Cara Efektif Mengatasi Furniture yang Memenuhi Ruangan

Ruangan yang dipenuhi dengan furniture berlebih memang seringkali mengganggu. Bukan hanya tidak enak dilihat karena kurang rapi, namun juga aktivitas selama di ruangan juga jadi terbatas. Nah, lalu bagaimana cara mengatasi furniture yang memenuhi ruangan agar tidak mengganggu? Mesti dipindahkan kemana agar tetap bermanfaat untuk dipakai?

Sebetulnya, di artikel kali ini kita hanya akan membahas tentang apa saja ide yang bisa dilakukan untuk mengatasi furniture yang memenuhi ruangan dari sisi preventif. Sebab jika bicara rumah minimalis yang selalu identik dengan segala sesuatu yang simpel. Maka, kebanyakan furniture dalam ruangan bisa dikatakan sebagai gangguan yang mesti segera diatasi.

Hal-hal yang Sering Membuat Furniture Jadi Berlebihan di Ruangan

Memiliki sebuah rumah minimalis, modern dan luas tentu saja menjadi satu hal yang diinginkan oleh siapa saja. namun, keinginan ini sering kali menjadi salah satu hal yang sangat sulit untuk dicapai ketika bicara soal furniture yang kudu dimasukkan. Apalagi jika Anda sudah telanjur membeli banyak sekali furniture, jika tidak dipakai sayang tapai kalau dipakai menambah sesak ruangan saja.

Hal ini bisa jadi akan Anda alami bila Anda tidak mempertimbangkan secara matang pemanfaatan furniture tersebut sebelum membelinya. Akibatnya, furniture tersebut terkesan menghabiskan ruangan dan alhasil ruangan menjadi semakin sempit. Lalu bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi furniture yang memenuhi ruangan seperti itu?

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi furniture yang memenuhi ruangan. Salah satunya adalah dengan memindahkannya ke ruangan lain sehingga masih bisa dipakai lagi. Namun jika terpaksanya hanya akan memenuhi ruangan lain/gudang sebaiknya jual lagi saja.

Mengatasi furniture yang memenuhi ruangan ruang keluarga sederhana desain ruang tv sempit ruang keluarga dengan penataan yang simpel ruang keluarga lesehan
Furniture yang memenuhi ruangan perlu dikondisikan dengan baik – DIminimalis.com

Pentingnya Mempertimbangkan Setiap Pembelian Furniture untuk Setiap Ruangan

Banyak orang berlomba-lomba untuk bisa memiliki furniture yang mewah, menarik, dan modern. Sayangnya, keinginan tersebut tidak didasari dengan beberapa pertimbangan matang ketika membelinya. Sehingga tidak jarang yang didapatkan hanya furniture dengan harga dan model terkini, namun tidak sesuai dengan konsep dan tema ruangan rumah.

Akibatnya, saat diaplikasikan ke dalam ruangan malah jadi terasa semakin sempit. Konsep ruangan dan furniture berbenturan sehingga terkesan aneh dan rumah jika menjadi tidak nyaman untuk ditinggali. Nah, jika hal ini yang sekarang Anda rasakan, maka tidak perlu khawatir berlebih.

Bagi Anda yang sekarang merasa memiliki rumah dengan furniture yang tidak sesuai dengan kondisi rumah, jangan khawatir, karena khusus pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih rinci mengenai beberapa tips yang bisa Anda laku kan untuk mengatasi furniture yang memenuhi ruangan di rumah kesayangan Anda. Penasaran? Yuk langsung simak pembahasan berikut ini.

Prinsip Dasar Mengatasi Furniture yang Memenuhi Ruangan

Jika Anda memiliki rumah dengan berbagai perabot yang besar, maka latakkanlah di lokasi yang sesuai. Misalnya saja almari, jika pada awalnya diletakkan di sebuah kamar namun ternyata membuat ruangan jadi terasa sempit, sebaiknya segera pindahkan.

Anda bisa memindahkannya ke ruangan lain yang tidak terlalu membutuhkan perabot. Misalnya saja dipindahkan ke ruang kerja, bila memang bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan Anda. Dalam hal ini meletakkan dokumen yang diperlukan.

1. Pilih furniture sesuai dengan ukuran ruangan

Mengatasi furniture yang memenuhi ruangan ruang keluarga sederhana desain ruang tv sempit ruang keluarga dengan penataan yang simpel ruang keluarga lesehan
Pilih furniture yang sesuai dengan kebutuhan interior Anda – Diminimalis.com

Lalu seperti apa tips yang harus dilakukan? Nah, agar lebih mudah dalam penataan ruangan, maka tidak ada salahnya untuk menentukan ukuran terlebih dahulu. Secara langsung, Anda bahkan bisa membuat skala yang berisi tentang ukuran ruangan dan perabot tersebut.

Usahakan pemilihan furniture juga disesuaikan dengan konsep atau tema yang ada di ruangan sehingga akan terlihat serasi, selaras, dan memberikan rasa yang nyaman bagi siapa pun yang masuk ke dalam ruangan tersebut.

2. Mengatasi furniture yang memenuhi ruangan dengan pemilihan desain yang multifungsi

Sebenarnya seperti apa furniture yang multifungsi? Sesuai dengan namanya, furniture multifungsi adalah furniture yang keberadaannya bisa memiliki manfaat ganda.

Misalnya saja, tempat tidur yang di bagian kolong dimanfaatkan untuk rak buku. Tangga yang di bagian kolong dimanfaatkan untuk lemari baju dan masih banyak lagi. Semakin banyak furniture multifungsi yang Anda pilih maka tentu saja semakin luas ruangan rumah Anda.

3. Pemilihan warna yang sesuai

warna karpet, warna karpet lantai, model karpet karakter
warna interior juga mempengaruhi kesan luas pada interior rumah Anda – diminimalis.com

Cara untuk mengatasi furniture ruangan yang tidak sesuai dengan konsep yang ada bisa dilakukan dengan cara mengubah warna dari furniture tersebut. Jika ruang tamu Anda mengangkat tema monochrome yang ceria, maka tentu saja warna cerah seperti hijau, biru muda, kuning, merah muda tidak begitu cocok dengan tema yang ada.

Maka Anda perlu mengganti warna-warna cerah tersebut menjadi warna hitam dan juga putih. Selain itu, Anda bisa menambahkan beberapa furniture tambahan yang keberadaannya tidak terlalu menyita space dari ruangan tersebut.

Baca juga: Berbagai Ide Membuat Rumah Tampak Ceria Tanpa Banyak Biaya

4. Memilih furniture sesuai dengan konsep ruangan

Selain memilih ukuran dan warna yang sesuai, kualitas menjadi salah satu pertimbangan pertama yang wajib sekali untuk diperhatikan. Semakin berkualitas furniture yang Anda pilih, maka tentu saja umur fruniture tersebut mampu bertahan lama.

Berbeda jika ternyata furniture yang dibeli memiliki harga yang murah, maka tentu saja kualitas yang dimiliki dari furniture tersebut rendah, cepat rusak, dan Anda harus menyediakan space untuk furniture yang baru. Atau Anda perlu menata ruang keluarga lesehan, agar interior Anda nampak lebih luas.

5. Jika sudah Terlanjur Dibeli, Singkirkan ke Gudang atau Jual

Tips terakhir tidak banyak drama, Anda bisa menyingkirkan perabotan berlebih tadi ke gudang. Atau jika tidak mau bingung dan repot angkat-angkat, lebih baik jual saja. Biasanya ada banyak orang yang mencari barang bekas layak pakai. Anda akan mendapatkan uang penjualan sementara ruangan jadi lebih lega.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kami sampaikan, Anda bisa langsung praktikkan jika mengalami kendala yang sama. Dengan demikain mengatasi furniture yang memenuhi ruangan sudah bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan siapapun. Selamat mencoba! (us) editted by RN26082020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.