Mengganti Cat Dinding Lama dengan yang Baru Secara Praktis

mengganti cat dinding lama dengan yang baru - diminimalis.com

Mengganti cat dinding lama dengan yang baru perlu dilakukan karena beberapa sebab, diantaranya karena tampilan yang sudah usang, rusak karena cuaca atau untuk menyambut hari raya dan momen-momen spesial lainnya. Pada prinsipnya mengganti cat tembok lama dengan yang baru bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus repot-repot mencari tukang cat. Lebih menghemat biaya tentunya, tetapi dengan catatan Anda harus tahu cara mengganti cat tembok lama yang benar.

cara Mengganti Cat Dinding, cara Mengganti Cat tembok, cara mengupas cat tembok
mengganti cat dinding lama dengan yang baru – diminimalis.com

Mengganti Cat Dinding Lama dengan yang Baru

Pada kesempatan kali ini diminimalis akan mengulas untuk Anda, cara yang tepat untuk mengganti cat lama dengan cat yang baru pada rumah minimalis Anda.

1. Tentukan warna pengganti

Mengganti warna cat tembok lama bagi Anda mungkin membingungkan. Anda bisa berkonsultasi dengan istri atau desainer rumah Anda sebagai acuan. Untuk cat tembok dalam rumah diusahakan warna cat tidak terlalu kontras dengan perabot, agar tidak terkesan norak.

2. Lindungi bagian yang tidak di cat

Ketika Anda mengganti cat tembok biasanya sebagian cat akan mengenai area lain, hal ini bisa di atasi dengan langkah berikut:

a. Tutup lantai dan perabot dengan koran, ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam proses pembersihan lantai dan perabot. Untuk perabot yang masih memungkinkan untuk dipindahkan, sebaiknya dipindahkan.

b. Beri batas dengan lakban antara dinding dengan bagian yang tidak di cat. Lepas selagi cat masih basah, agar cat tidak ikut terkelupas.

mengganti cat lama, cara mengganti cat lama, mengganti warna cat tembok
Mengganti cat lama memerlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan supaya hasilnya maksimal – diminimalis.com

Permukaan lama yang pernah dicat.

Hilangkan debu, sarang laba-laba, noda minyak dan kotoran lainnya dari permukaan dinding yang akan dicat hingga bersih dan tak satupun yang tersisa.

• Bila daya lekat cat lama masih baik, cuci permukaan dengan air bersih sambil digosok dengan kertas amplas atau sikat. Bila perlu dicuci dengan larutan detergent, kemudian bilas menggunakan air bersih.

• Bila permukaan cat lama masih baik daya lekatnya, tetapi berlumut atau berjamur, maka cuci dengan larutan kaporit sambil disikat. Lalu bilas dengan air bersih.

• Bila lapisan cat yang lama sudah tebal atau terkelupas, kerok seluruhnya sampai ke dasar dinding.

Pengupasan cat lama bisa dibantu dengan paint remover. Paint remover adalah cairan khusus yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengupas cat pada media tertentu, seperti pada dinding, kayu, besi dan sebagainya. Selain tidak menimbulkan debu, dengan paint remover proses pengupasan cat menjadi lebih cepat

Demikian penjelasan dan uraian kami  tentang  cara mengganti cat dinding lama dengan cat baru. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara mengupas cat tembok dengan praktis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Mengupas cat tembok terasa mudah dengan cara praktis berikut

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.