimaksud apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Mengkilapkan lantai plester, cara Mengkilapkan lantai plesteran, cara Mengkilapkan lantai ubin
ampas kelapa dapat dugunakan untuk mengkilapkan lantai plester – diminimalis.com

  1. Ampas Kelapa

Ampas kelapa menjadi bahan murah yang paling banyak digunakan untuk mengkilapkan lantai. Hal ini tidak lain karena ampas kelapa mudah diperoleh mengingat hampir setiap hari dipakai sebagai bumbu masak. Di pasar juga mudah ditemukan dan dijual dengan harga murah. Adapun cara pengaplikasiannya adalah sebagai berikut.

Taburkan ampas pada salah satu sudut ruangan, kemudian gosok menggunakan tangan atau kaki. Tekan dengan kuat sambil digosok secara acak. Anda bisa meminta bantuan anak Anda karena lantai yang terkena ampas ini akan menjadi licin dan membuat mereka serasa sedang bermain. Yang terpenting, selalu awasi mereka agar tidak terpeleset.

Setelah seluruh lantai ruangan selesai digosok, Anda bisa menyapunya untuk membersihkan sisa-sisa ampas tadi. Jangan bilas lantai dengan air karena kandungan minyak pada ampaslah yang berfungsi efektif untuk mengkilapkan lantai.

  1. Serbuk Gergaji

Cara atau bahan lain selain ampas untuk membantu mengkilapkan lantai adalah serbuk gergaji. Bahan ini hampir sama efektifnya denan ampas, begitupun pengaplikasiannya. Serbuk gergaji juga cukup mudah didapat, tinggal datang ke tempat mebel minta biasanya dikasih secara cuma-cuma.

Intinya, jika di sekitar Anda lebih mudah mendapatkan serbuk gergaji kayu, Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti ampas kelapa. Masukkan serbuk kayu ini pada sebuah ember kemudian teteskan beberapa sendok minyak tanah dan campur agar merata. Adapun cara mengaplikasikannya mirip seperti saat mengepel dengan ampas kelapa. Cuma jika Anda menggunakan minyak tanah, lantai akan menghitam dan terlihat lebih cantik.

  1. Lilin

Alternatif terakhir adalah mengepel lantai dengan lilin. Ini bisa jadi alternatif lain untuk Anda yang susah menemukan dua bahan di atas sebelumnya. Cara mengaplikasi lilin untuk membuat lantai plester mengkilap juga cukup mudah. Anda bisa ikuti saran diminimalis sebagai berikut.

Pertama-tama panaskan beberapa batang lilin agar mencair. Setelah lilin berubah menjadi cair, angkat wadah dari kompor. Tambahkan beberapa tetes minyak tanah. Terakhir, siramkan cairan lilin ini ke seluruh lantai dengan cepat dan merata. Hal ini agar lilin tidak terlanjur mengeras kembali.

Hasil dari teknik ini bisa membuat lantai terlihat mengkilap dengan cepat, namun bersifat sementara. Sedangkan kedua teknik sebelumnya mampu menghasilkan tampilan lantai plester mengkilap yang permanen.

Nah, dari tiga bahan di atas, mana yang terbaik menurut Anda? Segera tentukan dan lakukan pengaplikasiannya ya, agar lantai plester Anda tidak terlihat kusam berkepanjangan.

Mungkin sekian dulu ulasan dari kami tentang cara mengkilapkan lantai plester menggunakan bahan-bahan alami. Anda juga bisa membaca ulasan kami lainnya tentang cara membuat lantai keramik mengkilap di sini. Akhirnya, semoga bermnfaat. (ls) editted by RN05032020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.