Cara Terbaik Mendesain Ruang Kerja di Rumah Selama WfH

Di tengah pandemi Covid-19 ini, pemberlakuan sistem kerja dari rumah sudah cukup masif diterapkan berbagai pihak pebisinis. Hal ini membuat sebagian orang berpikir bagaimana caranya mendesain ruang kerja di rumah yang mampu mendukung suasana ala kantor yang sebenarnya. Nah, atas dasar itulah tidak heran jika banyak orang mulai berpikir bagaimana menyusun konsep ruangan yang cocok untuk mendapatkan fokus melakukan pekerjaan.

Nanti di bawah ini akan sama-sama kita bahas mengenai bagaimana seharusnya mengkonsep sebuah ruangan yang pas untuk dijadikan ruang kerja. Harapannya, Anda akan sedikit punya gambaran tentang bagaimana melakukannya sendiri. Sekarang mari kita ulas satu-satu hal penting tersebut.

Plus Minus Bekerja di Ruang Kerja Pribadi

Saat ini, semakin banyak orang yang membutuhkan adanya ruang kerja di dalam rumah. Ada yang membutuhkannya karena lebih memilih full time bekerja di rumah, ada pula yang dipakai untuk melanjutkan pekerjaan kantor.

Meski dilakukan di dalam rumah, banyak orang ingin totalitas fokus pada pekerjaannya, sehingga dibuatlah ruang khusus. Namun demikian, kekurangan dari bekerja di rumah tentu ada saja alias tidak seindah yang dibayangkan.

Bekerja di rumah bisa jadi malah kadang produktivitas jadi menurun karena fokus yang teralihkan oleh banyak hal. Dengan semua tuntutan pekerjaan yang harus dipenuhi, mau tidak mau harus ada strategi khusus mengantisipasi ini.

Lalu, bagaimana cara mendesain ruang kerja di rumah minimalis Anda? Artikel ini akan mengulas beberapa cara mendesain ruang kerja di rumah agar mendukung agar tetap produktif dan maksimal.

Mendesain Ruang kerja di rumah, desain meja kerja di rumah, desain ruang kerja sederhana
Contoh ruang kerja di rumah yang ideal – Diminimalis.com

Tips Mendesain Ruang Kerja di Rumah

Untuk mendesain ruang kerja terbaik di rumah, Anda bisa menyimak beberapa hal yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Bikin ruangan baru atau alih fungsi

Kata “mendesain” yang sedang kita bahas maknanya bukan berrati membuat. Bisa jadi Anda hanya perlu memanfaatkan ruangan yang kosong lalu didesain jadi seperti ruang kerja pada umumnya. Jadi, pertanyaan ini harus dijawab dulu sebelum lanjut ke poin-poin berikutnya.

Kalau bikin baru otomatis Anda harus memikirkan tentang spesifikasi bangunan hinghga terakhir tata ruangnya. Sementara jika hanya memanfatakna ruang tertntu artinya skedxar mengalih fungsiakna ruangan maka fokusnya tinggal emntaur desain penatannya.

Buat perencanaan yang matang

Jika pertanayaan di atas sudah Adan jawab, misalnya saya asumsikan Anda membuat ruangan baru dari nol. Sebelum dekorasi dimulai, Anda harus merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Anda perlu menentukan desainnya, biaya yang dibutuhkan, hingga target waktu pengerjaannya.

Semakin matang perencanaan Anda, maka hasilnya pun semakin memuaskan. Jangan sampai pekerjaan Anda tidak optimal dikarenakan perencanaan yang kurang maksimal. Kami pikir ini normatif seklai jareba aopapun past butuh yang namanya planning.

Menentukan lokasi khusus yang tenang

Bekerja di rumah rentan akan berbagai gangguan yang bisa membuat fokus teralihkan. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih lokasi ruang kerja yang mendukung pekerjaan. Caranya ialah dengan membuat ruang kerja khusus yang terpisah dengan ruangan lain. Tujuannya agar Anda bisa berkonsentrasi secara penuh saat bekerja.

Buatlah desain ruang kerja minimalis

Desain minimalis memungkinkan Anda untuk menghemat penggunaan ruang dan berbagai furniture di dalamnya. Cukup siapkan perabotan yang memang diperlukan untuk menunjang pekerjaan Anda. Pemilihan warna cat dinding juga mempengaruhi suasana dan mood Anda saat bekerja di dalam ruangan tersebut. Jadi, kombinasikan hal-hal tersebut agar didapat hasil akhir yang bagus dan suportif.

Maksimalkan sirkulasi udara dan cahaya alami dari luar

ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang kerja dengan udara dan cahaya alami yang maksimal – diminimalis.com

Sirkulasi udara dan cahaya alami dari luar dapat membuat tubuh dan mood terjaga. Tentu ini baik demi membantu menunjang produktivitas. Bila ruang kerja Anda berada di tengah rumah Anda, bisa juga memasang AC guna memaksimalkan kenyamanan.

Penataan furniture

Agar memudahkan pergerakan saat bekerja, tempatkan semua peralatan yang Anda butuhkan dengan rapi. Sesuaikan dengan konsep minimalis, yang mana tidak perlu terlalu banyak furniture di ruang kerja namun sudah mampu menunjang segala kebutuhan Anda.

Pilihlah yang benar-benar Anda butuhkan, dan tempatkan dengan rapi sesuai urutan dan kebiasaan cara kerja Anda. Diluar peralatan kerja, Anda masih bisa menempatkan beberapa benda yang dapat memberi kenyamanan bekerja, misalnya foto keluarga, tanaman interior alat pijat dan lain sebagainya.

Upayakan akses view terbaik

Saat bekerja, sebaiknya Anda memberikan jeda istirahat untuk memulihkan kesegaran mata dan pikiran. Misal per 30 menit, Anda perlu mengalihkan pandangan mata di luar komputer dan melihat area lain.

Ini sangat bermanfaat untuk menstabilkan ritme kerja Anda agar tidak jenuh. Untuk itu, memposisikan ruang kerja agar mendapat view terbaik, penting untuk diupayakan. Bila hal ini tidak memungkinkan, pajanglah lukisan atau tempatkan aquarium hias yang dapat membuat hati dan pikiran menjadi tenang.

Pada intinya mendesain ruang kerja di rumah sebenarnya cukup simpel. Di awal-awal tentukan dulu apakah mau mengalihfungsikan ruangan yang sudah ada atau benar-benar membuat yang baru. Selanjutnya, jika sudah disesain dan siap ditempati atur dulu pemilihan furnture yang perlu dimasukkan, atur penataannya agar mampu mendukung penyelesaain pekerjaan Anda.

Mungkin demikian ulasan singkat dari kami tentang berbagao cara mendesain ruang kerja di rumah minimalis. Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih produktif dengan mengupayakan ruang kerja terbaik di rumah. (ls) editted by RN06082020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.