Cara Tepat Menata Ruang Tamu yang Memanjang ala Diminimalis

Ruang tamu memang menjadi salah satu ruangan yang banyak menyita perhatian. Tentu saja karena fungsinya yang cukup vital; menyambut tamu. Ukuran ruang tamu bisa jadi berbeda dari yang lumrah dijumpai, misalnya bentuk memanjang. Untuk menata ruang tamu yang memanjang sendiri butuh perencanaan khusus. Bukan apa-apa, salah satu alasannya adalah karena kaitannya dengan furniture yang akan dipajang.

Bentuk memanjang bukan berarti sulit memilih furniture besar, juga tidak mudah. Meski begitu, ini bisa menjadi kesempatan langka untuk Anda menrencanakan tata ruang yang unik. Yaitu dengan memasukkan beberapa furniture multifungsi dan aksesoris tambahan lainnya. Di artikel ini akan kita bahas soal bagaimana menata ruang tamu yang memanjang.

Ide Unik Menata Ruang Tamu yang Memanjang di Rumah Minimalis

Sebuah hunian bisa memiliki bentuk ruangan yang beragam termasuk pada bagian ruang tamunya. Umumnya, sebuah hunian akan memiliki ruang tamu yang cukup berimbang pada bagian lebar dan panjangnya. Bahkan ada yang sengaja membuat ruang tamu pintu tengah karena bentuk ruangannya persegi.

Meski sebagian besar berukuran persegi, namun tidak sedikit juga yang bentuknya memanjang. Untuk itulah, artikel kali ini akan membahas seputar cara menata ruang tamu yang memanjang di rumah minimalis. Tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan detail karena merancang konsep ruang tamu memanjang berbeda dari yang biasa.

Untuk Anda yang memiliki ruang tamu memanjang, tidak perlu bingung untuk menatanya. Asalkan Anda tahu strateginya maka, maka ruang tamu Anda akan terlihat menarik dan nyaman. Saat ini pun telah banyak dibagikan di internet tentang berbagai tips menata ruangan dalam rumah yang bentuknya memanjang.

Agar Anda bisa lebih paham tentang seperti apa cara terbaik untuk membuat ruang tamu yang memanjang bisa tetap terlihat menarik, maka silahkan simak ulasan berikut.

Menata Ruang Tamu yang Memanjang, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang luas, cara menata ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, desain interior untuk ruangan memanjang, cara menata ruang tamu dan dapur, menata ruang tamu tanpa kursi
Ruang tamu yang memanjang perlu ditata dengan tepat, agar nyaman dan tetap terlihat indah – Diminimalis.com

Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang Tanpa Partisi

Salah satu tata desain interior ruang tamu memanjang yang bisa Anda pilih tentu saja yang tanpa partisi. Artinya, jika Anda memiliki ruang tamu yang ukuran panjang dan lebarnya bukan persegi, maka Anda bisa tetap menambahkan partisi untuk membagi bagian kecil ruangan.

Ini menunjukkan bahwa menata ruang tamu yang memanjang tetap bisa dicari strategi khususnya. Yakni dengan memanfaatkan setiap inch ukuran untuk meletakkan furniture agar tetap terlihat menarik dan nyaman untuk disinggahi. Beberapa hal penting yang terkait dengan hal ini antara lain sebagai berikut:

desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3-diminimalis.com.png2.png
Pilihlah sofa yang tepat untuk ruang tamu Anda yang memanjang -diminimalis.com

• Pemilihan sofa yang tepat

Saat ini dijual berbagai macam sofa ruang tamu untuk berbagai macam konsep dan jenis hunian. Jika Anda memiliki ruang tamu yang memanjang dan lebarnya terasa sempit, maka pilihlah sofa ruang tamu yang juga memanjang.

Sofa yang bentuknya terlalu lebar terutama pada bagian tempat duduknya akan semakin menambah ruangan semakin sempit. Maka dari itu, pilihlah sofa yang lebih mengutamakan kapasitas tempat duduk yang banyak dari sisi panjangnya sofa.

Selain itu, hindari pemilihan sofa berbentuk L. Jika memang Anda ingin membelinya, maka pastikan bagian siku sofa tidak membuat lebar ruang tamu menjadi terasa sangat sempit. Sebaiknya, pilihlah sofa yang tidak berbentuk huruf L atau dengan kata lain sofa yang memanjang.

Pada bagian lain atau bagian sebrang dari sofa, bisa Anda sematkan kursi kecil atau sofa tambahan agar bisa berhadap-hadapan. Cara penataan seperti ini sangatlah mendasar agar tercipta ruangan yang menarik pada ruang tamu memanjang.

desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4-diminimalis.com
Tempatkan juga meja yang sesuai dengan desain ruang tamu minimalis Anda – Diminimalis.com

• Pilih meja ruang tamu minimalis

Bagian bagian tengah, umumnya akan disematkan sebuah meja ruang tamu. Namun, khusus untuk ruang tamu yang memanjang maka disarankan untuk membeli meja ruang tamu minimalis. Pastikan meja ruang tamu tidak memakan banyak ruangan terutama pada bagian lebar ruangan agar tidak membuat ruang tamu terasa sesak.

Sebaiknya, Anda juga seimbangkan antara panjang dari sofa yang Anda miliki dengan mejanya. Tentu saja hal ini sangatlah penting terutama ketika sedang menjamu tamu. Selain itu, ukuran panjang meja ruang tamu minimalis yang tepat juga berkaitan dengan kepantasan tampilan ruang tamu Anda.

• Memperhatikan sofa tambahan

Ruang tamu memanjang dan sofa yang panjang umumnya memang membutuhkan sofa tambahan. Sofa jenis ini umumnya berukuran lebih kecil, fleksibel untuk dipindahkan, dan juga sifatnya hanya sebagai pendukung jika dibutuhkan.

Maka dari itu, perlu sekali memilih sofa tambahan yang tepat agar tercipta ruang tamu yang menarik. Anda bisa memperhatikan warna, model, dan juga bahan sofa agar bisa menyatu dengan sofa utama di ruang tamu Anda.

• Membuat ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga

Ruang tamu yang memanjang bisa juga dikonsep untuk menyatu dengan ruang keluarga. Ya, Anda bisa membuat ruang tamu sekaligus bisa menjadi ruang keluarga dengan sangat mudah. Contoh cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga misalnya dengan menyematkan tv sebagai media hiburan.

Atau, bisa juga Anda buat sebuah konsep ruang tamu yang menyambung namun tetap terpisah dengan ruang keluarga yaitu dengan memberi batas berupa karpet lesehan untuk ruang berkumpul keluarga.

Desain Ruang Tamu Memanjang dengan Partisi

Pilihan kedua, Anda bisa membuat ruang tamu memanjang lebih bisa berukuran normal dengan menggunakan partisi. Ya, saat ini telah tersedia banyak sekali partisi rumah termasuk partisi untuk ruang tamu yang akan membuat ukuran ruang tamu Anda menjadi kotak atau memiliki ukuran panjang dan lebar yang cukup berimbang.

Keunggulan dari penggunaan partisi adalah Anda bisa membuat ruang tamu terlihat normal dan mudah untuk mencari furniture ruang tamunya. Namun, umumnya jika menggunakan partisi maka Anda akan memiliki ruang tamu yang terlihat sempit.

Jika Anda ingin menggunakan partisi ruang tamu, pilihlah yang terlihat elegan dan bisa menjadi pembatas ruangan yang menarik. Selain partisi khusus, bisa juga Anda membeli rak yang berukuran tinggi yang akan menjadi tempat berbagai macam pernak-pernik hiasan ruang tamu yang menarik.

Itulah tadi ulasan yang bisa diberikan terkait bagaimana cara menata ruang tamu yang memanjang. Jika Anda ingin menciptakan konsep ruang tamu memanjang yang menarik, tidak ada salahnya untuk mencari contoh gambar cara menata ruang tamu yang memanjang.

Jadikan berbagai macam foto contoh foto desain interior untuk ruangan memanjang sebagai inspirasi. Tentu, sesuaikan anggaran yang Anda miliki agar bisa tercipta ruang tamu memanjang yang nyaman, menarik dan bisa membuat Anda puas. Pastikan juga Anda untuk memahami beberapa tips menata ruang tamu sederhana agar terlihat menawan dengan cara yang simpel(an) editted by RN07112020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.