Tips Mendesain Dapur Minimalis

Dapur adalah salah satu ruangan dalam rumah yang fungsi keberadaannya cukup sentral. Tidak heran jika banyak orang mulai berpikir bagaimana mendesain dapur minimalis yang mampu menunjang segala kebutuhan masak-memasak. Namun meski kelihatannya sepele, ternyata tidak semua orang punya ide yang tepat untuk melakukannya.

Misalnya bagaimana mengatur agar peralatan masak bisa terlihat rapi dalam kitchen set serta pengaturan lokasi penempatannya tepat. Kemudian pemilihan warna dinding dan elemen furnturenya seimbang. Hal-hal seperti ini terlihat gampang namun dalam mendesain dapur minimalis bisa jadi akan cukup sulit. Nah, artikel diminimalis kali ini akan membantu Anda dalam mengatasi kebingungan yang umumnya dialami banyak orang.

Prinsip Dasar Mendesain Dapur Minimalis yang Bagus

Gaya desain dapur minimalis mengedepankan kesan simpel, elegan, bersih, tanpa menambahkan furniture yang hanya akan membuat ribet saat memasak. Prinsip dasar dalam mendesain dapur minimalis adalah sebaiknya berorientasi pada pengkondisian fungsi dapur yang maksimal tanpa mengabaikan penampilan. Hal tersebut agar sesuai dengan konsep gaya desain minimalis modern yang sudah banyak diadopsi.

Desain dapur minimalis sudah semestinya mengedepankan pemilihan dan penataan peralatan masak yang proporsional. Untuk itulah penting kiranya dalam mendesain sebuah dapur minimalis perlu cermat merancang dekorasi dan berbagai elemen di dalamnya dengan efektif.

Sekarang mari kita lihat apa saja yang sebaiknya mesti Anda perhatikan ketika hendak membuat sebuah dapur yang fungsional.

Desain Dapur Minimalis, desain dapur minimalis 3x3, desain dapur minimalis type 36, desain dapur minimalis 2x2, desain dapur sederhana dan murah, dapur minimalis sederhana, desain dapur minimalis bentuk l, dapur minimalis ukuran 2x3, dapur minimalis modern, rumah minimalis terbuka
ragam dapur minimalis di ruang terbuka – diminimalis.com

Tips Mendesain Dapur Minimalis

Langsung saja berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh siapapun yang ingin mendesain dapur minimalis yang bagus atau minimal standar.

1. Pertimbangkan Luas Area dan Tipe Dapur

desain dapur minimalis
contoh desain dapur letter L yang membuat ruang menjadi lebih luas – diminimalis.com

Ada tiga macam-macam desain dapur dari sisi bentuk yang pada umumnya dikenal, yaitu, bentuk L-shape, U-shape, dan I-shape. Karena fokus tata desain interior dapur minimalis identik dengan mengefisienkan ruang, maka bentuk dapur yang cocok adalah bentuk L-shape dan I-shape. Sedangkan untuk pengaturannya bisa disesuaikan dengan luas ruangan yang tersedia.

Jika luas ruangan yang akan digunakan untuk dapur lebih besar, model L-shape bisa jadi pilihan yang bagus. Bentuk L-Shape ini digadang-gadang mampu membuat penggunanya lebih leluasa melakukan aktivitas apapun di dapur.

Selain itu, L-shape juga punya kelebihan dari sisi ruang penyimpanan yang lebih besar dan banyak. Sedangkan untuk menyiasati ruangan yang lebih kecil, I-shape menjadi pilihan yang lebih tepat. Tinggal Anda pilih saja mana yang terbaik diantara model tersebut karena Anda lebih tahu kondisi area yang akan dibuat.

2. Perhatikan Apa Saja Aktivitas yang Mungkin Dilakukan di Dapur Minimalis

Pada gaya dapur modern, ruangan dipisahkan menjadi dua bagian yaitu area kotor dan bersih. Area dapur kotor adalah ruangan yang digunakan untuk memasak berbagai makanan berat. Beragam aktivitas masak dilakukan di area tersebut. Mulai dari proses pencucian, pengolahan, hingga penyajiannya.

Bahkan, berbagai peralatan dapur berukuran besar seperti kompor, kulkas, serta lemari piring umumnya diletakkan juga di area dapur kotor. Karena hampir semua aktivitas memasak dilakukan di ruangan ini, tak heran jika cipratan minyak atau bekas olahan makanan kerap mengotori sekeliling area ini.

Belum lagi keberadaan wastafel cuci piring yang identik dengan kondisi basah. Anda harus tahu dan bisa membedakan mana area kotor dan mana yang bersih sebelum mulai mendesain dapur minimalis.

Lain halnya dengan area dapur bersih yang identik dengan kesan mewah, dimana berbagai perkakas mahal dipajang dan terkesan dipamerkan. Biasanya lokasi dapur bersih berdekatan dengan ruang tamu, dan lebih sering digunakan sebagai tempat mengobrol yang nyaman sembari minum teh atau kopi.

Aktivitas yang dilakukan di dapur bersih hanyalah aktivitas memasak makanan ringan dan praktis. Terkadang hanya untuk menghangatkan makanan atau membuat minuman, atau sebagai tempat menyiapkan sarapan.

Anda mesti bisa membedakan kedua area ini dan fungsi dasarnya. Hanya agar nanti ketika memutuskan untuk menambahkan beberapa furniture bisa sesuai dengan penggunaannya.

3. Pilih Material Terbaik untuk Furniture Dapur

Seperti yang telah disinggung di atas, mengingat fungsi dapur sebagai tempat memasak dan penyimpanan, maka pemilihan materialnya membutuhkan pertimbangan khusus. Misalnya harus tahan panas, mudah untuk dibersihkan, tidak licin, dan pastinya tahan lama. Beberapa furniture yang pada umumnya ada di dapur antara lain: kabinet, bak cuci piring dan meja sajian.

Biasanya bagian meja dapur minimalis menggunakan bahan marmer atau granit. Sedangkan untuk kitchen set ada beberapa macam material yang biasa digunakan. Sebut saja multiplek atau plywood, blockboard, MDF, HPL, Decosheet, dan sebagainya. Masing-masing material mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kenali dulu kelebihan dan kekurangan material tersebut, kemudian pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Pilih kombinasi warna terbaik

mendesain dapur minimalis, Furniture Dapur Sehat, Furniture Dapur Sehat sejahtera, tips Dapur Sehat
Pemilihan warna dapur dapat meingkatkan mood memasak Anda – diminimalis.com

Mendesain dapur minimalis juga perlu memperhatikan pemilihan warna pada furniture dan dindingnya. Pemilihan warna bisa menyesuaikan dengan selera pemilik rumah. Bisa mengadopsi warna yang terang dan menyala.

Atau bisa juga disesuaikan dengan warna dinding di ruangan lainnya. Terlepas dari warna apa saja yang Anda pilih, yang paling penting adalah perhatikan keserasian. Jika bingung Anda bisa memadukan warna merah dan hitam pada furniture dan dinding, atau antar furniture dengan dinding tetap warna putih. Bisa jadi ini akan menjadi kombinasi yang menarik.

5. Pilih Furniture dengan Desain dan Warna Terbaik

Pemilihan furniture untuk dapur sangat fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Untuk meja makan bisa Anda adopsi gaya meja bar. Model desain meja bar minimalis biasanya cukup menggunakan warna netral seperti putih, hitam, atau coklat sudah cukup bagus.

Namun tentu saja semua itu kembali lagi kepada selera Anda sebagai pemilik rumah. Sesuaikan saja dengan ukuran dan kondisi ruangan agar tampilan dapur Anda lebih menarik dan harmonis.

Jadi bagaimana, dendesain dapur minimalis sebenarnya cukup sederhana bukan? Anda hanya perlu melakukan berbagai perpaduan warna dan memilih furniture terbaik.

Pahami bahwa tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan efisiensi berbagai aktivitas Anda saat memasak. Karakter yang simpel dan tidak menggunakan banyak furniture atau ornamen menjadi prinsip dasar mendesain dapur minimalis. Selamat mengaplikasikan inspirasi di atas untuk desain dapur minimalis Anda yang keren dan anti-mainstream. (ck) editted by RN15082020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.