by

JADIKAN KELUARGAMU MENCINTAI AL QURAN AGAR HIDUP SEMAKIN BAHAGIA

Keluarga muslim hendaknya tidak menjadikan rumahnya seperti kuburan. Bagaimana rumah yang seperti kuburan? Adalah rumah yang di dalamnya tidak untuk mengerjakan shalat dan jarang dibacakan Al-Qur’an. Mencintai al quran  merupakan salah satu amal utama dalam kehidupan seorang muslim.

Membiasakan diri membaca Al-Qur’an akan menjadikan rumah kita semakin hidup dan tidak seperti tempat yang mati.

JADIKAN KELUARGAMU MENCINTAI AL QUR'AN #rumahku surgaku - diminimalis.com
JADIKAN KELUARGAMU MENCINTAI ALQURAN #rumahku surgaku – diminimalis.com

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Perumpamaan rumah yang di dalamnya disebut-sebut nama Allah dengan rumah yang di dalamnya tidak disebut-sebut nama Allah laksana orang hidup dan orang mati.”
(HR. Muslim).

Mencintai Al quran Sebagai Bukti Cinta Allah dan Rasul-Nya

Alangkah indahnya bila anggota keluarga terbiasa membaca Al-Qur’an. Mereka membiasakan diri berinteraksi dengan Al-Qur’an, sehingga mereka mencintai Al-Qur’an. Dan jika mereka mencintai Al-Qur’an, maka sesungguhnya mereka juga mencintai Allah dan Rasul-Nya.

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, “Siapa yang ingin mengetahui bahwa dia mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah jika dia mencintai Al-Qur’an, maka sesungguhnya dia mencintai Allah dan Rasul-Nya.” (Atsar shahih dalam Syu’ab Al-Iman).

Bukti terbesar mencintai Al-Qur’an adalah dengan membacanya secara benar, memahaminya, merenungkan dan memikirkan maknanya, serta mengamalkannya. Apabila keluarga muslim berusaha untuk mencintai Al-Qur’an dengan melaksanakan beberapa perkara tersebut, niscaya keluarga itu akan mencintai Allah, karena Al-Qur’an memberikan petunjuk tentang Allah. Dan semestinya, ia juga mencintai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, karena beliaulah yang menyampaikan Al-Qur’an.

Mereka menjadikan Al-Qur’an sebagai yang paling berharga, sehingga tidak mau lepas darinya. Hal semacam ini telah dicontohkan oleh para sahabat. Hasan Al-Basri berkata, “Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian menganggap Al-Qur’an adalah surat-surat dari Rabb mereka. Pada malam hari, mereka selalu merenunginya, dan akan berusaha mencarinya pada siang hari.”

Baca: Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan Di Rumah Minimalis

Ibadah yang Paling Dicintai Allah

Membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang dicintai oleh Allah. Apalagi jika ada proses belajar dan mengajarkan Al-Qur’an, seperti orang tua mengajarkan anaknya membaca Al-Qur’an, maka akan menjadi sebaik-baik keluarga di sisi Allah.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”
(HR. Bukhari)

mempelajari alquran dan mengajarkannya #rumahku surgaku - diminimalis.com
mempelajari alquran dan mengajarkannya #rumahku surgaku – diminimalis.com

Al-Qur’an adalah firman Allah, sehingga Allah menjadikan membaca Al-Qur’an sebagai amal yang dicintai-Nya. Khabbab bin Al-Arat radhiyallahu ‘anhu berkata, “Beribadahlah kepada Allah semampumu dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak akan pernah beribadah kepada Allah dengan sesuatu yang lebih dicintai-Nya dibandingkan (membaca) firman-Nya.”

Jika mencintai Al-Qur’an bisa menjadikan keluarga kita mencintai Allah dan Rasul-Nya, dan jika membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang dicintai Allah, akankah kita mengabaikannya? Marilah, mulai saat ini kita berusaha mencintai Al Quran dan senantiasa berinteraksi dengannya, yaitu dengan membacanya, mempelajarinya dan mengamalkannya. (aa)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.