Tips Mendekorasi Kitchen Set Minimalis

Memiliki dapur yang nyaman adalah idaman setiap orang, terutama para ibu rumah tangga. Tidak heran jika banyak orang merasa kurang lengkap jika dapur mereka hanya sebatas ada peralatan masak biasa saja. Keinginan untuk memiliki alat dapur dalam wujud kitchen set yang lengkap menjadi masif ada di benak masing-masing orang. Padahal butuh budget banyak jika ingin membuat dari nol atau membelinya. Lagipula, sebenarnya bisa disiasati hanya dengan mendekorasi kitchen set yang sudah ada.

Nah, ide mendekorasi kitchen set inilah yang harus mulai dipikirkan jika ingin semua yang diinginkan berjalan mulus. Anda hanya perlu melakukan perencanaan yang baik mulai dari pemilihan bahan hingga perawatannya. Tentu saja Anda bisa membuatnya sendiri jika memang ahli. Selain itu, demi mengirit biaya pembelian alat dapur, membuat kitchen setnya yang bagus akan jadi solusi tersendiri.

Cara mendekorasi kitchen set, kitchen set sederhana, Cara membuat kitchen set sendiri, Desain Kitchen Set Minimalis, Desain Kitchen Set Minimalis modern, harga Kitchen Set Minimalis

desain kitchen set dengan minibar yang cantik – diminimalis.com

Tips Mendekorasi Kitchen Set untuk Dapur Minimalis

Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang gemar memasak sendiri di rumah, maka ide ini akan sangat mendukung Anda. Mendekorasi kitchen set pada dapur rumah minimalis Anda penting dilakukan supaya aktivitas memasak jadi lebih nyaman. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipahami ketika akan membuat desain kitchen set. Mulai dari pemilihan material, bahan, warna, dan tukang yang akan mengerjakannya.

Di bawah ini ada beberapa uraian tentang tips mendekorasi kitchen set untuk dapur rumah minimalis Anda:

Pesan ke Tukang/Toko Mebel

Ada beberapa pengkondisian tentunya apakah Anda akan membeli kitchen set di toko mebel atau membuatnya sendiri. Jika ingin membeli dalam bentuk jadi, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti: Ukuran, Bentuk dan Fungsi, Material, serta Harga.

Ukuran kitchen set menjadi penting untuk dipertimbangkan lantaran akan dimasukan ke dalam dapur minimalis. Pertimbangkan untuk memilih ukuran yang standar dan mudah dimasukkan ke dalam rumah. Untuk bentuk dan fungsi, usahakan bentuk kithen set tersebut sudah sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Tidak perlu yang terlalu banyak lekukan jika memang tidak bisa dimanfaatkan untuk meletakkan alat atau bahan dapur.

Sementara itu, pilih material terbaik agar awet dan tahan lama. Tentu Anda tidak mau bukan bolak balik mmbeli kitchen set? Memilih material terbaik meski sedikit lebih mahal bisa Anda anggap sebagai bagian dari investasi. Untuk harga sendiri tentu tergantung dari hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya tadi. Jadi, bijaklah dalam memilih kitchen set terbaik versi Anda.

Do it Your Self, Membuat Kitchen Set Sendiri

Selanjutnya, jika Anda merasa mampu merancang dan membuat kitchen set sendiri, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal. Hampir sama dengan tips membeli kitchen set siap pakai, Anda juga mesti memperhatikan hal-hal seperti material dan fungsinya. Untuk lebih lengkapnya simak tips berikut:

Seperti apa Grand Design-nya?

Hal pertama yang harus Anda pikirkan saat akan mendekorasi kitchen set adalah perihal desain. Pemilihan desain perlu diperhatikan karena ini berkaitan dengan keindahan kitchen set di dapur Anda. Pilihlah desain yang unik dan tidak terlalu rumit untuk dibuat. Tentukan dahulu kebutuhan kitchen set tersebut. Apakah hanya akan dipakai meletakkan peralatan dapur dasar atau ada penambahan alat elektronik.

Hal ini penting mengingat ada banyak kitchen set yang didesain sedemikian rupa tanpa memikirkan kebutuhannya. Hanya karena tergiur desain yang menarik tetapi kebutuhan untuk barang-barang malah disepelekan. Pertimbangan ini termasuk memperhitungkan aktivitas apa saja yang akan dilakukan di dapur. Sesuaikan desain kitchen set dengan ruangan sekitarnya.

Perhitungkan luas dapur

Tentu ada plus minus jika ingin membuat dan mendekorasi kitchen set sendiri di rumah. Diantaranya Anda harus mau repot mengukur luasan space yang akan menjadi lokasi penempatan kitchen set.

Dengan memperhatikan dan mengukur luas dapur terlebih dahulu, maka Anda bisa memperkirakan seperti apa desain yang paling tepat. Untuk dapur yang cukup kecil, Anda mestinya memprioritaskan barang-barang yang penting terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa mendesain lemari berukuran kecil atau sedang.

Kemudian untuk desain detainya, bisa Anda buat seefisien mungkin. Misalnya alokasikan rak paling atas untuk menyimpan piring, gelas, pisau dan peralatan utama lainnya. Lalu rak kedua untuk menyimpan panci, penggorengan, dan alat masak lainnya. Sementara di sisi samping, tempat khusus untuk meletakkan kompor, gas, dan pencuci piring. Intinya, pengukuran dan pemetaan lokasi akan memudahkan Anda dalam menyimpan barang-barang dengan rapi.

Pilih material dasar terbaik

Untuk mendekorasi kitchen set dengan kualitas terbaik maka tidak ada alasan untuk tidak memilih material terbaik. Ada banyak contoh material yang sering digunakan sebagai kitchen set dapur. Adapun yang paling disarankan adalah material multiplex, plywood, MDF, particle board dan block board.

Bahan dari multiplex atau plywood lebih disarankan karena lebih tahan terhadap rayap dan juga lebih padat. Hal ini membuatnya lebih tahan lama dan kuat untuk dipasang sekrup. Selain plywood, Anda juga bisa menggunakan material kayu solid seperti jati atau meranti hanya saja biayanya memang cukup mahal.

Desain Kitchen Set Minimalis, Desain Kitchen Set Minimalis modern, harga Kitchen Set Minimalis

desain kitchen set dengan dinding mozaik yang nampak indah – diminimalis.com

 

Apa material finishing yang akan dipakai?

Terakhir, material untuk finishing kitchen set sangat perlu untuk dipertimbangkan. Ini penting untuk melindungi kitchen set dapur Anda dari kerusakan dan agar bisa tahan lama. Anda bisa memilih material finishing dari berbagai macam bahan seperti deco sheet, HPL, melamic, dan duco. Pilih material finishing terbaik agar kitchen set yang Anda buat terlihat indah dan fungsional.

Nah, mendekorasi kitchen set cukup mudah bukan? Baik itu Anda beli jadi atau buat sendiri semoga Anda mendapatkan hasil yang maksimal setelah mempraktekkan tips-tips di atas. Sampai jumpa. (ls) editted by RN13042020


Comment