Tips Menata Ruang TV Agar Nyaman dan Elegan

Ruang tv merupakan salah satu ruangan yang cukup populer dijumpai di rumah minimalis modern. Ruangan yang satu ini jadi tempat bersantai seluruh anggota keluarga. Biasanya, ruang tv juga menyatu dengan ruang keluarga. Meski tidak bisa dipungkiri bahwa ada yang mengalokasikasikan space khusus untuk ruang TV saja.

Keberadaan ruang TV dituntut untuk mampu menghadirkan suasana yang nyaman sekaligus representatif untuk kegiatan santai keluarga. Oleh karena itulah, menata ruang TV dengan desain terbaik sangat disarankan para desainer interior. Menata disini tidak hanya sekedar menggeser furniture dan mengatur tata letaknya saja. Akan tetapi menyangkut juga soal perencanaan pembelian furniture hingga penambahan aksesoris interior nya.

Menata Ruang TV dengan Menyeleksi Furniture yang Tepat

Hal paling penting dari sebuah ruangan agar berfungsi dengan baik adalah adanya furniture. Keberadaan elemen ruangan ini diharapkan mampu menunjang segala aktivitas yang akan dilakukan. Nah, apa saja furniture yang idealnya harus ada di ruang TV selain Televisi itu sendiri?

Furniture utama

Ruang TV sederhana biasanya hanya perlu menambahkan tiga elemen ini. Sofa menjadi salah satu yang hampir tidak boleh tidak ada jika ingin nyaman beraktivitas di ruangan ini. Meja kecil juga demikian, bisa berfungsi untuk meletakkan cemilan dan makanan ringan. Sementara karpet bisa untuk alas meja kecil sekaligus jika ingin lesehan juga bisa dimanfaatkan.

Furniture tambahan

Ruang Tv tentu akan serasa hampa jika hanya menambahkan tiga elemen tersebut. Artinya Anda butuh tambahan dekorasi agar ruang TV Anda lebih hidup. Anda bisa menambahkan rak buku yang menempel di dinding. Atau kabinet yang terpisah dengan TV jika memakai televisi dinding. Elemen tambahan lainnya bisa berupa tanaman hias yang diletakkan di sudut ruangan.

Menata Ruang TV, Menata Ruang TV yang sempit, ruang tv minimalis modern, ruang keluarga lesehan, ruang keluarga lesehan minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa
ruang keluarga lesehan dengan TV yang nyaman dan elegan – diminimalis.comrga

Tips Menata Ruang TV pada Rumah Minimalis

Pada beberapa kasus, ruang TV bisa saja jadi satu dengan ruang keluarga ataupun ruang tamu, tergantung dari keinginan. Hal ini berdampak pada penatannya yang memerlukan ide tersendiri. Nah, sebelum Anda mencari referensi desain ruang TV yang bagus di internet, mungkin tips berikut ini bisa membantu:

1. Rencanakan konsep terbaiknya

Sebelum sampai pada desain seperti apa yang cocok untuk ruang TV Anda, terlebih dahulu tentukan konsepnya. Apakah Anda akan mengusung konsep ruang TV dengan sofa dan meja atau lesehan atau malah keduanya dipadukan. Jika ini sudah ditentukan maka bisa lanjut bicara tentang penambahan furniture dan lainnya.

2. Cat dinding ruang TV, pilih warna cerah dan lembut

Jangan salah bahwa dinding ruangan juga turut mempengaruhi suasana di dalamnya. Jadi, jangan lupa perhatikan pemilihan warna cata saat menata ruang TV di rumah. Pilih warna cat yang muda dan lembut untuk dinding ruangan. Warna ini akan membuat ruang TV tampak luas.

Jika sofa yang dipilih tidak bermotif alias polos, Anda bisa menambahkan wallsticker pada dinding untuk menambah kesan colorful. Namun jika sofa dan bantal duduk sudah cukup ramai dengan motif, maka sebaiknya hindari penggunaan wallsticker. Hal ini justru akan membuat ruangan terkesan sesak.

3. Atur pemilihan jenis TV, furniture, dan tata ruangnya  

Kunci dari menata ruang minimalis dalam hal ini ruang tv adalah memperhatikan pemilihan furniture yang digunakan. Pilih cabinet TV sederhana yang tidak perlu terlalu besar namun memiliki cukup banyak laci di bagian bawah. Tujuannya adalah agar Anda bisa menyimpan koleksi DVD dan majalah dengan rapi.

Bila perlu pilih saja tv LED yang bisa dipasang di dinding sehingga tidak membutuhkan cabinet yang besar. Jika memang tidak terlalu suka dengan TV LED Anda tetap disarankan memilih cabinet yang minimalis saja. Untuk sofa dan meja camilan misalnya, lebih baik pilih yang berukuran mungil juga agar tidak menyesaki ruangan.

Kemudian untuk penataannya lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan saja. Meja berada di tengah dan sofa dibuat membentuk huruf U jika lebih dari satu buah. Jika tidak, tinggal buat searah menghadap layar TV.

4. Pastikan pencahayaan dan sirkulasi udara memadai      

Selanjutnya, yang juga tidak boleh dilewatkan dari menata ruang TV adalah pencahayaan yang memadai dan sirkulasi udara yang lancar. Perhatikan lampu yang dipasang saat tengah menata ruang TV, pilih yang bercahaya terang. Bisa jenis LED atau halogen, untuk warnanya akan lebih baik pilih yang putih.

Kemudian, jangn lupakan adanya jendela dan ventilasi udara. Jika elemen ini tidak diperhatikan dengan benar maka akan sangat mengganggu aktivitas bersantai Anda dan keluarga. Pastikan ventilasi cukup, tambahkan tirai pada setiap bukaan jendela. Dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, bersantai di ruang TV akan semakin terasa nyaman.

ruang tamu dengan tv, ruang tamu menyatu dengan ruang dengan tv, ruang tv minimalis sederhana

ruang tamu dengan tv dengan dekorasi yang rapi dan elegan – diminimalis.com

 

5. Beri sekat/partisi jika ruang tv menyatu dengan ruangan lain

Seringkali ruang TV terpaksa menyatu dengan ruang tamu karena mungkin keterbatasan space, jadi seperti ruang tamu dengan TV jadi satu. Untuk mengakalinya agar privasi dan kenyamanan tetap terjaga, Anda bisa menggunakan sekat ruangan. Partisi ruangan portable bisa jadi alternatif terbaik membuat ruangan tetap nyaman. Pilih partisi portable dari kayu ataupun bambu.

Dengan adanya partisi, kegiatan bersantai menonton TV tidak akan terganggu dan tamu yang berkunjung juga nyaman. Ruang Tv akan berfungsi sempurna jika desain yang diusung mampu memberikan kenyamanan.

Bayangkan setelah Anda pulang dari pekerjaan atau aktivitas di luar lalu masuk ke ruang TV dan bersantai di dalamnya.

Ide menata ruang TV bisa datang dari mana saja. Mungkin Anda berkunjung ke rumah teman atau rekan bisnis bisa juga ditiru. Hal terpenting dari mendesain sebuah ruangan adalah utamakan kenyamanan sebelum kemewahan. So, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RN17042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.