Tips Praktis Mengganti Cat Dinding Lama dengan yang Baru

Kerusakan cat dinding rumah bisa disebabkan oleh banyak hal. Meski mengganti cat dinding tidak melulu karena kerusakan, namun kebanyakan adalah karena memang strukturnya rusak. Jika Anda ingin mengganti cat dinding yang sudah rusak tadi dengan lapisan yang baru, setidaknya Anda perlu sedikit pengetahuan. Bukan berarti sulit dan harus melibatkan expert/tukang, asal Anda tahu dasar-dasarnya, Anda nantinya bisa melakukannya sendiri.

Permukaan dinding yang mengalami kerusakan memang biasanya tidak serta merta perlu diganti. Dinding memerlukan penggantian cat hanya jika sudah rusak pada struktur permukaannya. Kalau masih cukup kokoh dan tidak mengelupas, akan lebih baik jika hanya dicat ulang dengan warna yang sama.

Artinya tidak perlu dikupas hingga ke bagian dasarnya. Atau bahkan jika areanya kecil bisa ditunda hingga keseluruhan permukaan perlu diganti dengan cat yang baru agar tidak membuat Anda repot dan rumah berantakan.

Mengenal Berbagai Penyebab Kerusakan Dinding

Perlunya mengganti cat dinding lama dengan yang baru biasanya dikarenakan oleh beberapa sebab. Seperti misalnya karena tampilannya yang sudah usang, rusak karena cuaca, atau ingin tampilan baru demi menyambut hari raya dan atau momen-momen spesial lainnya.

Pada prinsipnya, mengganti cat dinding lama dengan yang baru bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus repot-repot mencari tukang cat. Lebih menghemat biaya tentunya, meski sayangnya Anda harus punya banyak waktu luang. Catatan lainnya agar projek Anda berhasil adalah Anda harus tahu cara mengganti cat dinding dengan benar.

Sebelum bicara soal teknis mengganti cat tembok, sebaiknya kita kenali dulu apa saja hal-hal yang sering kali jadi penyebab permukaan dinding mengalami kerusakan. Diantaranya:

cara Mengganti Cat Dinding, cara Mengganti Cat tembok, cara mengupas cat tembok
mengganti cat dinding lama dengan yang baru – diminimalis.com

1. Rembes

Ini jadi masalah paling klasik yang sering terjadi pada sebuah permukaan dinding dimana masalah hujan jadi faktor pemicu kerusakan permukaan dinding. Permukaan dinding yang mengalami rembes biasanya karena sudah dibiarkan bertahun-tahun. Dampaknya secara nyata ialah pada kerusakan dinding tahunan. Seringkali juga membuat dinding mau tidak mau perlu diberi lapisan cat baru.

2. Menggelembung

Masalah kedua yang sering membuat dinding segera perlu dilakukan pengecatan ulang ialah karena timbul gelembung-gelembung. Masalah ini biasanya muncul karena pengecetan di awal tidak dilakukan dengan baik. Pengecetan yang tidak dilakukan dengan benar berakibat pada rusakanya permukaan dinding. Untuk itulah sangat penting untuk merencanakan supaya pengecetatan dilakukan dengan step dan prosedur yang benar.

3. Kotor Karena Coretan

Selain karena hal-hal sebelumnya di atas, hal lain yang seringkali jadi penyebab permukaan tembok perlu dicat ulang adalah karena kotor. Tidak melulu kotor karena kotoran pada umumnya, bisa jadi karena banyaknya coretan yang membuat Anda risih dan Anda ingin memperbaruinya.

Selain tiga hal di atas, tentu saja ada banyak alasan lain yang mungkin jadi sebab kenapa tembok perlu dicat ulang. Pada prinsipnya, mengganti cat dinding dengan tampilan yang baru tidak perlu menunggu kerusakan. Jika memang ingin mengusung suasana tampilan baru, bisa menggantinya dengan cat baru.

Tips Praktis Mengganti Cat Dinding Lama dengan yang Baru

Pada kesempatan kali ini diminimalis akan mengulas untuk Anda cara mudah mengganti cat dinding lama dengan cat yang baru. Harapannya bisa sedikit Anda pedomani.

1. Tentukan warna pengganti

Mengganti warna cat tembok lama bagi Anda mungkin membingungkan. Anda bisa berkonsultasi dengan istri atau desainer rumah Anda sebagai acuan. Untuk cat tembok dalam rumah diusahakan warna cat tidak terlalu kontras dengan perabot, agar tidak terkesan norak.

2. Lindungi bagian yang tidak di cat

Ketika Anda mengganti cat tembok biasanya sebagian cat akan mengenai area lain, hal ini bisa di atasi dengan langkah berikut:

a. Tutup lantai dan perabot dengan koran, ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam proses pembersihan lantai dan perabot. Untuk perabot yang masih memungkinkan untuk dipindahkan, sebaiknya dipindahkan.

b. Beri batas dengan lakban antara dinding dengan bagian yang tidak di cat. Lepas selagi cat masih basah, agar cat tidak ikut terkelupas.

mengganti cat lama, cara mengganti cat lama, mengganti warna cat tembok
Mengganti cat lama memerlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan supaya hasilnya maksimal – diminimalis.com

3. Bersihkan permukaan lama yang pernah dicat

Hilangkan debu, sarang laba-laba, noda minyak dan kotoran lainnya dari permukaan dinding yang akan dicat hingga bersih dan tak satupun yang tersisa.

• Bila daya lekat cat lama masih baik, cuci permukaan dengan air bersih sambil digosok dengan kertas amplas atau sikat. Bila perlu dicuci dengan larutan detergent, kemudian bilas menggunakan air bersih.

• Bila permukaan cat lama masih baik daya lekatnya, tetapi berlumut atau berjamur, maka cuci dengan larutan kaporit sambil disikat. Lalu bilas dengan air bersih.

• Bila lapisan cat yang lama sudah tebal atau terkelupas, kerok seluruhnya sampai ke dasar dinding.

Proses mengupas cat tembok lama bisa dibantu dengan paint remover. Paint remover adalah cairan khusus yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengupas cat pada media tertentu, seperti pada dinding, kayu, besi dan sebagainya. Selain tidak menimbulkan debu, dengan paint remover proses pengupasan cat menjadi lebih cepat.

Demikian penjelasan dan uraian kami  tentang  cara mengganti cat dinding lama dengan cat baru. Cara tersebut terbilang mudah jika Anda ingin mengaplikasikan cat baru pada dinding dengan kerusakan ringan. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN13052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.