Tips Mendesain Tangga Unik dalam Rumah

Keberadaan tangga memiliki peranan yang cukup penting untuk sebuah rumah bertingkat. Banyak orang bahkan terinspirasi untuk mendesain tangga unik agar fungsinya maksimal dan lebih dari biasanya. Jika Anda adalah juga tertarik, Anda bisa membaca tips mendesain tangga unik yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

Harapannya setelah Anda membaca referensi ide dari kami, tidak akan lagi bingung mesti dibuat model seperti apa tangga minimalis di rumah Anda. Jadi, pastikan baca artikel kami sampai selesai ya!

Kenapa Tangga di dalam Rumah Mesti Bagus?

Secara fungsi dasarnya, tangga merupakan penghubung antara lantai satu dan dua, tiga dan empat dan seterusnya. Sayangnya, banyak tangga di rumah minimalis hanya dimanfaatkan fungsinya saja dan tampilannya justru diabaikan. Padahal, jika kita bisa mendesain tangga unik, tentu ini akan membuat tampilan rumah menjadi lebih menawan.

Ada banyak cara menghias tangga agar fungsional, unik dan menarik. Ketika Anda baru saja ingin membangun rumah minimalis, Anda bisa merencanakan sejak awal bentuk dari tangganya. Namun bagi yang telah terlanjur sudah dibuat, jangan khawatir, cobalah mendesainnya agar terlihat unik dan keren versi Anda sendiri. Anda bisa ikuti beberapa cara yang akan kami bahas berikut ini.

Mendesain tangga unik, trik desain tangga rumah, desain tangga rumah sempit, tangga minimalis mewah, desain tangga rumah minimalis, railing tangga unik, model tangga rumah minimalis 2 lantai, model tangga besi, model tangga rumah bertingkat
Mendesain tangga unik akan membuat interior rumah Anda nampak menawan – Diminimalis.com

Tips Mendesain Tangga Unik dalam Rumah

Kami paham betul bahwa tidak semua orang mau repot dalam urusan mendesain tangga. Sebab tidak hanya butuh pemikiran yang jeli dan ide brilian agar jadi unik. Belum lagi biaya bahan baku dan sewa jasa jika tidak dilakukan sendiri, jatuhnya mahal. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berkreasi sendiri dengan ide-ide berikut.

1. Tambahan Wallpaper 

cara memasang wallpaper sendiri cara memasang wallpaper sticker, video cara memasang wallpaper dinding,, cara memasang wallpaper dinding ruang tamu, lem fox untuk wallpaper, cara pasang wallpaper non woven, cara memasang wallpaper dinding per meter,
Sebenanrnya tidak sulit memasang wallpaper sendiri untuk dinding rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Tips pertama mendesain tangga unik di rumah minimalis Anda adalah dengan memanfaatkan wallpaper. Membuat tangga unik tidak selamanya soal bentuk namun bisa juga mengubah tampilan. Nah, dengan menambahkan wallpaper pada setiap sisi anak tangga misalnya maka kesan unik yang simpel akan terasa.

Tidak perlu menyewa jasa tukang, sebab Anda bisa memasang wallpaper sendiri tanpa takut gagal. Agar tidak membosankan, cobalah mencari motif berbeda pada setiap anak tangga. Sehingga membuat tangga semakin berwarna.

2. Cat 

Memberikan polesan cat pada tangga tak kalah menarik. Upaya mendesain tangga unik dapat dimunculkan dari pewarnaan cat yang bergradasi. Mulai dari warna gelap ke terang atau sebaliknya. Pengaplikasiannya bisa di railing tangga minimalis atau jeruji vertikal.

Jadi, setiap menaiki satu anak tangga memberikan warna berbeda. Bagian sisi dinding dan pegangan tangga diberikan warna berbeda. sehingga tangga minimalis terlihat semakin berwarna.

3. Foto 

Keluarga Anda suka berfoto? Hasil foto akan lebih menarik bila dicetak dan dibingkai. Cobalah untuk memasangnya di dinding dekat tangga. Setiap foto yang terpajang akan mampu menambah daya tarik pada tangga. Cobalah pasang foto berframe di setiap anak tangga. Biasanya frame foto diletakkan di dinding sebelah tangga, tapi agar berkesan berbeda.

Coba pasang berbagai bingkai foto tadi disisi samping anak tangga. Area tangga pasti akan lebih menarik. selain foto keluarga dapat pula memberikan foto berbagai pemAndangan indah lainnya.

4. Bunga 

Mengaplikasikan rangkaian bunga cantik pada sisi-sisi tangga akan menambah kecantikan tampilan. Tangga semakin menarik bila bunga cantik tadi dihiasi menggunakan lampu tumblr. Tampilan bunga tersebut akan terlihat semakin menarik saat malam hari. Jenis hiasan bunga ini memang identik dengan natal, tapi tetap cocok pula diaplikasikan untuk hiasan permanen.

5. Tanaman hias

Memunculkan suasana segar di dalam rumah tidak harus memberikan warna cat cerah. Menempatkan tanaman hias dalam pot-pot kecil yang diletakkan pada setiap anak tangga dapat menambah daya tarik tersendiri.

Tanaman hias bisa menajdi salah satu elemen pelengkap tangga yang sekaligus memunculkan nuansa sejuk pada hunian. Terlebih lagi menambahkan tanaman pembersih udara, pasti semakin menyejukkan ruangan.

6. Jendela 

Memiliki tangga berkelok? Tidak ada salahnya memberikan jendela pada kelokan tangga tersebut. selain memperindah, keberadaan jendela juga memberikan cukup banyak cahaya masuk kedalam rumah. kesan cerah dan luas sangat terasa dengan penambahan tersebut.

Ada banyak model jendela yang dapat diadopsi. Seperti, jendela list kayu, full kaca, ataupun jendela minimalis keren lainnya. pemberian banyak jendela juga memberi kesan gaya minimalis yang kuat.

7. Dekorasi pusat perhatian 

Ingin tangga jadi daya tarik tersendiri? Pastinya cara dekorasi tangga minimalis dan modern ini dapat jadi jalan keluar. Dekorasi pusat perhatian ini maksudnya memberikan full dekorasi unik yang tidak ditemukan di ruangan lain. Dekorasi tadi juga langsung menarik perhatian siapapun yang berkunjung. Karena full motif, jadi sangat penting memikirkan secara matang dekorasi apa yang tepat.

8. Bingkai 

Memberikan pernak pernik unik pada dinding tangga dapat pula dicoba sebagai cara dan ide mendesain tangga unik nan cantik. Bingkai-bingkai unik nanti dipasang mengikuti arah tangga. Pemilihan bingkai sendiri tidak harus selalu sama, carilah bingkai unik antimainstream. Pasti kesan elegant dan mewah akan terpancar.

9. Washi tape 

Sudah pernah mendengar tentang washi tape? Barang ini merupakan selotip warna-warni dan bermotif. Banyak motif menarik pada selotip tersebut.

Dewasa ini, selotip wahi tape tidak hanya digunakan untuk menempelkan sesuatu saja. Namun, dapat pula dipergunakan untuk menghias tangga agar lebih menarik. Cukup menempelkannya pada setiap anak tangga. Tempelkan berbagai motif secara berjajar agar terlihat unik dan berbeda dari tangga biasanya.

10. Memainkan Pola 

Berbeda dengan wallpaper tadi, coba kreasikan setiap anak tangga dengan pola tertentu. Agar tampak lebih segar, cobalah memberikan aksen warna cerah pada pola tersebut, bentuk pola sendiri bergantung pada selera masing-masing. Pola zig zag dapat jadi pilihan tepat. Jangan lupa berikan warna cerah pada pola yang ada. Tanpa membayar jasa arsitek mahal, Anda sudah mendapatkan tangga cantik dan bikin betah di rumah.

11. Lukisan unik 

contoh lukisan absrtak, contoh lukisan abstrak mudah, contoh lukisan abstrak dan maknanya
contoh lukisan abstrak di ruang tamu – diminimalis.com

Cara ini memang sedikit rumit dibandingkan cara lainnya. Dibutuhkan pula tanga-tangan ahli agar dapat menghasilkan sebuah tangga berbentuk lukisan unik. Bagi Anda yang kreatif, mungkin cara ini jadi solusi tepat sebagai penghias tangga minimalis yang low budget.

Sebab, hanya dibutuhkan cat serta kanvas saja dan jika berhasil, hasil akhir tampilan tangga tersebut bila dilihat dari kejauhan akan membentuk sebuah lukisan utuh. Meskipun yang dilukis hanya bagian sisi vertikal tangga saja, kesan unik dan menarik akan sangat menonjol pada tampilan ini. Selain model biasa, lukisan model piano bisa menjadi alternatif lain yang sama menariknya dengan model lain dan lebih mudah.

Dari beberapa tips mendesain tangga unik di atas dapat disimpulkan bahwa mendekorasi tangga tidak harus selalu merombak ulang dan membangunnya sesuai desain yang diimpikan. Agar berkesan unik dan menarik, cukup memunculkan ide-ide kreatif dalam membuat tangga unik seperti di atas. Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat. (ck) editted by RN22072020


Comment