Tips Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3 Agar Terlihat Cantik dan Luas

Pada beberapa artikel sebelumnya, kami sudah membahas tentang tips desain ruang tamu minimalis dengan berbagai ukuran. Nah, kali ini kita akan lanjutkan pembahasan ruang tamu ukuran 3×3. Yaitu, berfokus pada bagaimana menata ruang tamu ukuran 3×3 agar meskipun sebenarnya terbilang sempit, namun tetap nyaman dipakai untuk menerima tamu.

Sebetulnya, prinsip dasar dari menata ruangan yang sempit adalah saja. Yaitu, ada pada strategi penataan dan pemilihan tema ruangan yang terbaik. Kemudian interior juga harus dipikirkan perilah perabot. Pemilihan dan penataannya penuh pertimbangan.

Tujuannya ialah agar ukuran yang ada tersebut tidak menghalangi kenyamanan penggunaan ruangan. Artikel kali ini akan lebih berfokus pada penataan interior seperi apa yang cocok untuk ruangan dalam hal ini ruang tamu 3×3 meter. Silahkan baca sampai selesai artikel dengan judul tips menata ruang tamu ukuran 3×3 ini.

Kenapa Ruang Tamu Perlu Ditata Rapi?

Sebuah ruangan yang cantik dan menarik tidak dilihat hanya dari ukurannya saja yang besar atau kelengkapan barang-barang di dalamnya. Sebab, ada kriteria lain yang harus dipenuhi sebagai syarat sebuah ruangan representatif atau tidak. Ada beberaoa cara lain yang bisa diupayakan untuk menjadikan ruangan terlihat lebih nyaman meskipun sebenarnya cukup sempit.

Tidak sedikit orang yang kebingungan ketika hendak mendesain ruang tamu berukuran keccil. Padahal, kecil pun sebetulnya tetap bisa diupayakan kenyamanannya asal dilakukan dengan strategi yang tepat.

Strategi ini tidak memerlukan biaya yang besar, atau bahkan harus menyewa ahli interior. Anda hanya perlu merencanakan pemilihan tema, perabot, dan penataannya. Jika Anda mampu memadukan berbagai komponen ruangan tersebut maka hasilnya akan cukup bagus. Tujuan membuat ruangan jadi luas akan tercapai dengan sempurna.

 desain ruang tamu ukuran 4x3 desain ruang tamu ukuran 2x2 desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4 desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3 desain ruang tamu minimalis type 36 interior ruang tamu minimalis modern ruang tamu 2x2 desain ruang tamu kecil, Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4, desain ruang tamu ukuran 2x2, desain ruang tamu ukuran 4x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, interior ruang tamu minimalis modern, desain ruang tamu minimalis tanpa sofa, desain ruang tamu minimalis type 36, cara menata ruang tamu dan dapu
ruang tamu 3×3 dengan penataan furniture yang pas – Diminimalis.com

Pentingnya ruang tamu dibuat bagus diantaranya adalah untuk menutupi kekurangan dari sisi ukuran yang sempit. Bayangkan misalnya sudah ukurannya sempit ditambah penataannya justru berantakan. Tentu sangat tidak representatif untuk para tamu bukan? Mengobrol pun jadi kurang khusyu’ karena penataannya serba asal-asalan.

Nah, dengan merencanakan penataan ruang tamu dengan baik, maka ukuran kecil seperti 3×3 meter pun bisa dibuat bagus. Sebaliknya, mau seluas apapun ukuran ruangan, jika tidak penataannya tidak dilakukan dengan baik maka sia-sia saja. Suasana berantakan dan tak tertata akan tercermin di ruangan ini. Mari kita bedah apa saja strategi yang tepat untuk menata ruang tamu ukuran 3×3.

Tips Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3 Ideal

Memang, ruangan sempit seringkali membuat seseorang kesulitan dalam mendesain ruangan secara totalitas. Namun bukan berarti ruangan besar juga membuat penghuninya nyaman, sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar ruangan besar jadi nyaman dan biasanya butuh kejelian.

Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4, desain ruang tamu ukuran 2x2, desain ruang tamu ukuran 4x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, interior ruang tamu minimalis modern, desain ruang tamu minimalis tanpa sofa, desain ruang tamu minimalis type 36, cara menata ruang tamu dan dapu
Contoh ruang tamu 3×3 yg sangat menginspirasi – Diminimalis.com

Nah, ukuran ruang tamu yang minimalis juga tetap bisa dibuat nyaman asalkan tahu bagaimana cara menatanya. Bicara soal menata ruang tamu ukuran 3×3 yang ideal, salah satu syaratnya adalah kejelian mengatur penataan interior ruangan. Di bawah ini kami sajikan tips menata ruang tamu ukuran 3×3, agar lebih cantik dan anggun.

• Pilih cat dinding dengan warna netral.

Perlu Anda ketahui bahwa perpaduan warna cat dengan ukuran ruangan merupakan hal yang cukup berpengaruh. Ruang tamu yang sempit tidak tepat apabila menggunakan warna-warna yang terlalu terang atau ramai. Jika Anda menggunakan warna-warna yang terang maka akan membuat ruang tamu terlihat lebih sempit. Sebaiknya gunakan warna yang netral dan mudah dipadukan dengan warna pada perabot lainnya.

Pilih sofa dengan ukuran yang pas.

Walaupun sofa di anggap lebih banyak membutuhkan space ruangan, namun sofa sendiri salah satu barang yang wajib untuk ada di ruang tamu. Guna memberikan kesan yang minimalis maka Anda bisa menempatkan sofa dengan dua dudukan saja. Tinggal Anda padukan dengan meja kecil dari kaca atau kayu.

Tampilan minimalis ruang tamu akan terasa dari elemen perabot ini. Jangan lupakan hal-hal kecil seperti ini karena biasanya akan sangat berpengaruh terhadap tampilan secara keseluruhan.

 desain ruang tamu ukuran 4x3 desain ruang tamu ukuran 2x2 desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4 desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3 desain ruang tamu minimalis type 36 interior ruang tamu minimalis modern ruang tamu 2x2 desain ruang tamu kecil
Ruang tamu 3×3 yang terlihat anggun – Diminimalis.com

• Tambahkan cermin di dinding.

Tentunya Anda pernah melihat cermin besar di beberapa tempat seperti restoran maupun Café. Cermin yang ditempatkan pada beberapa titik tersebut sebenarnya dimaksudkan untuk membuat refleksi ruangan sehingga terlihat lebih luas. Nah, ide ini pun bisa Anda terapkan pada ruang tamu minimalis Anda agar didapat kesan yang lebih luas.

Adapaun lopkasi penempatannya bisa di salah satu dinding yang pas untuk menghasilkan refleksi ruangan. Bisa juga direncanakan sekaligus dengan memperhatikan estetika ruangan. Yaitu, dengan memilih kaca dengan bingkai yang bagus dan kualitas cermin yang bagus.

• Tambahkan tanaman interior.

Dalam hal ini yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memilih tanaman hijau yang memiliki daya tahan hidup tidak begitu bergantung pada sinar matahari. Dengan begitu maka Anda tidak terlalu kerepotan untuk membawa tanaman tersebut di luaran setiap harinya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran dari tanaman yang cocok ditempatkan pada ruang tamu kecil Anda. Ada banyak ide tanaman hijau yang bisa dipilih untuk ditempatkan di ruang tamu.

Maksimalkan cahaya alami dari luar ruangan.

Dalam menciptakan kesan yang luas maka diperlukan suatu cahaya alami yang perlu masuk ke dalam ruangan. Apalagi jika pemilihan warna cat rumah sudah mengusung warna netral maka akan lebih memberikan efek ruangan yang luas.

Itulah beberapa cara menata ruang tamu ukuran 3×3 yang bisa Anda terapkan pada rumah minimalis Anda.Ada baiknya juga Anda memahami cara menata ruang tamu sederhana agar terlihat istimewa dengan cara yang simpel. Ruang tamu menjadi salah satu faktor penentu untuk membuat para tamu merasa lebih nyaman di dalamnya.(an) editted by RN24102020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.