Kulkas yang setiap hari Anda pakai untuk menyimpan makanan dan minuman ternyata bisa mengeluarkan bau tak sedap. Untuk menghilangkan bau pada kulkas, harus Anda tahu dulu penyebabnya apa.

Biasanya, yang paling sering adalah karena manajemen stok isinya yang asal. Perlu diketahui bahwa makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas ada tenggang waktunya tersendiri sebelum diolah atau dikonsumsi. Jadi jangan salah persepsi bahwa kalau sudah masuk kulkas maka pasti awet terus.

Kesalahan anggapan seperti inilah yang seharusnya dipahami sejak awal agar tidak ada potensi bau dari kulkas. Namun jika sudah terlanjur, Anda bisa mengatasi bau-bauan tidak sedap dari dalam kulkas dengan cara yang akan kami bahas di artikel ini.

Sebelum ke solusi menghilangkan bau pada kulkas, mari kita singgung lebih jauh lagi soal berbagai penyebab yang paling sering kenapa kulkas bisa menjadi bau.

Berbagai Penyebab Kulkas Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Penyebab paling sering timbulnya bau tak sedap dari dalam kulkas adalah akibat makanan yang disimpan di dalamnya. Tujuan makanan di simpan di kulkas memang supaya tetap segar dan juga masa pakainya lebih lama. Tapi harus dipilih juga, jangan semua jenis makanan dimasukkan.

Sebab, setiap makanan yang disimpan tersebut pasti mengeluarkan aroma khasnya masing-masing. Jika sudah bercampur jadi satu maka jelas akan bisa mempengaruhi aroma kulkas secara keseluruhan. Dampak buruknya, aroma tersebut juga akan mengontaminasi makanan yang lainnya.

Kulkas atau lemari es adalah alat yang dibuat untuk menciptakan suhu dingin sehingga dapat menekan pertumbuhan jamur dan bakteri. Suhu dingin inilah yang menjadikan kulkas bisa digunakan sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman baik dalam keadaan mentah ataupun siap konsumsi.

Secara teori, kulkas memang dapat melambatkan proses pembusukan bahan makanan, tapi tetap tidak bisa menghentikannya 100%. Saat freezer bekerja dengan baik mungkin tidak akan ada bau yang keluar. Tapi jika dayanya turun ataupun listrik mati maka bau-bauan hasil pembusukan akan menyebar.

Selain dari daging di freezer, bau tak sedap juga bisa muncul dari sayuran dan buah yang membusuk di rak kulkas. Bahkan air yang menggenang terlalu lama dalam kulkas pun bisa menjadi penyebab bau.

Satu-satunya cara paling efektif untuk menghilangkan bau pada kulkas adalah dengan memperhatikan kebersihannya. Merawat lemari es dengan benar karena dipakai tiap hari sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh siapapun yang memilikinya. Dengan perawatan yang baik, kulkas tidak akan menjadi sumber bau dan penyakit baru yang dapat mengancam kesehatan.

tips menghilangkan bau pada kulkas, cara menghilangkan bau kulkas, cara menghilangkan bau daging busik di kulkas
Tips menghilangkan bau pada kulkas, hindari meletakkan makanan terlalu lama – diminimalis.com

Tips Menghilangkan Bau pada Kulkas

Apabila kulkas Anda tidak ada teknologi khusus penghilang bau tak sedap, jangan khawatir masih ada cara lain yang bisa diushakan untuk membuat kulkas Anda tetap fresh. Anda dapat menggunakan beberapa baham alami yang bisa dengan mudah Anda dapatkan. Secara umum, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau pada kulkas.

Bersihkan Kulkas Secara Teratur

Bersihkanlah kulkas secara berkala dan rutin terutama bagian interiornya karena merupakan area penempatan bahan makanan dan minuman yang Anda simpan. Perlu diingat bahwa cara merawat kulkas paling aman saat membersihkannya adalah jangan gunakan benda tajam.

Penggunaan benda/alat tajam untuk membersihkan bagian interiornya justru dapat merusak fisik kulkas itu sendiri. Apalagi jika dilakukan tanpa hati-hati, bisa-bisa interior kulkas akan rusak dan tidak bisa bekerja maksimal mendinginkan apapun.

Untuk membersihkan bunga-bunga es pada freezer berlaku juga untuk tidak memakai benda tajam. Solusinya, tunggulah hingga bunga es tersebut mencair dengan sendirinya.

Gunakan Bahan Tertentu untuk Bantuk Hilangkan Bau dalam Kulkas

Selain membersihkannya secara rutin, anda juga bisa menghilangkan bau pada kulkas dengan beberapa bahan di bawah ini :

Teh Celup

Teh celup bisa Anda gunakan untuk membersihkan area dalam kulkas. Gunakan teh celup yang sudah basah lalu letakkan dalam gelas kosong, diamkan dalam beberapa jam.

Teh celup basah artinya teh yang sudah Anda gunakan untuk membuat teh. The celup dalam gelas tersebut akan menyerap radikal bebas yang ada di dalam kulkas. Kapan penyerapan selesai? Anda bisa membuang bekas teh gelas tersebut setelah dirasa aroma kulkas sudah segar kembali.

Kopi Bubuk

Selain teh, Anda juga bisa gunakan kopi untuk menyerap bau kulkas dengan efektif. Anda bisa menaruh bubuk kopi dalam piring kecil dan memasukkannya dekat dengan sumber bau. Caranya sangat mudah yaitu dengan memasukkan kopi yang sudah digiling/sudah jadi bubuk lalu tempatkan di piring, kemudian letakkan di salah satu sudut dalam kulkas. Biarkan 24 jam, agar berbagai bau tak sedap dalam kulkas bisa lenyap.

tips menghilangkan bau pada kulkas
Tips menghilangkan bau pada kulkas dengan bahan alami-diminimalis.com

Cuka

Menghilangkan bau tak sedap pada kulkas juga bisa dilakukan dengan menggunakan cuka. Caranya cukup mudah yaitu campurkan cuka dengan air hangat dalam wadah. Setelah itu gosoklah seluruh permukaan dinding luar dan dalam menggunakan kain lap. Cuka dan gosokan kain ini dapat menghilangkan bau pada kulkas dan noda membandel yang menempel di dinding kulkas.

Perasan Lemon

Lemon terkenal memiliki aroma yang kuat, Anda dapat memanfaatkannya sebagai bahan tambahan untuk membantu membersihkan kulkas. Setelah kulkas selesai dibersihkan, masukkan mangkok yang berisi campuran air hangat dan perasan lemon tersebut ke dalam freezer.

Diamkan selama selama sekitar setengah jam, uap dari air hangat akan menyebarkan aroma lemon ke seluruh ruang kulkas. Untuk menerapkan hal ini, tentu Anda tidak disarankan menggunakan mangkok beling, karena bisa pecah akibat perubahan suhu dalam kulkas. Sebaiknya gunakan piring berbahan plastic atau stainless steel sehingga lebih aman.

Pada intinya, bau kulkas bisa dicegah dan diatasi dengan pola perawatan yang benar. Hindari memasukkan berbagai jenis bahan makanan atau masakan matang dalam satu periode waktu penggunaan. Sebaiknya jika memang tidak perlu sekali diawetkan, tidak perlu masuk ke dalam kulkas agar potensi bau tidak timbul.

Lakukan perawatan rutin dengan bahan-bahan tadi di atas untuk membantu mengefektifkan pembersihan. Dalam upaya merawat kulkas agar awet, idak ada yang 100 % efektif kecuali dilakukan secara berkala dan rutin. Semoga usaha Anda menghilangkan bau pada kulkas bisa berhasil dengan baik dan bisa terus awet. (ls.) editted by RN07032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *