Musim penghujan sering jadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika bukan potensi banjir atau timbulnya genangan yang merepotkan. Dalam menghadapi musim hujan, sebaiknya perlu mempersiapkan berbagai kemungkinan terburuk seperti kebocoran rumah, genangan di halaman depan, dan sebagainya.

Khusus untuk pengecekan sekeliling rumah pastikan semuanya aman. Bersihkan selokan, cek atap agar jelas tidak akan sampai mengalami kebocoran saat hujan turun. Pengcekan ini amat penting hanya agar Anda nanti tidak kelimpungan saat musim hujan sudah benar-benar datang.

Hujan Sering Jadi Polemik

Musim hujan yang sebentar lagi datang biasanya membawa berbagai macam problem yang menyertainya. Air hujan memang sebuah rahmat yang teramat agung, anugrah dari Allah bagi makhlukNya. Namun begitu, di sisi lain bisa berdampak kurang baik terhadp lingkungan. Untuk itulah sebagai manusia, ikhtiar kita adalah dengan menyiapkan segala sesuatu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menghadapi musim hujan
Tips menghadapi musim hujan – diminimalis.com

Banyak kota-kota besar di negara ini yang sering dihinggapi masalah banjir setiap kali datang musim penghujan. Selain banjir ada masalah lain yang menghantui setiap penghuni rumah bila hujan terus-menerus turun, yaitu timbulnya bibit penyakit dan kondisi rumah yang bocor. Jadi, persiapan menghadapi musim hujan mutlak dilakukan agar Anda terhindar dari masalah-masalah semacam itu.

Berbagai Kiat Menghadapi Musim Hujan

Banyak orang yang tidak tahu bahwasannya masalah yang sering timbul saat musim penghujan tiba sebetulnya bisa dihindari. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna meminimalisir dampak buruk yang muncul akibat hujan yang turun, berikut ulasan singkatnya.

Memeriksa kondisi atap rumah

Bagian rumah yang paling awal Anda cek kondisinya adalah bagian atap. Yang mana atap ini sering terkena panas berkepanjangan sehingga jika terkena air hujan materialnya bisa berubah hingga menjadikannya bocor. Untuk itulah, atap jadi bagian utama hal yang harus dilakukan sebagai persiapan menghadapi musim hujan. Pastikan tidak ada genteng yang melorot dan talang tidak bolong, jika terdeteksi ada kerusakan segeralah perbaiki.

Selain pengecekan kondisi, atap juga perlu dibersihkan dari sampah yang dapat menyebabkan tidak lancarnya aliran air di atasnya. Potensi pecah pada atap yang baru terkena air hujan cukuplah besar, jadi periksalah secara teliti sebelum datangnya musim hujan.

Periksa saluran air

Letak saluran air yang kadang tersembunyi kerap kali menyulitkan saat dibersihkan, terlebih jika Anda tidak semangat membersihkannya. Saluran air yang tidak rutin dibersihkan apalagi saat musim hujan tiba akan mengakibatkan sampah menumpuk dan menyumbatnya.

Jika saluran air tersebut sudah tersumbat tentunya akan mengakibatkan permasalahan lain yang lebih serius lagi, seperti banjir dan genangan air yang bisa memunculkan bibit penyakit. Jadi, pastikan selokan di sekitar rumah sudah benar-benar bisa diandalkan untuk membantu mengalirkan air hujan.

Jaga Kesehatan tubuh Anda dan keluarga

Pada saat musim penghujan tiba biasanya tubuh akan mudah sakit dikarenakan perubahan cuaca yang drastis. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memiliki persedian obat yang cukup serta vitamin-vitamin yang dibutuhkan agar tubuh lebih kebal terhadap cuaca yang tidak menentu tersebut.

Bila perlu, rajinlah olahraga jika Anda tahu akan segera datang musim hujan sementara fisik Anda kurang sehat.

Periksa kelengkapan dan kondisi kendaraan

Menghadapi musim hujan
Tips menghadapi musim hujan, cek wiper mobil – diminimalis.com

Untuk Anda yang senang bepergian menggunakan kendaraan roda dua, ada baiknya pastikan mantel selalu Anda bawa di dalam bagasi.

Jika pakai mobil, wiper juga harus Anda periksa dan pastikan bekerja dengan baik sebelum memulai perjalanan, agar air hujan tidak mengganggu saat Anda mengemudi.

Sediakan lampu emergency

Sering terjadi ketika hujan tiba, apalagi hujan deras akan mengakibatkan listrik menjadi padam. Padamnya listrik bisa dikarenakan kabel yang tertimpa pohon maupun dikarenakan pemadaman darurat.

Sebelum terjadi listrik mati, sebaiknya Anda harus menyediakan lampu darurat untuk mengantisipasi kalau-kalau hujan yang turun mengakibatkan matinya saluran listrik. Ini akan menjadi hal yang sangat penting jika di rumah Anda ada anak kecil/balita yang takut kegelapan.

Siap sedialah payung sebelum hujan. Anda pasti tidak asing dengan peribahasa tersebut bukan? Ya, Anda memang dituntut menyediakan banyak ‘payung’ untuk persiapan menghadapi musim hujan agar terhindar dari hal-hal yang tidak membuat Anda nyaman. Semoga membantu dan bermanfaat untuk Anda. (am) editted by RN

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *