Tips Mendesain Dapur Sempit Agar Nyaman Digunakan untuk Memasak

Masalah yang biasanya sering muncul pada dapur rumah minimalis ialah sulitnya menata berbagai peralatan di dalamnya. Bukan hanya karena luasnya saja yang cukup terbatas, namun juga strateginya yang sulit diterapkan.

Meski sulit, namun dalam mengatur tata interiornya harus diusahakan agar benar-benar efektif jika ingin nyaman. Seperti misalnya mengatur kitchen set agar tidak mengganggu aktivitas memasak. Kemudian menata peralatan dapur sesuai fungsinya supaya mobilitas tidak terhalang dan lain-lain.

Pada intinya, dalam mendesain dapur sempit sebaiknya benar-benar perhatian terhadap hal-hal yang penting saja. Dalam hal ini memasukkan peralatan dapur sebaiknya jangan asal, pilih yang paling dibutuhkan agar tampilan interior tidak nampak sesak.

Selain itu, perlu juga dibuat komitmen untuk menjaga kebersihannya dengan baik. Bisa dibayangkan jika dapur yang secara ukuran sudah sempit ditambah lagi dengan kondisinya kotor. Pasti sangat-sangat tidak nyaman untuk aktivitas memasak. Anda mesti mengatur strategi terbaik agar dapur Anda berfungsi maksimal.

Tips Mendesain Dapur Sempit ala Profesional

Pada prinsipnya, merancang desain dapur baik tipe minimalis atau bukan masalahnya hanya pada strategi tata interiornya. Misalnya, soal furniture yang kerap jadi masalah; ukuran tidak sesuai, tidak cocok untuk ukuran kecil dan sebagainya.

Padahal, jika kesulitan memilih furniture yang besar, bisa pilih yang kecil saja tapi multifungsi. Dengan begitu, tujuan dasar dari desain yang bagus bisa tercapai secara maksimal.

Untuk membantu Anda menemukan ide dalam mendesain dapur sempit yang tepat, berikut kami berikan tips desain dapur minimalis yang bagus.

Tentukan dulu tema interior dapur

Tips pertama dalam mendesain dapur sempit agar luas secara tampilan adalah pemilihan tema interiornya. Mungkin terdengar klasik namun memang benar-benar perlu diperhatikan lantaran ini berkaitan dengan fungsi dan estetika dapur Anda.

Pilih tema desain yang unik mulai dari warna dinding hingga kitchen set, tentukan kombinasi warna yang mudah saja agar Anda tidak kesulitan. Warna-warna yang cantik namun elegan seperti abu-abu dan coklat muda bisa jadi pilihan  ide mendekorasi dapur sempit di rumah Anda. Tidak harus semua elemen desain interior dapur minimalis ANda bercorak warna sama, boleh beda yang penting tetap cocok untuk dipadukan.

Memilih furniture harus perhitungkan luas dapur

Selanjutnya, jika ingin dapur Anda tidak tambah sempit setelah diberi furniture, Anda mesti perhatikan betul-betul ukurannya. Maksudnya, ukuran furniture yang dimasukkan harus tepat dan seimbang dengan ukuran luas dapur Anda.

Bila perlu, ukur dulu sebelum membeli furniture ke toko mebel. Hal ini untuk menghindari Anda salah beli sementara mungkin sudah terlanjur suka dengan modelnya.

Untuk dapur yang memang cukup kecil, sebaiknya prioritaskan barang-barang keperluan rumah tangga yang penting dahulu. Kecuali untuk kompor yang mungkin sudah disesuaikan dengan kebutuhan operasional jumlah anggota keluarga.

Pilih material kitchen set terbaik

Untuk mendapatkan desain dapur yang awet dengan kitchen set yang tahan lama maka pemilihan bahan harus diutamakan. Kitchen set sendiri perannya cukup sentral untuk menyimpan segala keperluan alat-alat rumah tangga Anda. Jadi, dapur yang bagus akan terlihat indah jika kitchen setnya juga bagus terbuat dari bahan berkualitas.

Ada beberapa material kitchen set yang cukup bagus, yakni multiplex, MDF, dan black board. Material multiplex atau plywood paling recommended karena lebih tahan terhadap rayap dan bahannya kuat. Selain material, jelas untuk dapur sempit pilih yang berukuran kecil saja, utamakan berdesain multifungsi agar dapur Anda lebih ringkas.

Baca juga:

Cara Menata kitchen Set yang Tepat untuk Dapur Rumah Minimalis Anda

Strategi penataan yang baik

Terakhir, tips mendesain dapur sempit agar rencana yang diinginkan berjalan optimal maka sebaiknya atur strategi penataannya dengan baik. Tidak hanya akan seperti apa penempatan kitchen set-nya dan lain-lain. Namun, juga sampai dengan penataan alat-alat dapurnya. Misalnya buat gantungan untuk alat yang bisa digantung. Lalu tempat rak dengan laci khusus untuk bumbu masak atau rempah.

Mengatur strategi penataan hingga yang paling kecil akan membuat interior dapur Anda tidak acak-acakan. Sebab biasanya, dapur terasa sempit karena cara menatanya yang kurang tepat. Jadi, lakukan penataan sedetail mungkin ya. Jangan lupa tambahkan elemen furniture dapur sehat seperti keranjang sampah agar tidak hanya bagus secara tampilan namun juga dari sisi kesehatan terjaga.

Untuk mendapatkan desain dapur terbaik, Anda dapat menambahkan rak yang menempel pada dinding untuk mempermudah meletakkan perkakas pecah-belah. Rak ini tidak akan memakan banyak tempat namun fungsinya bisa maksimal.

Tonjolkan keunikannya dengan memberi warna yang kontras dengan dinding. Simpan peralatan dapur, termasuk bumbu, dan kotak makanan pada rak tersebut sehingga terkesan rapi.

Jenis-jenis Model Dapur Rumah Minimalis

Sudah bukan rahasia lagi jika rumah minimalis identik dengan ruangan-ruangan yang kecil dan luasnya terbatas. Tak terkecuali pada desain dapurnya. Dapur minimalis yang baik memang tidak hanya mengedepankan faktor fungsionalitasnya saja. Namun, mendapatkan misi keindahan dengan memaksimalkan pemanfaatan luasan yang ada.

Mendesain dapur sempit, cara mendesain dapur sempit, Mendesain dapur minimalis 3x3, contoh keramik dinding, contoh keramik dinding dapur, conoth keramik dinding depan rumah, contoh keramik dinding teras

dapur minimalis yang didesain menjadi lebih luas – diminimalis.comKarena tipe rumah minimalis biasanya memiliki ruangan yang tidak terlalu besar. Maka, strategi desain interior dapur minimalis yang mudah diterapkan adalah dengan memberi fitur yang serbaguna di dalam ruangan.

Bila Anda pemilik rumah dengan konsep minimalis, Anda tak perlu khawatir karena jika pemilihan furniture sudah beres maka tinggal lakukan penataan ruang dengan efektif. Dapur minimalis yang kecil pun, jika Anda pintar dalam mengaplikasikan desain interior, maka akan tampak unik dan luas.

Nah, untuk memperkaya referensi Anda tentang model dapur, berikut kami sebutkan empat model dapur yang umum diterapkan.

• Single line kitchen
• Double line kitchen
• Letter L kitchen
• Island kitchen atau dapur meja tengah

Desain interior dapur minimalis, desain dapur minimalis, dapur minimalis, desain dapur, tips desain dapur, rumah minimalis, backsplash dapur

dapur minimalis ;etter ‘L”- diminimalis.com 

 

Anda bisa mencari informasi lebih jauh tentang perbedaan empat model desain dapur tersebut. Masing-masing model memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri jika diterapkan startegi strategi mendesain dapur sempit Anda. Tidak heran jika kemudian masing-masingnya juga punya penggemar.

Meski beda, dari keempat bentuk desain dapur di atas, dapur letter ’L’ merupakan yang paling favorit. Hal ini dikarenakan bentuknya yang pas digunakan pada dapur berukuran besar maupun kecil. Bentuknya yang menyiku juga lebih memudahkan gerak Anda ketika beraktivitas di dalamnya. Jadi mau pilih mana modelnya, terserah Anda ya! Mungkin salah satunya bisa Anda jadikan ide untuk merombak dan mendesain  dapur sempit di rumah Anda.

Baiklah itu saja penjelasan dan uraian dari kami tentang cara mendesain dapur sempit agar terkesan lebih luas. Semoga apa yang kami tulis ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa. (ls) editted by RN27042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.