by

Yuk, Intip 4 Inspirasi Gaya Mendesain Teras Rumah di Pedesaan !

Siapa bilang, rumah di desa itu biasa saja? Walaupun tinggal di pedesaan, Anda dapat mendesain rumah Anda agar lebih terlihat asri. Untuk menciptakan keasrian tersebut dapat dimulai dengan mendesain teras rumah. Anda dapat mendesain teras rumah di pedesaan dengan mempertimbangkan beberapa aspek, seperti luas lahan, pemilihan furnitur, material dinding dan lantai serta ornamen pendukung lainnya.

Bukan hanya masyarakat perkotaan saja yang selalu menginginkan model teras rumah yang menarik dan elegan. Kini mendesain teras rumah di pedesaan telah menjadi trend tersendiri bagi masyarakat pedesaan.

Pembangunan desain teras rumah yang beragam, ternyata mengundang minat masyarakat pedesaan untuk menciptakan teras rumah yang nyaman, asri dan elegan. Walaupun di daerah pedesaan yang identik dengan suasana sejuk, nyatanya banyak masyarakat yang tertarik untuk menciptakan desain teras rumah yang nyaman, asri dan terkesan kekinian atau modern.

4 Inspirasi Gaya Mendesain Teras Rumah di Pedesaan

1.Teras Rumah Pedesaan yang Hangat

Mendesain Teras Rumah di Pedesaan
Teras Rumah yang Hangat –diminimalis.com

Rumah di pedesaan identik dengan kehangatan, sekalipun berada di lokasi yang sejuk. Anda bisa menciptakan suasana rumah yang hangat, walaupun berada di rumah pedesaan.

Untuk mendesain teras rumah di pedesaan yang hangat, Anda perlu memeperhatikan pemilihan material ekspos dan aksen natural. Perhatikan detail-detail kecil namun esensial. Seperti pemilihan dan perpaduan warna.

Untuk menciptakan suasana yang hangat, Anda dapat memilih warna krem sebagai warna yang mendominasi. Sedangkan untuk ornamennya, Anda dapat menggunakan warna cokelat maupun jingga.

Pemilihan furnitur dengan material kayu maupun rotan dapat meningkatkan suasana yang hangat. Anda dapat memanfaatkan kayu sebagai material lantai rumah Anda.

Selain memperhatikan material dan warna yang digunakan, pencahaayaan juga penting. Anda dapat menggunakan lampu gantung berwarna kuning pada teras rumah Anda. Lampu kuning ini akan mengingatkan Anda pada rumah pedesaan di masa kecil.

2. Teras Rumah Pedesaan dengan Material Ekspos

Mendesain Teras Rumah di Pedesaan
Teras dengan Material Ekspos – diminimalis.com

Saat ini muncul beragam konsep dan ide dalam dunia properti.Salah satunya adalah konsep material ekspos yang memberi kesan unik karena tampilannya terkesan belum jadi. Konsep ini memberi sentuhan alami dan terlihat lebih berkarakter jika diaplikasikan dalam hunian Anda.

Konsep ini bisa diaplikasika pada elemen bangunan dinding, lantai, plafon maupun pengisi interior seperti furnitur, aksesoris dan dekorasi ruang. Oleh karena itu, tak heran jika gaya material ekspos menjadi hal yang inspiratif untuk mendesain teras rumah di pedesaan.

Material seperti bata ekspos, kusen dari kayu, furniture kayu bahkan tanaman rambat yang ditumbuhkan di atas atap membuat suasana rumah pedesaan semakin asri.

Bila diperhatikan lagi, selain bata ekspos, material lainnya juga dibiarkan terekspos. Hal tersebut identik degan rumah pedesaan yang umumnya menggunakan finishing yang sederhana. Dengan material yang terekspos tersebut membuat perawatan rumah lebih mudah.

Selain batu bata ekspos, bisa juga mengusung dinding ekspos maupun lantai yang menggunakan semen ekspos. Pastinya suasana teras rumah Anda semakin nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Material ekspos juga mengingatkan pada rumah nenek atau saudara di pedesaan bukan? Ya, suasana yang selalu membuat rindu untuk pulang.

3. Teras rumah dengan karakter coutry

Mendesain Teras Rumah di Pedesaan
Teras Rumah dengan Karakter Country – diminimalis.com

Selain konsep material ekspos, teras rumah dengan karakter country juga memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan inspirasi mendesain teras rumah di pedesaan.

Teras rumah dengan karakter country merupakan ciri khas rumah di Eropa. Teras rumah dengan karakter country memiliki ciri khas pada pemilihan warna yang terang dan kuat seperti warna merah dan orange.

Pemilihan warna ini dapat menyatu dengan pemberian aksen berwarna hijau pada bagian jendela maupun pintu.

Rumah country menggunakan bahan material utama dari batu bata merah dan kayu. Penggunaan material ini memperkuat suasana pedesaan pada teras rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teras kayu yang berbentuk dek dilengkapi dengan kursi gantung.

Sebagai pelengkap, Anda bisa memasang tempat tidur gantung untuk menikmati waktu rileks lebih maksimal. Dengan menggunakan konsep country, mendesain teras rumah di pedesaan pun membuatnya semakin menarik.

4. Teras rumah dengan perpaduan gaya country dan modern

Mendesain Teras Rumah di Pedesaan
Teras rumah dengan perpaduan gaya country dan modern – diminimalis.com

Mungkin banyak orang yang menilai bahwa gaya country  terkesan murahan. Padahal jika dapat diterapkan oleh tangan yang tepat, gaya country akan berubah menjadi desain rumah yang elegan.

Agar membuatnya semakin menarik, kini banyak orang yang memadukan gaya country dan modern.  Pada rumah kayu, Anda dapat menatanya berjajar secara vertikal agar terlihat modern. Pemilihan kayu dengan tekstur yang lembu menjadi pilihan utama, agar membuatnya semakin modern, tanpa menghilangkan gaya country pada teras rumah Anda.

Untuk mendesain teras rumah di pedesaan dengan gaya country dan modern, Anda dapat mendesain teras berbentuk dek kayu. Sebagai furniturnya, Anda dapat menambahkan meja dan kursi.

Agar semakin unik, Anda dapat menggunakan pintu geser besar. Di halaman rumah Anda, dapat ditanami rumput hijau. Sehingga teras rumah Anda akan semakin menarik dan asri.

Setelah menentukan gaya atau konsep untuk mendesain teras rumah di pedesaan, Anda juga perlu memperhatikan elemen pendukung teras rumah Anda. Teras rumah yang indah dapat tercipta melalui harmonisasi gaya dan elemen pendukung dalam mendesain teras pendukung.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mendesain Teras Rumah di Pedesaan

Selain menetukan gaya mendesain teras rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendesain teras rumah di pedesaan

1.Pemilihan Konsep

Langkah pertama  untukmendesain teras rumah di pedesaan adalah menentukan konsep yang akan diusung. Anda dapat memilih konsep sederhana dan lebih alami untuk pembangunan teras rumah Anda.

Dengan pemilihan konsep yang lebih alami, akan menciptakan suasana yang senada dengan lingkungan pedesaan yang asri. Kesan alami dan nuansa yang natural juga akan lebih kental terasa bila Anda memilih tema yang sederhana.

Udara di pedesaan juga masih sejuk. Sehingga dapat membuat Anda tidak merasa gerah.Untuk memaksimalkannya, pembangunan rumah dapat dilakukan dengan memberikan sentuhan alami. Seperti memperbanyak areal terbuka, agar menciptakan kesan luas dan langsung bersentuhan dengan alam.

Dengan begitu, Anda dapat menikmati semilir angin dan kicauan burung langsung dari teras rumah Anda.

2. Hindari menggunakan pagar yang terlalu besar

Masyarakat di pedesaan dikenal dengan keramahannya. Sehingga saat tinggal di pedesaan, suasana antar tetangga terasa lebih hangat. Agar anda bisa mudah merbaur dan diterima oleh masyarakat sekitar, sebaiknya hindari membangun  pagar yang terlalu tinggi.

Pembangunan pagar menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam mendesain teras rumah di pedesaan. Pagar rumah yang yang terlalu tinggi, akanmembuat tetangga anda canggung.

Solusinya anda dapat membangun konsep pagar yang minimalis atau membiarkan halaman rumah Anda sebagai halaman rumah yang terbuka. Untuk menambah estetika, Anda dapat mengganti pagar rumah Anda dengan menggunakan tanaman pagar seperti tanaman bunga melati.

3. Taman di teras rumah yang asri

Umumnya rumah masyarakat pedesaan berdiri di atas lahanyang luas, sehingga menyisakan bagian yang disebut pekarangan rumah. Pekarangan atau halaman rumah dapat diubah menjadi taman munggil di depan depan rumah.

Salah satu ciri khas rumah di pedesaan adalah halaman rumah yang terawat dengan baik. Untuk menciptakan suasana pedesaan yang lebih natural, pastikan Anda dapat memanfaatkan halaman ini agar lebih terlihat asri.

Kesan asri di halaman rumah dapat diciptakan dengan memanam tanaman berkayu seperti pohon manga, pohon jambu dsb. Anda juga dapat menanam bunga mawar, bunga melati, bunga bougenville maupun jenis bunga lainnya agar taman Anda terlihat lebih berwarna.

Ingin lebih menarik? Anda dapat menyalurkan hobi berkebun Anda dengan menanam beberapa jenis bibit sayur. Bonusnya, Anda dapat menambah stok sayur segar yang langsung dipetik dari taman rumah Anda.

Untuk mendesain teras rumah di pedesaan, Anda juga dapat menambahkan ayunan yang meggantung di salah satu pohon sebagai elemen pendukung. Dijamin akan terlihat begitu sempurna untuk menikmati suasana sore hari Anda

Untuk mempercantik taman rumah Anda, baca juga: Mempercantik Taman Rumah Agar Lebaran Semakin Meriah

4. Kolam kecil di teras rumah

Kolam ini dapat memberikan ketenangan tersendiri untuk pikiran Anda. Suara gemercik air yang asri dan pemandangan indah di depan rumah akan membuat anda merasa nyaman. Di kolam kecil tersebut Anda dapat memelihara ikan hias yang berwarna-warni.

Disamping itu, orang lain yang berkunjung juga akan terkesan dengan pemandanngan serta pemanfaatan lahan yang kreatif seperti ini. Hal ini akan membantu tampilanteras rumah Anda terlihat lebih asri dan sejuk. 

Keberadaan kolam kecil di taman depan rumah Anda dapat membuat momen santai semakin special. Bisa rileks menikmati hangatnya sinar matahari senja ditemani syahdunya suara gemericik air kolam. Sambil menyeruput nikmatnya kopi hangat. So, which of the favors of your lord would you deny?

5. Kerai bambu

Salah satu indikator rumah sehat bagi keluarga adalah pencahayaan yang cukup. Oleh karena itu, untuk mendesain teras rumah di pedesaan,  pencahayaan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Tetapi terkadang pada siang hari, banyak cahaya matahari yang masuk ke teras maupun ke dalam rumah. Sesuai dengan konsep yang lebih alami dan natural, daripada menggunakan kanopi plastik, Anda dapat menggunakan kerai bambu untuk meminimalisir intensitas cahaya yang masuk ke rumah.

Anda dapat menciptakan suasana rumah yang natural dan asri dimulai dengan mendesain teras rumahnya. Jangan lupa, pertimbangkan juga untuk menambahkan taman, kolam maupun elemen pendukung lainnya, agar rumah pedesaan Anda semakin menarik.

Nah demikianlah beberapa inspirasi gaya untuk mendesain teras rumah di pedesaan. Siapa bilang punya rumah di pedesaan tidak keren? Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi rumah pedesaan Anda.(me)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.