by

Menawan dan Ramah Lingkungan, 4 Inspirasi Material untuk Mendesain Teras Rumah dengan Bahan Alam

Untuk menciptakan sebuah rumah idaman, Anda dapat memulainya dengan mendesain teras rumah sesuai dengan keinginan Anda. Sebagai bagian yang merepresentasikan wajah sebuah rumah, desain teras dapat menampilkan keindahan rumah tersebut. Beragam pilihan material bangunan, menjadikan ide mendesain teras rumah semakin beragam. Termasuk mendesain teras rumah dengan bahan alam yang saat ini sedang menjadi trend di dunia properti.

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa a house is not always a home. House dimaknai sebagai bangunan rumah tersebut. Sedangkan home adalah suasana yang ada di dalam rumah. Selain kualitas bangunan, untuk menciptakan sebuah rumah yang ideal, Anda juga perlu memperhatikan aspek kenyamanan.

Dimulai dari teras rumah yang homey, dapat menjadi sarana untuk menciptakan kehangatan dan suasana yang harmonis bagi keluarga Anda. Bersama keluarga, Anda dapat mengobrol dan bersenda gurau, sambil menikmati angin yang sepoi-sepoi.

Pilihan Mendesain Teras Rumah dengan Bahan Alam

Selain sebagai tempat untuk menerima tamu dan berkumpul bersama keluarga, teras rumah memiliki peranan yang penting dari sisi kesehatan. Teras rumah bisa menciptakan sirkulasi udara yang baik serta menjadi media sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah.

mendesain teras dengan bahan alam
Teras Rumah dengan Bahan Alam-diminimalis.com

Oleh karena itu, sebelum membangun teras rumah, Anda perlu memikirkan desain teras rumah yang Anda inginkan. Seperti mempertimbangkan beberapa elemen penting diantaranya luas lahan, material lantai, furnitur, pencahayaan serta ornamen pendukung lainnya.

Untuk itu, pemilihan material teras rumah juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dipikirkan secara matang.

Pemilihan material dalam mendesain teras rumah menjadi hal yang sangat penting. Selain mempertimbangkan aspek keindahan dan keselamatan, material tersebut juga harus mempertimbangkan aspek kesehatan. Saat ini, mendesain teras rumah dengan bahan alam menjadi salah satu pilihan yang sempurna.

Lalu apa sajakah material yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain teras rumah dengan bahan alam?

4 Material untuk Mendesain Teras Rumah dengan Bahan Alam

Kayu menjadi material yang paling sering digunakan untuk mendesain teras rumah. Padahal masih banyak bahan alam yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain teras rumah. Berikut material yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain teras rumah dengan bahan alam. 

1. Kayu

Kayu merupakan salah satu material bangunan yang sudah dikenal sejak dulu. Kayu didapatkan dari beragam jenis tanaman yang tumbuh di alam. Secara alami kayu memiliki beragam warna dan bentuk serat.

Jenis kayu yang sering dimanfaatkan untuk material mendesain teras rumah dengan bahan alam adalah kayu jati, kayu merbabu, kayu bangkirai dsb.

Kayu memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah mudah didapatkan di toko, pengerjaannya banyak dikuasai oleh tukang lokal serta bahan kayu dapat dibentuk dipotong dan digunakan secara fleksibel.

Penggunaan kayu sebagai material konstruksi tidak hanya didasari oleh kekuatannya saja, akan tetapi juga mempertimbangkan aspek keindahannya.

Kayu jati dianggap sebagai kayu yang memiliki serat dan tekstur paling indah. Kayu jati juga memiliki zat anti rayap alami, sehingga Anda tidak perlu pusing untuk mengganti kayu yang termakan rayap.

Dengan kualitas dan kekuatannya inilah, kayu jati paling digemari untuk menjadi material pilihan dalam mendesain teras rumah dengan bahan alam.

Dalam mendesain teras rumah, kayu jati biasanya dimanfaatkan untuk dinding, material lantai, tiang, furnitur serta ornamen pendukung lainnya. 

Pemanfaatan kayu jati sebagai material untuk mendesain teras rumah dengan bahan alam akan menciptakan kesan klasik dan suasana yang hangat pada teras rumah Anda.

2. Bambu dan Rotan

Pemanfaatan bambu dan rotan sebagai salah satu material bangunan, terkadang dianggap tidak layak untuk ditempati.

Namun seiring perkembangan zaman, pemanfaatan bambu dan rotan sebagai bahan bangunan justru semakin digemari karena memiliki nilai seni tersendiri saat dilihat.

Ya, sebelumnya bambu dan rotan lebih sering dimanfaatkan untuk membuat tas wanita, peralatan dapur dan furnitur seperti meja dan kursi. Kerajinan bambu dan rotan memiliki harga jual yang tinggi.

Bambu dan rotan yang baik dapat dihasilkan dalam kurun waktu 3-5 tahun. Ini artinya bambu dan rotan memiliki waktu yang relatif singkat jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

Keuntungan pemanfaatan bambu dan rotan sebagai material untuk mendesain teras rumah dengan bahan alam adalah harganya murah, memilki sifat elastis, mudah dibentuk, serta memiliki daya tahan yang baik.

Material ini juga sangat cocok dimanfaatkan bagi rumah yang mengusung tema go green. Pemanfaatan bambu dan rotan akan menciptakan desain teras rumah dengan nilai seni yang tinggi.

Dengan beragam furnitur material rotan dan bambu, suasana teras rumah Anda dijamin semakin homey.

3. Batu Alam

mendesain teras dengan bahan alam.png2

Batu andesit, batu candi, batu paras yogya, batu alam susun sirih merupakan beberapa jenis batu alam yang sering dimanfaatkan untuk mendesain teras rumah dengan bahan alam.

Material batu tersebut memiliki karakteristik warna dan tekstur yang berbeda. Saat ini, batu alam menjadi material yang digemari oleh masyarakat untuk digunakan dalam mendesain teras rumah dengan bahan alam.

Dinding dan lantai merupakan bagian teras rumah yang biasanya memanfaatkan eksotika batualam. Karena batu alam memiliki berbagai variasi warna, pola dan teksturnya, penerapan batu alam rata-rata digunakan di bagianeksterior dan penghias rumah.

Dilihat dari sisi kesehatan, batu alam tidak mengandung polutan yang dapat mengganggu kesehatan. Sehingga, kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Saat terjadi kebakaran, bangunan yang memanfaatkan batu alam juga tidak mudah terbakar.

Kesan unik, menawan dan menarik akan membuat teras rumah Anda semakin eksotis.

Baca juga : Manfaat batu alam untuk bahan material rumah minimalis Anda

4. Roster

Roster biasanya memiliki bentuk seperti batu bata yang dilubangi di bagian tengahnya. Rongga di bagian tengahnya ini berfungsi untuk sirkulasi udara, menghalau teriknya sinar matahari dan menciptakan aksen unik untuk teras rumah Anda.

mendesain teras dengan bahan alam.png3

Jenis roster yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai material dalam mendesain teras rumah dengan bahan alam adalah roster beton. Roster ini terbuat daricampuran material semen, pasir serta kerikil. Sehingga memiliki daya resistan yang tinggi terhadap perubahan cuaca.

Penggunaan roster beton juga bisa berdampak baik bagi kelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan potensi udara, angin dan cahaya matahari, Anda turut serta melakukan penghematan energi.

Dalam mendesain teras rumah dengan bahan alam, roster dapat dimanfaatkan untuk bangku, pot, maupun penyekat antara teras rumah dengan area terbuka.

Beberapa variasi penggunaan roster tersebut dapat mewujudkan teras rumah yang cantik, unik sekaligus sejuk untuk digunakan bersantai bersama keluarga.

Pilihan material tersebut dapat digunakan sebagai referensi untuk mendesain teras rumah Anda dengan bahan alam.

Untuk menentukan material yang digunakan, Anda juga harus memperhatikan desain rumah secara menyeluruh. Sehingga akan tercipta harmonisasi yang indah antara teras rumah dengan seluruh area rumah.

Selain beberapa pilihan material tersebut, kita juga patut mengetahui manfaat atau keuntungan yang diperoleh dari mendesain teras rumah dengan bahan alam.

Keuntungan Mendesain Teras Rumah dengan Bahan Alam

1. Ramah lingkungan

Teras rumah yang menggunakan bahan bangunan seperti roster, rotan, bambu, dan bambu dikenal ramah lingkungan. Struktur material ini dapat menyimpan dan menyerap karbon dioksida (CO2). Lubang atau sela-sela pada material tersebut dapat dimanfaatkan untuk sirkulasi udara, angin dan cahaya matahari.

Dengan memanfaatkan potensi tersebut, Anda turut serta melakukan penghematan energi dan mendukung program hunian ramah lingkungan. Anda juga dapat menambahkan beberapa tanaman hias di teras rumah Anda untuk mempercantik teras dan mendukung program ramah lingkungan tersebut.

2. Unik

Bahan alam seperti kayu dan batu alam memiliki keragaman jenis, pola, tekstur dan penampilan. Keragaman inilah yang membuat material ini menjadi unik.

Untuk kayu bisa dipilih berdasarkan kebutuhannya. Ada yang ideal digunakan sebagai struktur rangka, dinding, tiang maupun material lantai. Begitu pula dengan bambu, rotan, batu alam, maupun roster, Anda dapat menggunakannya untuk material lantai, dinding, penyekat ruangan atau furnitur teras rumah Anda.

Dengan kreativitas dan penataan yang baik, material/bahan alam ini akan membuat teras rumah Anda menjadi area yang unik, menawan sekaligus berbeda dengan tetangga Anda.

3. Kekuatan

Alasan paling penting, bahan alam memiliki kekuatan untuk memikul beban dan keamanan konstruksinya. Misalnya kayu yang lebih fleksibel daripada batu bata.

Pada rumah dengan batu bata, jika terjadi pergeseran kecil, maka akan muncul retak pada dinding semennya. Rumah kayu sebaliknya tetap pada kondisi seperti aslinya karena kelenturannya.

Demikianlah ide material untuk mendesain teras rumah dengan bahan alam. Selain tampilannya menawan, mendesain teras dengan bahan alam ternyata juga turut serta mendukung program ramah lingkungan. Makin tertarik untuk mendesain teras rumah Anda dengan bahan alamkan?

Semoga dapat bermanfaat sebagai ide dan inpirasi untuk mendesain teras rumah dengan bahan alam.  (me)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.