Mau Mendekorasi Rumah Mungil? Hindari 5 Kesalahan Ini

Rumah minimalis sering disebut juga dengan rumah mungil karena ukurannya. Berkaitan dengan ukuran, tentu saja hal tersebut akan berpengaruh dengan konsep penataannya. Termasuk bagaimana mendekorasi rumah mungil secara keseluruhan.

Mengapa merencanakan desain dekorasi yang tepat harus benar-benar dipikirkan? Ya tentu saja karena pengaruh ukuran nantinya akan memaksa Anda untuk bisa mengatur tata letak interior dengan cerdas. Anda bisa membaca artikel tentang ide mendekorasi rumah mungil berikut hingga selesai.

Ide Mendekorasi Rumah Mungil dan Kesalahan yang Sering Terjadi

Memang, mendekorasi rumah mungil memiliki kesulitan tersendiri yang tidak bisa diselesaikan oleh sembarangan orang agar hasilnya tidak mengecewakan. Rumah mungil atau rumah yang berkonsep minimalis memang memiliki tantangan tersendiri pada penataan ruangannya dikarenakan space yang terbatas. Namun jika Anda jeli dan kreatif kekurangan ini bisa Anda rubah menjadi sesuatu yang menguntungkan.

Mendekorasi rumah mungil
Mendekorasi rumah mungil – diminimalis.com

Ruangan yang tidak terlalu luas sebetulnya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki ruangan luas yaitu mudahnya dalam pembersihan. Anggaran yang dibutuhkan dalam mendekorasi desain interior ruangan mungil juga relatif lebih sedikit dibandingkan ruangan luas. Anda hanya perlu menaruh beberapa furnitur yang fungsional agar ruangan terkesan lebih luas.

Hindari 8 Hal Ini Saat Hendak Mendekorasi Rumah Mungil

Rumah minimalis mungil identik dengan konsep yang matang dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas sesuatunya dalam ruangan. Oleh karenanya setiap pemilik rumah diharapkan tidak melakukan kesalahan sekecil apapun saat mendekorasi rumah mungil. Agar rumah mungil tetap bagus setelah didekorasi.

Nah, untuk memperoleh hasil yang diinginkan saat mendekorasi rumah mungil, Anda perlu menerapkan beberapa strategi. Berikut diminimalis berikan bocoran tentang 8 hal yang patut Anda hindari saat melakukannya.

Tanpa konsep yang jelas dan cocok

Konsep atau perencanaan dalam setiap tindakan adalah sebuah keniscayaan. Ibarat sebuah kendaraan yang berjalan konsep ibarat tujuan yang hendak diraih. Oleh karena itu, saat mendekorasi rumah mungil, tentukan dulu konsep dekorasi seperti apa yang hendak Anda buat. Tidak harus mengusung konsep baru jika memang rumah Anda dulunya sudah dibangun dengan sebuah konsep.

Pada intinya, Anda bisa menggunakan konsep yang sudah ada maupun hasil dari kreasi Anda. Yang perlu diperhatikan dari ide mendekorasi rumah mungil adalah jangan sampai asal. Tentukan sedari awal konsep seperti apa yang akan diusung agar dalam memasukan setiap elemen ke dalamnya benar-benar filosofis.

Safe play

Dengan alasan ruangan yang sempit banyak orang lebih bermain aman dalam mendekorasinya. Hal ini tidaklah mutlak benar justru dengan Anda banyak bereksperimen dalam mendekorasi rumah mungil Anda akan menemukan komposisi yang pas dalam dekorasinya. Yang penting jangan sampai berlebihan karena justru berpotensi melenceng dari konsep awal.

Terlalu banyak perabot masuk

Kesalahan lain saat mendekorasi rumah mungil adalah over furniture. Banyaknya perabot yang ada dalam ruangan yang tidak terlalu luas tentu akan sangat menggangu. Anda tidak akan leluasa bergerak dan juga keberadaan perabot tersebut akan menyulitkan Anda ketika melakukan pembersihan. Gunakan perabot seperlunya dan yang penting utamakan fungsi saat memilihnya.

Memilih yang kecil

Ruangan yang mungil juga tidak harus berisi perabot yang kecil juga. Dengan bantuan pencahayaan dan juga peletakkan yang tepat memilih perabot berukuran besar justru akan menjadikan ruangan yang Anda tempati terkesan mewah. Tapi yang terpenting jangan terlalu berlebihan sehingga ruangan justru terkesan menjadi sempit.

Contoh furniture yang bisa dikomposisikan besar dan kecil ialah seperti sofa. Anda bisa menempatkan satu sofa besar di salah satu sudut, lalu menempatkan yang kecil di sisi lainnya. Ada perabot lain yang bisa diterapkan model begini. Anda eksplorasi sendiri ya.

Mengacuhkan lantai dan dinding

Lantai dan dinding merupakan area yang tidak boleh Anda lewatkan. Perpaduan warna yang tepat pada kedua area ini cukup menentukan kesan yang muncul. Warna-warna cerah bisa Anda gunakan untuk mendekorasi rumah mungil agar terkesan lebih indah dan luas. Lantai dan dinding berwarna pastel dan monochrom bisa menjadi acuan menentukan warna.

Harus putih!

Rumah mungil dan minimalis biasanya identik dengan warna putih. Hal ini bukanlah sesuatu yang paten. Warna abu-abu dan gelap justru bisa Anda gunakan sebagai warna dasar yang nantinya menjadikan kesan elegan pada rumah Anda. anda hanya perlu mengkombinasikannya dengan penambahan open space pada beberapa sudut agar rumah tidak terkesan sempit.

Mengabaikan focal point

Mendekorasi rumah mungil
contoh focal point – diminimalis.com

Kesalahan selanjutnya yang banyak dilakukan orang saat mendekorasi rumah mungil adalah mengabaikan focal point. Ruangan yang mungil biasanya kurang menarik, namun dengan penambahan beberapa material bisa dijadikan sebagai  focal point yang memperindah ruangan.

Anda bisa menggunakan material seperti lukisan, TV dan back drop bermotif menarik pada sudut yang hendak dijadikan focal point. Dengan focal point ini ruangan akan nampak unik dan tidak membosankan.

Memilih perabot asal 

Perabotan yang asal Anda pilih tentunya akan menjadikan ruangan terkesan tidak teratur. Ada baiknya Anda menggunakan perabot yang menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan atau customized. Dengan begitu keterbatasan luasan ruang yang ada tidak lagi menjadi alasan Anda untuk membuatnya menjadi lebih menarik.

Sekali lagi, disarankan untuk memilih perabot yang multifungsi agar didapat tampilan yang menarik. Selain itu, ruangan juga akan lebih ringkas dengan banyak space tersisa.

Jadi pada intinya, mendekorasi rumah mungil terutama bagian interior ruangan harus benar-benar penuh pertimbangan. Tujuannya tidak lain adalah demi mendapatkan hasil dekorasi yang serius dan tidak terkesan main-main.

Baiklah mungin itu dulu ulasan kali ini mengenai 8 hal yang perlu Anda hindari saat mendekorasi rumah mungil agar kesan indah dan luas tetap bisa tercapai. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). editted by RN28022020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.