Bagi Anda yang baru saja membeli sebuah rumah baru, ada baiknya untuk merencanakan hal-hal yang perlu disiapkan untuk keperluan menetap nantinya. Menempati rumah baru berarti sama dengan Anda menyiapkan semuanya dari nol. Membeli perabotan, mengatur tata ruang, hingga kesiapan psikologis untuk nantinya beradaptasi di lingkungan baru juga harus disiapkan.

Tujuan menyiapkan ini semua tentu saja berkaitan dengan kenyamanan Anda dan seluruh anggota keluarga saat nanti menetap. Harapannya, rumah baru tersebut bisa memberikan kenyamanan tinggal dalam jangka waktu lama sehingga tidak menuntut Anda dan keluarga untuk berpindah-pindah.

 Sebelum Menempati Rumah yang Baru Dibeli, tips menempati rumah baru, cara menenempati rumah baru
Agar nyaman ditinggali, ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum menempati rumah baru – Diminimalis.com

Tips Menempati Rumah Baru Agar Nyaman Ditempati

Bagi Anda yang baru ingin menempati rumah baru dari membeli bekas, sebaiknya Anda mulai dengan mengganti seluruh kunci dan silinder/lubangnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Five Point Lock, keamanan Five Point Lock, 3 point locking system for wooden doors, 5 point locking system on doors, 3 point locking system front door, 3 point locking system for french doors, 3 point locking system hardware, 3 point lock for wooden door, fitting multi point lock in timber door, 5 point locking system for french doors
Ada baiknya Anda mengganti kunci pintu rumah dengan kunci yang lebih baru – Diminimalis,.com

Dikhawatirkan jika Anda masih menggunakan kunci yang lama, kemungkinan bahwa kunci sebelumnya hilang dan jatuh di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, mengganti kunci rumah juga sangat penting karena untuk melihat apakah ada silinder kunci yang rusak atau tidak. Dengan demikian, Anda bisa memperbaiki atau bahkan menggantinya dengan yang baru bila perlu.

Selain kunci, Anda juga harus memperhatikan kondisi atap dan dinding rumah yang sebelumnya pernah ditempati oleh orang lain. Akan lebih bagus jika rumah tersebut memang masih terjaga, tidak ada hal-hal yang mencurigakan.

Lain halnya dengan rumah kosong yang telah lama ditinggali, pasti ada beberapa bagian yang usang dan butuh diperbaiki. Oleh sebab itu, Anda bisa mengecat ulang bagian dinding dan atap rumah agar terlihat lebih hidup sebelum ditempati. Bila ada waktu, ada baiknya Anda mengecat rumah sendiri untuk memperbaiki tampilan warnanya. Bila perlu lakukan tanpa bantuan tukang selain berhemat juga bisa sambil belajar karena sebenarnya mengecat dinding itu tidaklah susah, asal paham caranya.

Jika mengecat seluruh bagian dianggap terlalu memakan waktu lama, maka Anda bisa mencoba untuk mengecat pada tahap pertama sebelum pindah. Setelah itu, Anda bisa mengecat kembali secara bertahap hingga sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Selanjutnya, jika Anda membeli dan sudah membangun sebuah rumah baru maka Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Meskipun rumah Anda baru selesai dibangun, bukan berarti rumah baru Anda terbebas dari kotoran dan debu. Bahkan biasanya masih ada banyak bekas cat ataupun noda tersisa yang perlu dibersihkan.

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan segala perlengkapan kebersihan dan perkakas. Peralatan kebersihan akan sangat dibutuhkan untuk membersihkan setiap sudut ruangan di rumah baru Anda. Siapkan peralatan lengkap, seperti sikat, sapu, kain pel, vacuum cleaner, dan bahan pembersih lainnya.

Daftar Pekerjaan ART, contoh jadual kerja pembantu rumah, contoh jadwal kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga, peraturan pembantu rumah tangga, contoh jadwal membersihkan rumah, cara cepat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, jadwal rutinitas ibu rumah tangga, kategori pekerjaan
Tips menempati rumah baru_ sediakan alat kebersihan yang lengkap – Diminimalis.com

Selain alat kebersihan, Anda juga membutuhkan perkakas. Bor, tangga, dan paku merupakan alat yang paling penting untuk dipersiapkan. Ketiga benda ini akan sangat membantu untuk menempatkan beberapa furniture dan hiasan dinding lainnya di rumah Anda yang baru. Akan sangat lebih efektif jika Anda sudah memiliki daftar perlengkapan rumah baru yang lengkap.

Dengan demikian, tidak ada satupun alat yang tertinggal. Mulailah membuat daftar perlengkapan rumah, perlengkapan kebersihan, perkakas, dan juga furniture yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda bisa menyusun apa saja yang harus dibeli dan dipersiapkan sebelum benar-benar pindah ke rumah baru Anda.

Hal selanjutnya ketika menempati rumah baru yang tidak boleh Anda lupakan adalah membasmi hama. Ini merupakan hal yang paling sering terlupakan bagi penghuni baru. Setelah membersihkan seluruh ruangan, Anda harus menyemprotkan pembasmi serangga guna menghindari adanya berbagai jenis serangga yang masih bersarang di rumah Anda.

Setelah itu, bersihkan kembali kotoran dan serangga yang biasanya sudah mati. Setelah itu, Anda baru bisa memasang beberapa dekorasi dan furniture yang akan ditempatkan di rumah Anda. Pastikan bahwa seluruh ruangan sudah bersih dari berbagai jenis serangga dan kotoran sebelum Anda benar-benar pindah rumah baru agar terhindar dari penyakit.

Persiapan ini bisa Anda lakukan sekitar satu minggu sebelum kepindahan. Waktu ini sangat cukup untuk mengecat ulang, membersihkan, dan menempatakan beberapa barang-barang atau dekorasi sebelum memindahkan seluruh furniture Anda. Setelah menempati rumah baru Anda, pastikan Anda tidak langsung membongkar seluruh barang yang Anda bawa.

Hal ini untuk menghindari rumah yang tidak tertata. Fokuskan pertama kali pada kamar tidur Anda. Tempatkan seluruh furniture yang dibutuhkan, seperti kasur, meja, dan lain sebagainya. Jika seluruh barang sudah tertata rapi, maka Anda bisa bawa seluruh jenis barang lainnya yang dibutuhkan di kamar Anda.

Lalu, bongkar satu per satu dan tata satu per satu sesuai dengan kebutuhan yang paling penting. Sebagai contoh, Anda bisa mengeluarkan beberapa pakaian untuk dimasukan ke dalam lemari dan memasang seprai dan sarung bantal dengan rapi. Setelah itu, tata seluruh peralatan kecantikan, kosmetik ataupun peralatan mandi yang dbutuhkan. Terakhir, tata dekorasi untuk kamar Anda sebagai pelengkap.

Sebenarnya tidak ada syarat atau ritual khusus ketika hendak menempati rumah baru secara khusus. Beberapa hal di atas merupakan langkah yang bisa menjaga kenyamanan dan keamanan Anda setelah pindah ke rumah baru sesuai standar. Baik untuk rumah yang baru selesai dibangun atau rumah yang pernah ditempati sebelumnya, Anda harus melakukan pengecekan sebelum benar-benar membawa seluruh barang ke rumah baru. Pastikan bahwa seluruh sudut ruangan sudah bersih sehingga nyaman untuk digunakan.

Selanjutnya, Anda juga harus menata rumah Anda secara bertahap untuk menghindari rasa stress berlebih saat pindah ke suasana yang baru. Pindahkan beberapa furniture terlebih dahulu sehingga Anda hanya akan membawa barang yang dibutuhkan saat datang ke rumah baru.

Baca juga: Beli Rumah Baru atau Renovasi Rumah Lama?

Demikian ulasan kami tentang beberapa tips ketika menempati rumah baru agar nyaman ditinggali, semoga bermanfaat. (us) editted by RN 07072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *