by

5 Kreativitas dalam Mendesain Teras Rumah Outdoor yang Multifungsi

-Eksterior-359 views

Mendesain teras rumah outdoor adalah langkah yang tepat untuk untuk mempercantik rumah. Teras bagaikan oasis di padang pasir yang jika dikelola dengan baik akan memberikan kesegaraan dan kesejukan untuk sekeliling rumah Anda.

Salah satu area selain ruang tamu yang dapat difungsikan untuk menjamu tamu adalah area teras rumah. Area teras yang merupakan ruang terbuka juga lebih asyik untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Dengan mendesain teras rumah outdoor, Anda bisa mendapatkan ruang terbuka yang multifungsi di rumah Anda.

Manfaat Mendesain Teras Rumah Outdoor

Mendesain Teras Rumah Outdoor
Mendesain Teras Rumah Outdoor -diminimalis.com

Untuk mendesain teras rumah outdoor tentunya membutuhkan kreativitas dari pemilik rumah. Mendesain teras rumah outdoor merupakan suatu pengembangan untuk memanfaatkan area terbuka yang ada di rumah Anda.

Dengan mendesain teras rumah outdoor, Anda dapat memenuhi kebutuhan ruang untuk bersantai di luar dan merupakan tempat yang ideal untuk bercengkerama bersama keluarga. Di teras rumah outdoor ini Anda akan mendapatkan kenikmatan dari sebuah ruang yang sejuk dan nyaman.

Saat ini, banyak arsitek yang mengubah area terbuka ini sehingga tampak seperti sebuah ruang dalam rumah yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegaiatan. Anda dapat bermain dengan banyak material, mulai dari lantai, pot tanaman, hingga outdoor furnitur untuk mendapatkan teras rumah outdoor yang mengesankan.

Selain sebagai ruang terbuka hijau, teras rumah juga dapat dimanfaatkan untuk menerima tamu dan berkumpul bersama keluarga. Anda juga dapat memanfaatkan teras samping atau teras belakang rumah Anda untuk kegiatan lainnya.

Seperti memanfaatkannya sebagai dapur terbuka, ruang makan, maupun dengan menambahkan kolam renang di teras belakang rumah Anda. Di ruangan outdoor ini, Anda akan lebih menikmati unsur-unsur natural.

5 Kreativitas Mendesain Teras Rumah Outdoor yang Multifungsi

Untuk mendapatkan teras rumah yang mengesankan, Berikut ini kreativitas mendesain teras rumah outdoor yang dapat diaplikasikan pada rumah Anda

1. Teras Rumah Outdoor di Perkotaan

Mendesain Teras Rumah Outdoor

Mendesain Teras Rumah Outdoor –
diminimalis.com

Bagi Anda yang tinggal di kota, tidak perlu khawatir tak bisa merasakan sejuknya udara di rumah Anda. Walaupun Anda tinggal di kota, tidak serta merta akan kehilangan ruang outdoor tersebut.

Jika tidak memiliki halaman rumah, Anda dapat memanfaatkan balkon rumah sebagai teras outdoor Anda. Dalam mendesain teras rumah outdoor di perkotaan, Anda dapat membuat taman atap layaknya taman vertikal yang memberikan sentuhan alami dan pemandangan yang memikat pada teras rumah Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan nilai plus perkotaan yaitu pemandangan kota yang fantastis. Terlebih saat malam hari, gemerlap lampu perkotaan akan semakin terlihat.

Untuk memaksimalkannya, Anda dapat menempatkan lampu-lampu bulat secara acak untuk memberikan kesan dramatis dan elegan.

2. Teras Rumah Outdoor yang Sejuk

Salah satu keuntungan dalam mendesain teras rumah outdoor adalah pencahayaan. Ruang outdoor yang fantastis akan menimbulkan kesan teatrikal yang indah. Selain berfungsi sebagai lanskap dan taman vertikal yang hijau, ruang ini juga dapat dimanfaatkan untuk area bersantai bersama keluarga.

Jika taman rumah Anda cukup luas, buatlah kanopi yang memberikan keteduhan. Taman dengan pola bertingkat dan penggunaan material  kayu yang tahan lama akan membantu meningkatkan estetika teras outdoor Anda.

Dalam mendesain teras rumah outdoor, unsur natural menjadi pendukung utama. Pemandangan hijau, tanaman pergola, bunga di dalam pot hingga pohon-pohon besar akan menambah kesejukan teras rumah Anda.

Baca juga :
Manfaat Pergola untuk Taman Rumah Minimalis Anda

Untuk meningkatkan pencahayaan di malam hari, gunakan lampu gantung yang memiliki corak yang unik. Lampu yang digantung pada rangting pohon akan memiliki ketinggian yang berbeda. Sehingga akan lebih menyatu dengan alam.

Mendesain teras rumah outdoor juga tidak melulu berhubungan dengan pohon atau tanaman lainnya. Anda juga perlu mempertimbangkan unsur lainnya agar teras Anda berbeda dengan yang lainnya.

Agar tidak membosankan, Anda dapat memanfaatkan area terbuka di teras rumah Anda untuk kolam ikan. Pemberian kolam ikan akan menambah kesejukan di teras rumah Anda.

Untuk menghubungkan sisi teras dengan halaman rumah, Anda dapat menambahkan jembatan kayu di tengah kolam. Agar terlihat lebih alami, gunakan bebatuan alam dan tanaman air sebagai pendukungnya.

Terlihat asri bukan?

Hanya dengan di teras rumah, Anda dapat menikmati pemandangan yang  elok nan sedap di mata.

3.Teras Rumah dengan Kolam Renang

Mendesain Teras Rumah Outdoor
Mendesain Teras Rumah Outdoor –
diminimalis.com

Area belakang rumah Anda dapat dikreasikan sebagai teras rumah outdoor yang menarik.

Desain kolam renang yang indah, akan membuat teras rumah Anda terlihat menawan.

Dengan memiliki kolam renang di area teras Anda, akan menciptakan privasi dan kemewahan di luar ruangan. Pencahayaan yang cukup ditambah dengan suasana saat memandang langit, menambah semangat untuk berenang bersama keluarga.

Dalam mendesain teras rumah outdoor ini, Anda juga dapat menambahkan dek kayu. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk arisan, barbeque party, hingga piknik bersama keluarga.

Tentunya saat mengundang kerabat atau teman dekat ke rumah Anda, akan lebih seru kalau Anda mengadakan acara BBQ.

Untuk mempercantik kolam renang di teras, Anda dapat menerapkan konsep mini bar minimalis. Agar tidak terlihat berlebihan, masukkan warna monokromatis seperti kombinasi warna hitam dan putih.

Bentuknya yang simetris dan menempel ke dindding membuat mini bar minimalis ini bisa Anda pasang di samping kolam renang.

Menarik bukan? Selain menikmati kesejukan dan kesegaran di teras rumah, Anda sekeluarga sekaligus dapat menggiatkan gaya hidup sehat dengan berolahraga tanpa jauh-jauh keluar rumah.

Baca juga :
Kolam renang outdoor dan hal apa saja yang harus Anda perhatikan /

4. Teras Rumah dengan Ruang Tamu Outdoor

5 Kreativitas dalam Mendesain Teras Rumah Outdoor yang Multifungsi 1
Mendesain Teras Rumah Outdoor –
diminimalis.com

Agar acara kumpul keluarga terlihat lebih santai, Anda dapat memanfaatkan teras rumah dan mengubahnya menjadi sebuah ruang tamu outdoor.

Untuk mengurangi teriknya sinar matahari, dapat disiasati dengan menggunakan kanopi sebagai pelindung. Inspirasi lain agar terlihat lebih homey adalah dengan meggelar karpet-karpet bermotif natural.

Gunakan pula kursi rotan, stool dan pillow floor yang empuk, dijamin acara kumpul keluarga Anda semakin nyaman. Jangan lupa tambahkan meja-meja kecil untuk menyuguhkan masakan olahan rumah Anda.

Perabotan yang dipilih berasal dari bahan tahan lama yang cocok untuk kegiatan di outdoor seperti bahan kain tahan air untuk sofa, kayu yang tahan lama, meja stainless steel dan plastik resin untuk kursi.

Dalam mendesain teras rumah outdoor ini, tempatkan pula beberapa tanaman hias di teras Anda. Tanaman ini akan membuat tamu Anda menikmati keindahan dan keasrian teras outdoor Anda.

Ditambah dengan air mancur mini membuat Anda seakan back to nature saat menikmati gemericik air mancur tersebut.

Ruang tamu outdoor ini sekaligus menjadi ruang terbuka hijau yang multifungsi. Sehingga akan berfungsi lebih maksimal saat menjamu tetangga, kerabat, sanak saudara, bahkan teman kerja saat bersilaturahmi. Terlebih menjelang lebaran seperti saat ini.

5. Teras Rumah dengan Dapur dan Ruang Makan Outdoor

Mendesain Teras Rumah Outdoor
Mendesain Teras Rumah Outdoor –
diminimalis.com

Apakah Anda pernah menonton acara memasak yang ditayangkan di televisi? Nah, kebanyakan acara tersebut dilaksanakan di sebuah ruang terbuka.

Lalu sebenarnya bagaimana ya rasanya memasak di ruang terbuka? Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa mengkreasikan teras belakang rumah yang dilengkapi dengan dapur dan ruang makan outdoor.

Untuk dapur, Anda dapat menggunaakan bahan stainless steel dan cat putih yang banyak ditemukan di dapur dalam menciptakan ruang luar.

Konsep ini juga cocok digunakan untuk acara silaturahmi bersama keluarga. Acara silaturahmi biasanya dibarengi dengan acara makan-makan.

Saat ruang makan di dalam rumah terlalu kecil untuk menampung tamu-tamu yang ingin menyantap ketupat opor buatanmu, manfaatkan teras belakang rumahmu sebagai area ruang makan outdoor.

Pada sisi teras yang lainnya bisa digunakan sebagai area bersantai dan bercengkerama saat acara makan bersama.

Pada ruang makan berkonsep outdoor, Anda bisa menempatkan sebuah mini bar minimalis di bawah jendela yang memisahkan area teras dengan dapur. Desain mini bar minimalis tersebut bisa semakin menguatkan tema yang diusung ruang makan.

Suasana bersantap dengan keluarga semakin terasa hangat dengan furnitur-furnitur minimalis bernuansa putih.

Dikelilingi oleh pepohonan rindang, bukan hanya tamu yang jadi betah berkunjung ke rumahmu, kamu juga akan makin senang untuk menghabiskan waktu di rumah.

Yang membuat area dapur-ruang makan outdoor ini menarik adalah integrasi yang bekerja selaras sesuai fungsinya.  Filosofi desain ini bukan untuk membatasi ruang, tetapi menyatukan unsur indoor dan outdoor.

Adanya ruang duduk, ruang makan hingga dapur memastikan bahwa rumah ini dilengkapi dengan baik untuk menghibur penghuninya,

Itulah lima kreativitas dalam mendesain teras rumah outdoor. Anda bisa mencobanya untuk menyambut momen kebersamaan di Hari lebaran nanti.

Semoga dapat menjadi inspirasi dalam mendesain teras rumah outdoor. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (me)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.