Ide Mendekorasi Ruang Makan Agar Ramah untuk Tamu dan Keluarga Besar

Ruang makan merupakan salah satu dari sekian banyak ruangan dalam rumah yang fungsinya cukup sakral. Ruangan ini sering menjadi tempat berkumpul di tengah aktivitas harian menyantap hidangan. Sehingga, nuansa yang mestinya disuguhkan dari ruangan ini adalah nyaman, indah, dan penuh keakraban. Oleh karenanya, bagaimanapun caranya harus didesain supaya mendukung kondisi tersebut.

Nah, bagaimana sih ide terbaik dalam mendekorasi ruang makan agar tidak hanya sekedar tempat bersantap biasa saja? Namun juga ruangan yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat ber-quality time yang menyenangkan. Tidak hanya untuk Anda sekeluarga namun juga tamu yang datang ke rumah. Kita akan bedah lebih jauh pada artikel kali ini.

Tips Mendekorasi Ruang Makan Ternyaman

Dengan meng-upgrade ruang makan dan menambahkan beberapa aksesoris, pasti akan membuat pengalaman bersantap Anda lebih menyenangkan. Ruang makan minimalis sendiri sejatinya tidak memerlukan ornamen-ornamen yang banyak dan kompleks. Karena memang konsep terbaiknya adalah yang sederhana.

Mendekorasi ruang makan, dekorasi ruang makan sempit, dekorasi ruang makan minimalis, ruang makan sekaligus ruang keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga

ruang keluarga dan ruang makan dengan furniture lampu gantung yang indah – diminimalis.comHal utama yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana mendekorasi ruang makan yang tidak begitu besar itu supaya tetap nyaman. Mungkin tips berikut ini bisa membantu Anda menemukan alternatif ide terbaik:

1. Memilih warna ruangan yang tepat

Desain ruang makan yang nyaman ditentukan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pemilihan warna dinding dan dominasi interior yang tepat.

Untuk ruang makan minimalis, Anda dapat mengadopsi warna putih atau cream untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Hindari penggunaan warna-warna mencolok seperti biru karena memiliki efek psikologis yang dapat mengurangi nafsu makan. Kemudian untuk dominasi warna interior atau furniturenya pilih yang senada agar enak dilihat.

Menghias ruang makan, mendekorasi ruang makan, desain ruang makan minimalis

meja makan yang dihias sehingga terlihat indah – diminimalis.com 

 

2. Penataan Meja Makan

Meja hidangan adalah komponen yang paling penting dari sebuah ruang makan. Jika Anda menggunakan meja yang tidak cocok, maka ruang makan bisa terasa sangat tidak nyaman. Maka ide mendekorasi ruang makan selanjutnya adalah bicara soal penataan meja makan.

Bila meja Anda berukuran kecil, maka sebaiknya hindari meletakkan ornamen hias di atasnya. Maksimalkan saja hiasan pada dinding ruangan agar tetap terlihat rapi dan enak dipandang.

3. Memilih furniture yang unik

Meskipun warna-warna polos cukup menarik untuk diusung namun terkadang akan membuat ruang makan terlihat begitu membosankan. Agar tidak terlihat monoton, Anda dapat menggunakan kursi panjang dengan desain unik berbentuk gelombang tidak beraturan. Atau bisa juga dengan meletakkan sofa berbentuk huruf L

Mengubah warna cat bisa menjadi sebuah ide terbaik, karena hal ini bisa menjadi ide termurah dan termudah yang bisa Anda coba. Pilih warna yang tepat sesuai selera Anda dan disesuaikan dengan tema ruang makan.

Kombinasi warna putih dan hijau bisa Anda coba, kedua warna ini terbilang cukup ideal untuk sebuah ruang makan. Anda juga dapat mengecat meja tua Anda agar terlihat lebih fresh dan baru. Jika ada hal yang kurang atau noda-noda yang membandel di meja Anda, tambahkan saja taplak meja antik sehingga dapat menyamarkannya. Selanjutnya tinggal maksimalkan permainan warna.

4. Meletakkan beberapa ornamen di dinding

Ide lain untuk mendekorasi ruang makan agar nyaman adalah dengan menambahkan beberapa ornamen hiasan pada dinding. Misalnya dengan meletakkan lukisan dengan objek yang sesuai dengan konsep ruang makan Anda. Seperti, buah-buahan, pemandangan alam pertanian dan lain-lain.

Penambahan ornamen hias pada dinding akan membuat ruang makan minimalis Anda bernuansa lebih hangat dan santai. Prinsip terpenting dalam menghias ruang makan adalah selalu imbangi dan sesuaikan dengan dominasi warna ruangan. Dengan begitu, mood bersantap tidak akan terganggu.

5. Ventilasi udara dan sistem pencahayaan

Pencahayaan dan ventilasi udara jadi salah satu elemen penting yang harus diperhatikan agar bisa disebut ruangan yang sehat. Jika kedua hal ini diabaikan maka sangat mungkin kenyamanan saat beraktivitas di dalamnya akan sangat terganggu.

Pada ruang makan, buatlah pada salah satu sisinya bukaan jendela sebagai media sirkulasi udara. Untuk elemen kaca bebas, jika ingin ada keindahan tamabahn bisa tambahkan gorden yang unik.

Sementara itu, untuk pencahayaan malam, Anda bisa gunakan lampu yang terang. Pilih lampu penerangan berwarna putih agar suasananya tidak redup dan jadi nampak luas. Posisi lampu bisa di tengah-tengah berupa chandelier atau lampu neon biasa yang dipasang menyatu dengan plafon rumah minimalis Anda.

6. Rajin-rajinlah membersihkannya

Terakhir, agar tips desain di atas berjalan maksimal, maka hal ini sangat penting dilakukan. Optimalkan pembersihan sebaik mungkin pada area meja makan agar tetap terjaga kebersihannya.

Selain itu, ruang makan yang selalu bersih juga akan menghindarkan Anda dari penilaian jorok oleh tamu yang datang. Jadi, mulailah pembiasaan dari menyediakan lap meja makan yang siap pakai. Sehingga, sewaktu-waktu meja perlu dilap bisa segera tertangani.

Kenapa Penting Mendekorasi Ruang Makan?

Pertama, ruang makan dipakai setiap hari

Ruang makan jadi tempat yang intensitas penggunaannya cukup tinggi, yakni hampir tiap hari dipakai. Oleh karenanya menjadi penting untuk membuat ruang ini selalu nyaman saat dipakai.

Kedua, ruang makan adalah simbol keramah-tamahan

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa orang tidak akan bertengkar jika dia sedang menikmati makanan. Fungsi ruang makan untuk bersantap bersama inilah yang menunjukkan pentingnya sebuah ruangan yang penuh keakraban. Apalagi jika ada tamu datang, mempersilahkannya makan bersama adalah bentuk keramahan Anda.

Begitulah pentingnya mendekorasi ruang makan agar selalu nyaman saat dipakai. Tidak perlu mewah asal representatif untuk dipakai bersantap bersama orang tercinta rasanya sudah cukup. Ide-ide di atas bisa Anda terapkan dengan mudah untuk mewujudkan itu semua, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN02052020


Comment