Berada di lingkungan yang rawan maling akan membuat Anda harus kreatif mencari cara untuk mencegah maling masuk rumah. Memang hal ini bukan pekerjaan mudah mengingat saat ini maling sendiri makin lama makin pintar. Jika Anda mau, Anda bisa memanfaatkan aneka peralatan khusus untuk menjebak si maling.

Peralatan utama yang dapat digunakan untuk mencegah maling masuk rumah adalah dengan memasang kamera keamanan atau CCTV. Pasanglah CCTV dengan benar dan letakkan di tempat yang tersembunyi sehingga akan dapat merekam tiap gerak gerik mencurigakan dari sesorang terutama yang hendak berbuat jahat.

Ide menjebak maling satu ini terbilang ampuh untuk menakut-nakuti sekaligu mendeteksi sosok maling yang datang ke rumah. Yang mana ini berguna untuk memudahkan proses penyelidikan oleh pihak berwajib nantinya.

 Mencegah Rumah Kemalingan ide menjebak maling ide mnejebak pencuri, mencegah pencuri masuk rumah, doa agar rumah tidak kemalingan
Agar rumah Anda terhindar dari maling, diperlukan trik untuk mencegah maling masuk rumah – Diminimalis.com

Menjebak maling tak hanya dapat dilakukan oleh pemilik rumah, tapi juga oleh petugas keamanan setempat seperti siskamling. Apalagi di kawasan yang sudah sering terjadi kasus pencurian, menjebak maling biasanya akan dengan sengaja dilakukan guna menangkap pencuri yang seringkali meresahkan. Petugas keamanan dapat berpencar untuk menjebak serta menangkap maling tersebut.

Selain aneka ide untuk menjebak maling, Anda juga perlu beberapa cara dalam untuk melindungi rumah Anda agar tidak kemalingan. Biasanya, rumah yang jadi target maling adalah rumah yang sering ditinggal penghuninya apalagi jika secara fisik terlihat mewah. Nah, berikut ini adalah beberapa upaya pencegahan agar rumah Anda aman dari bahaya kemalingan.

Tips Mencegah Maling Masuk Rumah yang Efektif

Untuk mencegah maling masuk rumah sebenarnya bisa dilakukan dengan upaya-upaya sederhana, diantaranya:

1. Disiplin Mengunci Pintu Rumah Saat Keluar

ciri rumah yang diincar pencuri, tanda rumah yang mau di maling, cara mencegah maling masuk rumah
Demi menjaga keamanan, Anda perlu memahami ciri rumah yang diincar pencuri _ diminimalis.com

Cara terbaik mencegah maling masuk rumah adalah dengan mengunci pintu saat ditinggal pergi. Biasakan mengunci pintu saat Anda keluar rumah atau saat berada di sisi manapun yang jauh dari pintu masuk.

Akan lebih baik apabila kita menggunakan kunci five point lock dengan prinsip satu kunci akan mengunci beberapa bagian rumah secara otomatis. Penggunaan kunci ini juga bisa jadi cara menjebak maling di rumah.

Jangan tinggalkan kunci pintu rumah di tempat-tempat yangmudah ditebak atau biasa digunakan sebagai tempat menanggalkan kunci. Misalnya adalah di bawah keset depan atau di pot bunga. Maling akan langsung mencarinya di sana dan apabila memang benar ada, mereka akan bisa membuka pintu lalu masuk dengan mudah.

2. Perketat Sistem Keamanan

Sekedar mengunci pintu saja biasanya masih bisa diatasi maling dengan membobolnya. Kalau sudah begini, Anda harus memperketat keamanan rumah. Bila perlu pasang alarm yang bisa dimanfaatkan untuk menambah keamanan berlapis.

tips rumah aman, tips rumah aman dari pencuri, tips aman saat mudik
pencuri akan menghindari rumah yang dipasangi CCTV – diminimalis.com

Selain alarm, pasanglah teralisi jendela yang kuat. Ini karena kaca jendela yang dapat dipecahkan dengan mudah, akan dimanfaatkan maling untuk masuk dalam rumah. Tambahan keamanan bisa didapatkan dari pagar yang dapat digembok serta bersuara di malam hari, sehingga akan berbunyi saat ada orang tak dikenal yang berniat memasuki rumah.

CCTV terbukti sebagai tambahan keamanan yang efektif di rumah. Jika tidak memiliki cukup dana untuk membeli kamera CCTV asli, pasanglah yang palsu dan tempatkan di lokasi yang dapat ditemukan dengan mudah. Maling akan melihatnya dan mengira kamera tersebut asli.

Baca juga: Beginilah Tahapan Cara Memasang CCTV yang Benar 

3. Mintalah Bantuan Orang Lain untuk Bantu Mengawasi Rumah

Jika kita hendak mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, mintalah bantuan tetangga atau saudara yang rumahnya berdekatan untuk mengawasi. Anda juga bisa meminta bantuan mereka untuk menyalakan serta mematikan lampu supaya rumah tak terlalu terkesan kosong. Selain meminta bantuan tetangga, mintalah bantuan juga pada satpam komplek agar rajin mengecek kondisi rumah saat ditinggal.

Meminta bantuan pada orang lain ini terbilang efektif sebagai cara mencegah maling masuk rumah. Saat Anda pulang kembali dari bepergian, Anda dapat membawakan oleh-oleh sebagai ucapan terimakasih pada mereka. Cara ini bisa menambah keamanan rumah, namun juga mempererat tali persaudaraan.

4. Gunakan Lampu Teknologi Khusus

Anda dapat memasang lampu khusus di rumah yang bisa dimonitor dari jarak jauh. Termasuk di antaranya adalah dimatikan serta dinyalakan bahkan saat penghuninya sedang tidak berada di rumah. Selain itu, ada lagi jenis lampu yang bisa mendeteksi adanya cahaya matahari, sehingga lampu akan menyala otomatis saat gelap.

Adanya sistem keamanan ini akan menjadi salah satu pengaman agar rumah aman dari maling. Sebab akan membuat rumah seolah-olah ada penghuninya.

5. Amankan Aset

Tips terakhir mencegah maling masuk rumah adalah dengan disiplin mengamankan aset di rumah yang anda miliki. Saat meninggalkan rumah untuk bepergian jauh/lama, amankan barang-barang berharga seperti perhiasan maupun uang cash di bank atau pegadaian. Cara lainnya adalah dengan menggunakan safe deposit. Aset yang sudah diamankan takkan bisa diambil maling dan Anda bisa melakukan perjalanan mudik dengan tenang.

Hentikan sementara langganan kiriman apapun selama Anda pergi. Tumpukan barang langganan di depan pintu/teras adalah tanda bahwa rumah sedang ditinggal pergi pemiliknya. Selain itu, biasakan letakkan sandal milik anggota keluarga di depan rumah agar terkesan ada penghuni di dalamnya.

Mengingat sekarang maling rumah sudah semakin canggih dan melek teknologi, hindari memberitahu semua orang terutama melalui media sosial bahwa Anda akan bepergian dalam waktu lama dan rumah ditinggal kosong. Hal ini akan menarik maling untuk datang selama rumah ditinggal.

Demikian adalah aneka cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah maling masuk rumah. Memang harus pandai memutar otak secara lebih jeli karena maling sekarang juga sudah makin pintar dalam menggunakan teknologi. Siapapun harus lebih pintar lagi dalam menggunakan aneka cara untuk mengamankan rumah, baik saat berada dalam rumah ataupun sedang bepergian. Semoga ide di atas bermanfaat untuk Anda. (an) editted by RN01072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *