Ide Mendekorasi Dapur Sempit Agar Terlihat Lebih Luas dan Nyaman Digunakan

Dapur menjadi salah satu ruangan sakral yang mau tidak mau harus didesain senyaman mungkin. Tujuannya tentu agar aktivitas memasak tidak terganggu mengingat hampir setiap hari dilakukan. Soal luas atau tidaknya sebuah dapur sebenarnya bisa diakali dengan beberapa cara. Termasuk menerapkan ide mendekorasi dapur sempit dengan memasang kabin dan rak tempel di dinding.

Mengubah tampiulan dapur juga tidak bisa dikatakan mudah ataupun sulit. Semuanya tetap memerlukan perencanaan baik yang simpel maupun yang perlu pengadaan barang-barang besar. Terkadang kita tidak bisa memilih mana furniture yang hharus masuk dan mana yang tidak, karena sama-sama penting. Namun dengan perencanaan penataan yang tepat, dilematis semcam itu bisa diantisipasi.

Ide Mendekorasi Dapur Sempit dengan Penataan yang Tepat

Apa saja yang Anda butuhkan agar dapur minimalis Anda tidak menghalangi aktivitas memasak dan sebagainya? Beberapa hal yang mesti Anda lakukan adalah mensiasati setiap detail penataan furniture.

Intinya, mendekorasi dapur sempit perlu dilakukan supaya ruang gerak Anda bisa maksimal. Bagi anda yang tinggal di sebuah rumah minimalis, dapur sempit bukan menjadi penghalang untuk mendapatkan kenyamanan saat beraktifitas disana. Yang penting mengupayakan agar setiap desain benar-benar efektif.

Mendekorasi dapur sempit, cara Mendekorasi dapur sempit, dekorasi dapur minimalis dapur sempit yang didekorasi menjadi nampak luas – diminimalis.com

Mendekorasi Dapur Sempit Agar Nyaman Digunakan

Karena segala aktivitas masak-memasak dilakukan di dapur, maka kenyamanannya harus diprioritaskan. Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan ketika kita hendak mendekorasi dapur sempit, beberapa caranya adalah sebagai berikut:

Mendekorasi dapur sempit, cara Mendekorasi dapur sempit, dekorasi dapur minimalis
tatalah peralatan dapur dengan efisien – diminimalis.com

Penempatan Furniture Yang tepat

Pastikan anda menempatkan beberapa perabotan dapur dengan tepat, dari mulai kitchen set, dan juga alat-alat dapur lainnya. Tak hanya itu saja, barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi jangan disimpan di dapur. Ini penting agar tidak membuat ruangan semakin sempit padahal ukurannya saja sudah minimalis.

Pastikan juga dalam memilih perabotan disesuaikan ukurannya dengan ukuran dapur, jangan sampai dengan keberadaan barang-barang tersebut membuat ruangan menjadi semakin sempit. Karena kita tahu bahwa kerapian merupakan faktor utama dalam membentuk sebuah ruangan kecil akan efisien atau tidak.

Memilih Kitchen Set yang Sesuai Dengan Ukuran Ruangan

Banyak sekali model dan juga ukuran kitchen set yang sesuai dengan dapur minimalis. Dalam pemilihan kitchen set, utamakan kualitas, kebersihan dan kerapian, karena hal ini penting untuk menjaga mood memasak kesehatan dapur minimalis Anda.

Selain itu, perhatikan juga pemasangannya agar jangan samp[ai berantakan. Atur serapi dan seringkas mungkin. Jangan biarkan ada yang mengganggu space untuk berdiri dan beraktivitas memasak.

Pemilihan Warna Dinding

Salah satu faktor pendukung apakah ruangan tersebut nyaman atau tidak adalah pewarnaan ruangan. Maka dari itu, harus sangat-sangat diperhatikan pemilihan cat dinding dari dapur. Dengan banyaknya tumpukan piring serta alat-alat dapur lainnya yang dapat menjadikan suasana semakin sempit, warna dapur berpengaruh pada mood.

Mungkin secara fisik, dapur Anda tidak begitu sempit, namun karena pengaturannya yang salah maka jadi terlihat dan terasa ruang geraknya terbatas. Nah, pemilihan warna dinding ini jadi salah satu yang turut penting untuk diperhatikan. Pemilihan warna yang cocok untuk dapur kecil adalah yang berwarna terang, diantaranya: kuning, hijau, ungu, putih, dan warna cerah lainnya.

Warna Lantai

Tak hanya cat dinding saja, namun pemilihan warna lantai juga harus yang tepat. Untuk dapur yang berukuran kecil, maka lebih baik menggunakan corak warna kayu atau warna netral.

Kenapa warna lantai menjadi penting untuk diperhatikan, tidak lain adalah karena kesan mata yang melihat ke bawah akan terdistraksi. Mengusahakan lantai dengan warna yang alami namun tidak gelap bisa jadi solusi terbaik.

Baca juga: Menghias Ruang Makan untuk Kenyamanan saat Bersantap Bersama Keluarga

Pencahayaan

Satu hal lagi yang tidak boleh luput, yakni faktor pencahayaan. Ini juga perlu diperhatikan dalam sebuah dapur, entah itu cahaya alami lewat ataupun cahaya lampu. Dengan perpaduan warna dinding yang cerah dan pencahayaan yang terang maka ruangan yang sempit tersebut akan jauh terkesan lebih luas.

Untuk mengantisipasi setiap bagaimana agar pencahayaan tetap bagus, lakukan pengubahan pada jendela. Sementara untuk malam hari, peletakkan lampu ruangan juga penting. Pilih lamnpu dengan daya dan kecerahan terbaik untuk mendapatkan suasana memasak yang menyenangkan.

Mungkin demikian ulasan kami tentang cara mendekorasi dapur sempit agar nampak luas. Semoga bermanfaat.(ls) editted by RN21032020

Menghias ruang makan untuk kenyamanan saat bersantap bersama keluarga


Comment