Adakah salah satu dari Anda punya keinginan mendirikan rumah di lahan miring? Jika ada, sebaiknya pertimbangkan baik-baik ya, karena bisa jadi ekspektasi tak akan sesuai realita.

Ada beberapa rumah yang didesain di lahan miring karena tidak dirancang dengan baik akhirnya jatuhnya kurang bagus. Meski begitu, tidak sedikit pula yang hasil akhirnya bagus karena memang persiapannya matang dan pengerjaannya profesional.

Nah, untuk Anda yang juga punya lahan miring dan ingin rasanya dibangun rumah di atasnya, artikel kali ini akan coba membahasnya. Jangan sampai keinginan Anda mendirikan rumah di lahan miring justru tertunda karena pesimis.

Sebaliknya, Anda mesti seoptimis mungkin untuk mewujudkannya. Tentu saja dibarengi dengan perencanaan yang matang ya.

Plus Minus Punya Rumah di Lahan Miring

Mendirikan rumah di lahan, rumah minimalis lahan miring, rumah minimalis tanah miring, desain rumah minimalis lahan miring, desain rumah minimalis di lahan miring
Tips mendirikan rumah di lahan miring – diminimalis.com

Mendirikan rumah di lahan miring seringkali tidak jadi pertimbangan utama bagi kebanyakan orang. Namun tentu, ada juga beberapa orang yang justru menyukai tantangan dengan mendirikan rumah di lahan miring yang dimiliki.

Ada dua tipe juga dalam hal ini. Yaitu ada yang membangun rumah dengan cara meratakan permukaan tanahnya terlebih dahulu, atau membiarkan konturnya tetap apa adanya.

Sebetulnya memiliki tanah yang permukaannya miring justru sebuah anugerah. Sebab, kondisi seperti itu dapat dikreasikan menjadi keuntungan tersendiri. Salah satunya dengan membangun rumah yang bagus.

Pada dasarnya, ada banyak keuntungan/kelebihan dari rumah yang dibangun di atas lahan yang miring. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kelebihan jika Anda mampu mendirikan rumah di lahan miring;

1. Harga tanah lebih murah dibandingkan dengan tanah yang permukaannya rata
2. Rumah terlihat lebih unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri
3. Mencerminkan bahwa pemilik rumah adalah seorang yang berjiwa seni
4. Memiliki nilai jual yang tinggi jika Anda berhasil mengkreasikan lahan tersebut menjadi hunian yang unik dan elegan.

Mendirikan rumah di lahan miring, rumah minimalis lahan miring, rumah minimalis tanah miring, desain rumah minimalis lahan miring, desain rumah minimalis di lahan miring
rumah dengan permukaan lahan belakang lebih tinggi – diminimalis.com

Sementara itu, tidak adil rasanya jika tidak menyebutkan kekurangan dari desain rumah minimalis di lahan miring.

Diantara kekurangan dari menjadikan tanah miring sebagai lahan bangunan rumah adalah: biaya pembangunan bisa jadi membengkak, perlu usaha kerasa dan waktu lama untuk membangun hingga jadi, serta jika hasilnya kurang bagus tampilannya akan aneh.

Tips Mendirikan Rumah di Lahan Miring

Jika Anda sudah mantap ingin mendirikan rumah di lahan miring, maka pertimbangkan hal-hal lain selanjutnya. Diantaranya adalah posisi kemiringan lahan tersebut, apakah tingkat kemiringannya ke arah depan atau ke arah samping.

Kemudian perhatikan bagaimana ketinggian kemiringan tanahnya, posisi jalan, luas lahan, apakah ada bangunan di sekitar lahan yang akan dibangun tersebut atau tidak.

Setelah Anda menghimpun data tentang lahan miring tersebut, barulah dibuat gambar desain rumah yang hendak Anda bangun. Misalnya menghadap ke mana, bentuknya memanjang atau melebar, di mana posisi carport, taman, sumur resapannya dan sebagainya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda catat ketika hendak membangun rumah di lahan miring:

Akan lebih baik dibuat struktur bertingkat

Dengan struktur bertingkat, ada beberapa keuntunganya. Seperti menghemat ongkos pengurukan, jadi kalaupun ada yang harus dikeruk untuk membuat pondasi rumah tentu hanya sebagian kecil saja.

Kemudian jika elevasi kemiringannya tidak besar, perbedaan tinggi permukaan antar ruang satu dengan lainnya dapat dihubungkan dengan tangga landai.

Sedangkan jika elevasinya tajam, ada bagian yang harus dikeruk dan bagian lain diuruk. Jadi intinya, letak seninya ada pada naik-turun atau tinggi-rendahnya ruangan yang dibuat.

Bangun dinding penahan untuk diratakan atau ditinggikan

Cara ini hanya bisa dilakukan jika penurunannya tidak lebih dari 2 meter. Sementara untuk lahan yang berada di ujung bukit/tebing di mana bagian belakangnya langsung menurun, maka hal tersebutcukup mustahil untuk dilakukan.

Pemasangan dinding penahan di area perbukitan tidak akan berperan signifikan. Malah cara ini justru bisa merusak ekosistem alam. Jadi, sambil lihat sikon ya untuk memutuskan akan perlu membangun dinding penahan atau tidak.

Hindari tindakan merusak lingkungan sekitar

Hindari membeli atau memilih lahan yang mengharuskan untuk merusak atau memodifikasi alam secara frontal. Misal lahan yang dibuat dengan mengeruk perbukitan, karena akan membuat kawasan di sekitar area tersebut menjadi rawan longsor.

Meski biasanya lahan di area ini ditawarkan dengan harga yang relatif murah, sebaiknya abaikan dan beralihlah pada opsi lahan lain yang tidak merusak alam. Dengan demikian, maka Anda membangun rumah sekaligus melindungi alam dari kerusakan.

Jadi, apakah worthed mendirikan rumah di lahan miring? Tentu saja jawabannya tergantung preferensi Anda. Namun jika Anda tertarik untuk membuatnya, hal-hal di atas bisa menjadi ilmu yang bisa Anda jadikan pegangan.

Mungkin demikian saja ulasan singkat dari kami tentang tips dan cara mendirikan rumah di lahan miring beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN23082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *