Memiliki taman bunga di rumah adalah hal yang menyenangkan. Anda bisa menata taman bunga minimalis yang cantik sesuai dengan keinginan. Juga bisa Anda jadikan sebagai sarana untuk melepas lelah sekaligus sebagai sarana relaksasi.

Waktu kerja yang panjang dan monoton tentunya akan menjadikan rasa bosan dan stress hinggap dalam diri Anda. Dengan hadirnya taman akan menghadirkan suasana berbeda.

Namun tahukah Anda, menata taman juga bisa membuat stress dan rasa bosan Anda justru bertambah parah? Hal ini biasanya terjadi pada penataan yang asal-asalan tanpa melakukan perencanaan yang baik terlebih dahulu.

Jadi, jika Anda menghendaki kebaikan dari kegiatan menata taman bunga, rencanakanlah dengan baik.

Kesalahan saat menata taman bunga minimalis

menata taman bunga minimalis
kesalahan menata taman bunga minimalis – diminimalis.com

Bagi Anda yang baru belajar menata taman bunga minimalis depan rumah, kesalahan menjadi sesuatu yang wajar. Tapi, jika kesalahan tersebut dibiarkan berlarut-larut tanpa dicarikan solusinya tentunya akan berakibat buruk pada rumah sekaligus penghuni di dalamnya.

Ada 3 hal yang perlu Anda hindari saat menata susunan bunga taman bunga minimalis, agar dapat dirasakan manfaatnya.

Terlalu banyak

Anda tentunya mengetahui bahwasannya sesuatu itu apabila berlebihan tentunya berakibat kurang baik. Sama halnya dengan penggunaan bunga dalam taman minimalis. Bunga yang terlalu banyak macamnya di dalam taman minimalis akan mengesankan taman yang tidak teratur dan kurang enak dilihat dikarenakan sempitnya lahan yang digunakan.

Anda cukup memilih tidak lebih dari 4 jenis tanaman yang hendak ditanam di dalam taman minimalis. Dari keempat jenis tanaman tersebut, Anda bis memilih satu tanaman yang paling Anda sukai untuk digunakan sebagai facal point taman bunga minimalis.

Monoton atau terlalu ramai

Pada taman minimalis sebaiknya Anda hindari untuk menata taman bunga dengan pengelompokan sesuai dengan warna bunga atau daunnya. Pengelompokan ini aka mengesankan monoton dan membosankan pada taman. Bagi Anda yang menghindari kesan monoton pada taman juga sebaiknya hindari terlalu banyaknya warna bunga yang dipakai pada taman.

Anda bisa menggunakan dua atau tiga jenis warna bunga saja dalam menata taman, agar tercipta kesan yang indah namun tetap tidak terlihat monoton.

Memenuhi semua ruangan

Taman bunga minimalis
Tips sukses menata taman bunga minimalis agar indah dipandang- diminimalis.com

Rumah Anda bukan toko penjual bunga bukan? Jadi, jangan memenuhi ruangan yang ada dengan terlalu banyak jenis bunga dan tanaman. Elemen keras taman atau hardscape bisa Anda tambahkan sebagai elemen dekoratif yang dapat memperindah tampilan taman. Ornamen seperti ukiran dan patung bisa Anda pilih.

Tips Sukses Menciptakan Taman Bunga Minimalis di Rumah

Meski banyak yang harus dilakukan untuk mendapatkan sebuah taman minimalis yang indah, nyatanya semua bisa Anda lakukan sendiri kok. Anda bisa terapkan beberapa tips berikut ini untuk membuat taman bunga minimalis sendiri.

1. Tentukan tema terbaik

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mulai membuat taman bunga minimalis adalah menentukan tema terbaik yang Anda pilih. Jika bingung, Anda bisa mencari referensi di internet agar setidaknya keputusan yang diambil penuh pertimbangan berbagai hal.

2. Atur tata letak yang bagus

Setelah menentukan tema, selanjutnya Anda bisa mulai mengusung konsep lay outnya. Anda bisa mulai dari melakukan pengamatan terhadap kondisi sekitar rumah, bagian mana yang akan dijadikan taman bunga.

Jika sulit membayangkan, gunakan saja selembar kertas untuk menggambar denah rumah dan sekelilingnya, beri tanda atau gambar sekaligus konsep taman bunga nya. Pastikan lokasi yang akan dijadikan taman bung cukup terbuka sehingga matahari akan mudah menerangi.

3. Tentukan metode tanamnya

Ada dua cara menata taman bunga minimalis yang indah. Yaitu dengan apakah akan menanam bibit sendiri atau membeli langsung setengah dewasa lalu memeliharanya hingga tumbuh besar dan berbunga lebat.

4. Mulailah membuat taman bunga

Jangan pernah terpikir untuk takut kotor-kotoran jika mau membuat taman bunga sendiri. Sebab Anda akan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan tanah, pupuk, dan benda-benda pertanian. Jadi bersiaplah untuk kotor-kotoran ya.

Setelah semuanya beres dan siap, tinggal lakukan perawatan rutin dan tunggu hingga bunga bermekaran. Impian Anda untuk punya taman bunga sendiri akan terwujud.

Taman bunga minimalis cantik tidak selalu identik dengan luasan area yang digunakan. Dengan cara menata taman bunga minimalis sesuai keinginan, area yang terbatas cukup memberikan Anda kenikmatan memiliki taman bunga sendiri. Salam diminimalis (am). editted by RN20052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *