Menggabungkan Ruang Makan dan Ruang Tengah supaya Lebih Multifungsi

Ruangan dalam rumah akan memberikan manfaat lebih jika diatur dengan  baik. Misalnya anda punya ide menggabungkan ruang makan dan ruang tengah agar didapat satu ruangan baru yang lebih baik. Anda hanya menghilangkan pembatasnya saja, tetapi tidak kehilangan fungsi utamanya. Nah, id semacam ini bisa jadi alternatif terbaik untuk mengatasi minimalisnya sebuah rumah.

Ruangan yang multifungsi dengan tidak hanya satu peruntukkan fungsinya akan terlihat lebih simpel dan indah. Namun begitu, setiap detail perencanaan harus dilakukan secara matang. Agar didapat desain baru yang luwes, Anda harus memadupadankan setiap elemen dalam ruangan. Termasuk nanti pengecatan dindingnya, penambahan furniture multifungsi yang tidak memakan tempat, dan lain-lain.

Tips Menggabungkan Ruang Makan dan Ruang Tengah

Menggabungkan ruang makan dan ruang tengah menjadi satu fungsi yang sama memang akan menjadi salah satu solusi alternatif bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran kecil. Ide desain ruang makan dan ruang keluarga/tengah dalam satu ruangan, sebenarnya telah diterapkan pada apartemen-apartemen yang dirancang untuk mendapatkan ruangan yang lebih efisien. Dengan ruang yang terbatas, desain seperti ini adalah hal yang tepat untuk membuat ruangan memiliki banyak fungsi.

Disamping itu, setiap ruangan bisa dimanfaatkan sebagaimana fungsi dasarnya. Ruang makan yang identik dengan peralatan dapur, maka juga membutuhakan tanah seluas ruang tengah. Anda bisa menambahkan emja dan kursi makan yang sesuai dengan selera Anda.

Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
ruang makan dan ruang keluarga yang nampak anggun dilihat dari lantai 2 – diminimalis.com

Menggabungkan Ruang Makan dan Ruang Tengah

Hal pertama untuk menyatukan ruang makan dan ruang tengah adalah menghilangkan dinding pemisah diantara ruangan tersebut. Karena dinding pembagi akan memakan ruang sehingga membuat ruangan Anda terlihat lebih kecil dan sempit. Selanjutnya untuk, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Anda perlu mengecat dua ruangan tersebut dengan warna yang netral atau pastel

Kenapa cat turut berpengaruh terhadap sebuah ruangan? Tentu saja karena penampilan sebuah ruangan dipengaruhi oleh warna dinding. Untuk mendapatkan suasana ruangan baru hasil dari kombinasi ruang makan dan ruang tengah  maka penentuan warna cat menjadi penting. Tujuannya untuk memberi efek visual yang luas dan lebar.

Anda bisa memilih warna untuk satu ruangan dan memberikan ruangan lainnya warna lebih gelap atau lebih terang. Hal ini untuk memberikan paduan indah antar ruangan tersebut. Ide lain yang bisa diterapkan adalah dengan melapisi ruang tengah menggunakan wallpaper atau dapat juga meletakan furnitur sebagai pembatas di bagian ruang makan.

2. Pilih taplak meja, lukisan, kap lampu, dan aksesoris dekorasi yang sesuai

Hal lain yang juga harus diperhatikan agara gabungan ruang tengah dan ruang makan jadi bagus adalah pemberian aksesoris ruangan yang sesuai.  Pertimbangkan untuk emnambahkan taplak meja atau vas bunga besar di salah satu sudut ruangan. Dengan begitu, ruangan besar tersebut akan semakin bagus.

lainnya yang memiliki tema yang sama atau mirip untuk ke dua ruangan tersebut. Misalnya jika ruang tengah Anda memiliki tema laut, Anda bisa menghiasnya dengan mengantung gambar atau ilustrasi pantai, matahari terbit dan terbenam, pohon kelapa, atau beberapa gambar lain dengan nuansa laut.

Menggabungkan ruang makan dan ruang tengah, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
ruang keluarga dan ruang makan dengan furniture lampu gantung yang indah – diminimalis.com

3. Tempatkan furnitur di Pinggiran

Soal furnitur dalam ruangan, tentu akan ada dua jenis yang berbeda. Dimana antara ruang makan yang idnetik dengan peralatan santap dan ruang tengah yang cenderung santai dengan bantal dan lain-lain.

Nah, untuk membuat ruangan kombinasi ruang tengah dan ruang makan jadi bagus, sebaiknya untuk fruniture besar letakkan di pinggiran ruangan. Tujuannya agar tidak emnganggu pandangan. Salah satu teknisnya adalah dengan menempatkan sofa di sebelah jendela, atau di depan televisi.

4. Tempatkan kedua mebel untuk ruang makan dan ruang tengah secara terpisah.

Poin terakhir yang tidak kalah penting dalam mengatur tata ruang adalah dengan mengatur komposisi furniture. Pilah pilih furniture yang memang menunjang fungsi utamanya saja. Singkirkan yang tidak berfungsi sebagai penunjang.

Setelah itu, atur posisi furnitur yang ukurannya kecil supaya memiliki keterkaitan atau hubungan dengan furnitur yang lebih besar. Dengan penataan seperti ini, dua ruangan tersebut akan nampak selaras.

Dengan demikian, meski tidak mudah dalam mengatur tata desain antara ruang makan dan ruang tengah jadi satu namun sebenarnya juga tidak sulit. Sebab, asalkan Anda punya perencanaan yang matang mengenai desain interior pasti semuanya mudah. Bila perlu tanyakan pada ahlinya bagaimana mengatur furniture agar didapat tata ruangan yang terbaik.

Saya kira cukup dulu ulasan kami tentang cara menggabungkan ruang makan dan ruang tengah pada rumah minimalis. Semoga bermanfaat ya. (ls) editted by RN06022020


Comment