by

6 Elemen Penting dalam Mendesain Teras Rumah agar Lebih Nyaman dan Indah

Memiliki rumah yang nyaman pastinya menjadi dambaan setiap orang. Meskipun kategori nyaman bagi setiap orang berbeda-beda namun persepsinya bisa disamakan. Perpaduan interior dan eksterior yang bagus bisa dijadikan standar yang lumrah. Di sisi eksterior misalnya, bagaimana seseorang mendesain teras rumah bisa saja menjadi tolok ukur sebuah rumah nyaman atau tidak.

Seiring dengan perkembangan dunia properti dan beragamnya pilihan desain rumah, kini banyak orang berlomba-lomba memiliki rumah minimalis. Yang tidak hanya nyaman tetapi juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Jika Anda adalah salah satunya, maka yang perlu Anda lakukan adalah memberi perhatian pada semua area rumah.

Untuk membangun bagian depan rumah yang memiliki nilai estetika dan kenyamanan, mendesain teras rumah kini menjadi sebuah tren di dunia properti.

Pentingnya Mendesain Teras Rumah yang Bagus

Teras rumah sering disebut sebagai representasi awal sebuah rumah. Keberadaan teras sebagai area terbuka di depan rumah menjadi akses penting sebelum menuju ke dalam rumah.

Praktis, jika ada tamu yang datang ke rumah, maka kesan pertamanya dimulai dari saat masih berada di teras rumah. Oleh karena itu, mendesain teras rumah minimalis yang nyaman dan indah, menjadi penting bagi setiap pemilik rumah.

Sebelum mendesain teras rumah, Anda harus menyesuaikan antara desain dengan lokasi penempatannya. Berdasarkan lokasi penempatannya, teras terbagi menjadi 3 jenis yaitu teras depan, teras samping dan teras belakang rumah.

Perbedaan lokasi penempatannya, menjadikan teras memiliki manfaat masing-masing bagi Anda.

Manfaat Yang Harus Diketahui Sebelum Mendesain Teras Rumah

Sebagai sisi yang tampak dari depan, ternyata teras rumah memiliki banyak manfaat. Berikut ini 3 manfaat penting teras rumah.

1. Tempat menerima tamu

Teras depan rumah, umumnya hampir ada di rumah masyarakat Indonesia. Salah satu manfaat teras depan rumah, bisa digunakan sebagai pengganti ruang tamu untuk sebuah rumah yang mungil. Jadi bisa menghemat biaya pembangunan. Hanya tamu yang akrab saja yang masuk ke dalam rumah, di ruang keluarga.

Di teras rumah sambil berbincang bersama tamu juga dapat menikmati semilir angin sehingga menciptakan suasana yang lebih santai dan nyaman.

2. Tempat berkumpul dan bersantai

Rumah yang nyaman menjadi harapan setiap orang. Selain sebagai sarana tempat tinggal, rumah juga dapat digunakan untuk menciptakan kehangatan dan suasana yang harmonis bagi keluarga Anda.

Teras rumah menjadi salah satu bagian rumah yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Baik teras depan, samping maupun belakang rumah dapat dimanfaatkan untuk family time.

Saat bersama keluarga, mengobrol dan bercengkerama inilah, Anda dapat mengurangi stress dan kepenatan setelah seharian beraktivitas. Siapkan secangkir kopi, teh atau cokelat hangat plus roti kering, ditemani alunan musik dan angin sepoi-sepoi, pastilah family time Anda semakin berkualitas.

3. Menambah keindahan dan kesejukan rumah

Mendesain Teras Rumah
Manfaat Teras Rumah untuk Menambah Kesejukan dan Keindahan

Berbeda dengan bagian rumah lainnya, teras rumah menjadi bagian yang memiliki hubungan langsung dengan alam terbuka. Selain kesan nyaman, memaksimalkan fungsi teras rumah dapat Anda lakukan dengan mendesain teras rumah yang indah dan sejuk.

Dengan teras yang indah, maka akan menambah keindahan rumah Anda. Sebuah teras dapat didesain dengan memadukan beragam tanaman dan furnitur lainnya.

Konsep indah dan sejuk, dapat diwujudkan dengan menerapkan desain go green. Seperti adanya tanaman hias yang digantung atau disusun pada rak, bunga dalam vas dan hamparan rumput hijau. Dengan kreasi yang unik, tentunya tanaman hias dan bunga tersebut akan terlihat menarik di teras rumah Anda.

Tanaman tersebut juga akan menghasilkan oksigen yang dapat masuk ke dalam rumah sehingga mengasilkan kesejukan bagi pemilik rumah.

Anda bisa menambahkan meja unik, kursi panjang, hiasan dinding dan furnitur pelengkap lainnya untuk meningkatan kenyaman dan keindahan teras rumah Anda.

Setelah mengetahui manfaat teras rumah, Anda dapat mempersiapkan desain teras rumah sesuai keinginan Anda. Dalam mendesain teras rumah, sebaiknya Anda juga harus mengacu pada desain rumah Anda secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar tercipta harmonisasi yang selaras antara teras rumah dan area dalam rumah Anda.

Anda dapat mendesain teras rumah dengan model minimalis, klasik, sederhana bahkan mewah. Lalu, apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam mendesain teras rumah Anda?

6 Elemen Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Mendesain Teras Rumah

1. Ketersediaan lahan

Lahan menjadi elemen penting yang harus Anda perhatikan dalam mendesain teras rumah.

Luas dan desain teras perlu mempertimbangkan ketersediaan lahan. Anda perlu menyeimbangkan ruangan kosong yang akan dipergunakan sebagai teras rumah dan bagian rumah lainnya. Luas teras juga mempengaruhi perlengkapan yang akan diletakkan di teras rumah.

Untuk teras rumah yang sempit, lebih baik Anda tidak menggunakan barang-barang yang besar. Gunakanlah meja ataupun kursi yang relatif sedang sehingga akan menciptakan kesan luas bagi teras rumah Anda, dengan demikian Anda akan lebih leluasa untuk mendesainnya.

2. Pemilihan tema untuk dinding teras

Dinding teras rumah merupakan elemen yang langsung dilihat oleh tamu saat ia memasuki area rumah Anda. Saat membuat teras rumah, pemilihan warna dinding pada teras sebaiknya berbeda dengan ruangan lainya, agar menciptakan kesan berbeda saat memasuki rumah Anda.

Walaupun berbeda, warna yang digunakan untuk dinding teras sebaiknya tetap serasi dengan ruangan lainnya.

Selain dengan menggunakan cat tembok, Anda juga dapat mengusung desain teras dinding rumah Anda dengan material alam, seperti menggunakan kayu, batu alam, maupun dengan menambahkan material bambu dan rotan.

3. Material lantai teras rumah

Walaupun letaknya di dasar, lantai rumah menjadi elemen yang sangat penting sebagai kunci tampilan eksterior dalam mendesain teras rumah Anda. Selain unsur keindahan, pemilihan lantai juga haruslah memperhatikan aspek keamanan.

Lantai menjadi tempat berpijak, jangan sampai material yang Anda gunakan untuk lantai, justru membahayakan keamanan anak-anak saat bermain di teras rumah. Terlebih ketika hujan, lantai teras rumah akan mudah basah. Oleh karena itu, hindari menggunakan material lantai yang licin.

Teras sebagai area terbuka yang langsung berhubungan dengan lingkungan alam, maka sebaiknya Anda juga memilih material lantai yang tidak mudah kotor, karena akan mempengaruhi penilaian rumah Anda di bagian depan.

Alternatif material yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain lantai teras Anda adalah keramik bercorak, batu alam, beton, kayu, karet dan karpet.

4. Furniture

Selain sebagai unsur estetika, teras rumah juga bermanfaat sebagai tempat menerima tamu dan bersantai bersama keluarga. Untuk meningkatkan kenyamanan teras rumah, maka Anda perlu menambahkan furnitur seperti kursi, meja, bantal kursi.

Pilihan model dan material yang tepat untuk kursi, sofa, meja dan furniture lainnya akan menambah kesan homey pada teras rumah Anda. Sebagai alternatif pilihan, Anda dapat menambahkan kursi goyang bernuansa klasik, kursi gantung, satu set meja rotan, ataupun furnitur dengan tampilan istimewa lainnya.

Saat sudah mempertimbangkan furnitur yang akan digunakan, Anda juga perlu memikirkan tata letak dari furnitur tersebut. Furniture tersebut sebaiknya ditata seindah dan serapi mungkin, agar tercipta suasana yang nyaman. Dengan tata letak yang tepat, maka furnitur akan terlihat rapi dan akan menciptakan kesan teras yang tidak terlihat sempit.

5. Pencahayaan

Mendesain Teras Rumah
Pencahayaan dan Ornamen Pendukung dalam Mendesain Teras Rumah

Pencahayaan pada teras menjadi aspek yang perlu diperhatikan dalam mendesain teras rumah, terutama saat malam hari. Anda pastinya tidak ingin, teras rumah Anda berubah menyeramkan saat malam hari. Anda dapat menghidupkan warna hijau pada tanaman dengan menggunakan lampu bercahaya putih.

Anda juga dapat menggunakan beragam model lampu yang unik agar teras rumah terlihat cantik dan sedap dipandang. Sehingga saat bersantai di teras rumah pada malam hari, Anda akan mendapatkan pencahayaan yang cukup.

6. Ornamen pendukung

Penambahan ornamen pendukung dapat melengkapi kenyaman dan keindahan teras rumah Anda. Ornamen pertama yang dapat ditambahkan adalah vas bunga. Ornamen kedua, hiasan dinding. Hiasan ini dapat berupa lukisan ataupun pajangan dinding lainnya.

Ornamen selanjutnya adalah tanaman. Hindari jenis tanaman dengan akar ekstensif, seperti jenis-jenis semak dan pohon.

Untuk tanaman gantung , pilihlah tanaman yang menjuntai ke bawah, seperti tanaman dari keluarga pakis, sukulen, petunia dan geranium. Dengan beberapa ornamen pendukung tersebut akan menambah kesan nyaman dan indah pada desain rumah Anda.

Baca juga: Bagaimanakah Cara Memanfaatkan Teras Rumah untuk Jualan?

Ada pepatah yang megatakan bahwa rumahku adalah istanaku. Anda dapat menciptakan rumah yang ideal, dimulai dengan mendesain teras rumah yang nyaman dan indah.

Demikianlah informasi seputar manfaat teras rumah dan elemen penting dalam mendesain teras rumah. Semoga dapat menjadi ide dan inpirasi untuk desain teras rumah minimalis Anda agar lebih nyaman dan indah. (me)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.