by

5 Ide Mendesain Teras Rumah Bergaya Vintage, Wow Uniknya!

Pilihan gaya untuk mendesain teras rumah pastilah sesuai dengan selera si pemilik rumah. Salah satu hal yang cukup populer adalah mendesain teras rumah bergaya vintage. Menarik bukan, membawa style zaman dahulu di kehidupan modern seperti saat ini?

Selain fashion, ternyata vintage juga digemari sebagai pilihan dalam mendesain teras rumah. Sudahkah Anda mengenal gaya vintage?

Kenali Ini Sebelum Mendesain Teras Rumah Bergaya Vintage !

Mendesain teras rumah bergaya vintage memang terkenal ikonik dan memberikan kesan unik pada rumah Anda. Vintage adalah style yang mencoba menghadirkan nuansa klasik dan unik dalam eksterior maupun interior rumah Anda.  Dekorasi serba antik menjadi ciri khas dari gaya vintage.

Mungkin sebagian  orang menganggapnya terlalu ketinggalan zaman. Namun Anda tidak perlu khawatir, cukup kreasikan desain interior dengan aneka perabotan, maka mendesain teras rumah bergaya vintage, akan menjadikanya mampu tampil menonjol.

Lalu bagaimanakah cara menghadirkan nuansa vintage dalam mendesain teras rumah Anda ?

Tips Mendesain Teras Rumah Bergaya Vintage

Dalam mendesain teras rumah bergaya vintage, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dan ketahui terlebih dahulu. Berikut ini tips mendesain teras rumah bergaya vintage

5 Ide Mendesain Teras Rumah Bergaya Vintage, Wow Uniknya! 1
Pemilihan Warna Teras Rumah Vintage dengan Dominasi Putih

1. Warna

Kunci utama dalam mendesain teras rumah bergaya vintage adalah pemilihan warna rumah. Karena warna tersebutlah yang akan menonjolkan gaya vintage teras rumah Anda. Warna yang direkomendasikan adalah warna merah, putih, hitam, biru, hijau dan warna kuning.

Tetapi jika Anda tidak menyukai warna yang terlalu meledak-ledak, Anda dapat memilih warna putih.  Sebagai contohnya, Anda dapat menggunakan bata ekspos yang dicat putih. Kemudian padukan dengan furnitur-furnitur lawas, maka akan terciptalah teras rumah yang elegan.

2. Pemilihan Material Lantai

Gaya vintage dari berbagai negara tentunya mempunyai keunikkan tersendiri. Vintage yang diartikan sebagai gaya rumah kuno tentulah berbeda-beda di setiap Negara.

Misalnya, gaya vintage Indonesia dan Eropa pastilah berbeda. Untuk gaya vintage di Indonesia biasanya terinspirasi dari bangunan keraton maupun kesultanan yang banyak terdapat di Indonesia.

Untuk material lantai biasanya menggunakan material keramik bercorak natural atau biasa disebut tegel. Tegel motif lawas adalah pilihan yang sering digunakan.

Sebagai alternatif pilihan material lantai dalam mendesain teras rumah bergaya vintage adalah menggunakan material kayu. Kayu ini tidak hanya dapat digunakan sebagai material lantai. Anda juga dapat memberikan sentuhan langit-langit kayu maupun perabotan serba kayu.

Dijamin rumah vintage Anda akan lebih terasa adem.

3. Pemilihan Sofa

Kesan vintage juga dapat dihadirkan melalui pemilihan sofa dengan desain klasik. Sofa yang dilapisi motif floral ataupun berwarna pastel dapat Anda aplikasikan dalam desain interior teras rumah Anda.

Motif-motif sofa yang pernah menjadi tren akan mengajak Anda untuk bernostalgia ke masa lalu. Motif floral yang cukup terkenal pada masanya adalah motif bunga-bunga.

Selain menambah kesan artistik pada sofa Anda, motif floral ini juga akan memunculkan kesan hangat dan akrab dalam mendesain teras rumah bergaya vintage.

4. Menggunakan Lampu Klasik

Untuk mendapatkan kesan vintage yang kuat, Anda dapat menambahkan lampu klasik. Lampu klasik ini biasanya berupa lampu gantung dengan kap yang unik.

Jika Anda kesulitan menemukannya di toko lampu modern, Anda dapat mencarinya di toko-toko barang antik atau di pasar klithikan seperti di Yogya dan Semarang.

5. Tidak harus membeli

Untuk memperkuat interior dalam mendesain teras rumah bergaya vintage, sebenarnya Anda dapat memanfaatkan barang-barang lama yang sudah Anda miliki.  Anda cukup memolesnya dengan cat kalem seperti warna coklat ataupun warna putih.

Sebagai tambahan, Anda dapat memanfaatkan barang-barang kuno seperti piring, teko maupun gelas dari keramik dengan motif bunga. Aksesoris ini dapat Anda letakkan di lemari sudut teras rumah Anda sebagai pajangan.

Ide dan kreativitas untuk melihat peluang dalam memanfaatkan barang-barang yang sudah ada akan memperkecil anggaran Anda untuk mendesain teras rumah bergaya vintage.

Ada beberapa ide yang kreatif dan unik sebagai rekomendasi untuk mendesain teras rumah bergaya vintage. Nah, berikut ini beberapa ide dalam mendesain teras rumah bergaya vintage

5 Ide Unik dan Kreatif untuk Mendesain Teras Rumah Bergaya Vintage

1. Teras rumah dengan dominasi warna putih

Teras rumah vintage dengan  dominasi warna putih merupakan alternatif pilihan bagi Anda yang lebih menyukai nuansa kalem untuk teras rumah Anda. Untuk bagian dinding Anda dapat memberikan warna putih pada tembok maupun dengan menggunakan batu bata ekspos.

Batu bata tersebut dicat putih sehingga akan tercipta teras rumah vintage yang elegan. Anda juga dapat menggunakan dominasi tiang dan pagar kayu berwana putih.

Untuk mempercantik tampilan teras, Anda dapat memadukan furnitur lawas seperti kursi kayu, sofa, dan meja rotan untuk mengisi teras rumah Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa bingkai foto, lampu pijar gantung, karpet, dan pot bunga agar teras rumah Anda terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

2. Teras rumah dengan kombinasi furnitur vintage

Mendesain Teras Rumah Bergaya Vintage
Teras Rumah dengan Kombinasi Furnitur Vintage – diminimalis.com

Desain teras yang satu ini juga bisa menjadi inspirasi dalam mendesain teras rumah bergaya vintage. Pengggunaan furnitur berbahan besi merupakan salah satu ciri khas gaya vintage.

Kursi berbahan besi hitam, ataupun yang catnya sudah terkelupas justru akan menghadirkan daya tarik tersendiri. Meja dan vas bunga dari kaca juga akan berhasil memberi suasana tempo dulu.

Untuk material lantainya, Anda dapat menggunakan material kayu maupun material keramik pecah-pecah yang akan membuat gaya vintage teras rumah Anda semakin kental. Jangan lupakan, untuk memberikan beberapa tanaman di teras rumah Anda.

Tambahkan berbagai tanaman yang tertanam langsung di tanah atau tanaman sulur yang akan mempercantik teras rumah Anda. Lampu taman maupun pajangan gantung klasik lainnya, dijamin akan membuat desain teras rumah vintage Anda semakin sempurna.

3. Memberikan sentuhan vintage pada teras mungil Anda

Teras rumah Anda berlahan sempit? Jangan berpikir karena Anda memiliki teras rumah yang kecil, Anda tidak bisa menciptakan teras rumah yang nyaman dengan sentuhan gaya vintage.

Gaya vintage tidak menuntut sebuah teras yang luas. Penekanan dalam mendesain teras rumah bergaya vintage adalah kepada desain yang dipakai serta elemen-elemen lainnya.

Teras rumah dengan lahan sempit bisa Anda akali dengan penggunaaan furnitur yang berukuran kecil agar tidak memakan tempat. Tambahkan pot-pot berisi tanaman yang tumbuh ke atas untuk memberikan kesan luas.

Selain penggunaan dominasi warna putih untuk teras mungil Anda, penggunaan cat dinding berwarna hitam bisa menjadi pilihan warna untuk dipadukan dengan warna putih dan kuning.  Sehingga desan teras rumah vintage Anda pun tidak terkesan memaksa tetapi tetap nyaman untuk digunakan.

4. Teras rumah dengan pilar-pilar besar

Mendesain Teras Rumah Bergaya vINTAGE
Teras Rumah Vintage dengan Pilar Besar -diminimalis.com

Inspirasi teras rumah vintage yang satu ini cukup sederhana. Jika rumah Anda memiliki tangga di depan rumah seperti ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk menonjolkan gaya vintage pada teras rumah anda.

Anda hanya membutuhkan satu set meja kursi berwarn putih dan pot bunga. Untuk dindingnya, Anda dapat menggunakan warna khas vintage seperti putih atau hijau telur asin. Tetapi Anda juga dapat menggunakan bata ekspos untuk dinding Anda.

Keunikan pada desain yang satu ini adalah penggunaan pilar-pilar besar untuk menyangga atap rumah. Sehingga teras rumah akan terlihat mewah sekaligus sangat menawa.

5. Teras rumah dengan kombinasi warna putih dan biru

Mendesain Teras Rumah Bergaya Vintage
Teras Rumah Vintage dengan Kombinasi Warna Putih dan Biru –
diminimalis.com

Gaya teras vintage tidak harus selalu menggunakan warna-warna natural, seperti warna putih, krem, abu-abu maupun coklat. Anda dapat mencoba dengan memadukan warna putih dan biru.

Jika lahan rumah berukuran cukup besar, Anda bisa memilih teras dengan dominasi warna putih. Kemudian tambahkan kursi dengan sofa berwarna biru muda. Kesan vintage dari teras rumah tersebut tetap masih bisa Anda rasakan dan nikmati.

Untuk mempermanisnya, Anda dapat memberikan tanaman dan bunga pada teras Anda. Untuk aksesoris tambahan, letakkan lampu bersangkar besi yang bergantung rapi di atas.

Perpaduan warna biru muda dengan putih akan menambahkan kesan segar pada keseluruhan teras rumah Anda. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk mengkombinasikan warna favorit Anda!

Style vintage ini bisa anda terapkan pada  model teras Anda. Model teras rumah adalah salah satu desain eksterior yang cukup menentukan penampilan rumah secara keseluruhan. Model teras rumah ditentukan bukan hanya dari penampilan dinding atau dekorasi khusus teras saja, tetapi juga pada permukaan lantai. Dengan model teras rumah yang menawan, kamu bisa mempunyai sebuah rumah dengan eksterior sempurna.

Jadi, apakah Anda  sudah siap untuk mendesain teras rumah bergaya vintage? Dari beberapa ide mendesain teras rumah bergaya vintage di atas, manakah yang menjadi favorit untuk Anda wujudkan?

Baca juga :
Desain Rumah Vintage ini Cocok Bagi Anda yang Butuh Ketenangan

Demikianlah tips dan ide untuk mendesain teras rumah bergaya vintage. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi ide yang inspiratif untuk teras rumah impian Anda. (me)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.