Tips Menata Ruang Tamu Tanpa Kursi

Sebelum bicara soal ide penataannya, hal dasar yang harus dipahami terlebih dahulu adalah bahwa ruang tamu tidak melulu harus pakai kursi. Artinya, untuk terlihat bagus pun ruang tamu tidak mesti kudu pakai kursi. Sebab, ruang tamu tanpa kursi alias lesehan pun ternyata tetap bagus. Tinggal bagaimana menata ruang tamu tanpa kursi tersebut dengan baik agar fungsinya bisa maksimal.

Apa lagi, ruang tamu yang meniadakan kursi sebagai salah satu furniturenya ternyata tidak hanya cocok diterapkan pada rumah minimalis saja. Namun juga rumah biasa yang ukurannya lebih besar.

Kita mesti tahu bahwa pada dasarnya ruang tamu lesehan adalah salah satu konsep yang banyak diusung sebagai bagian dari variasi model ruangan. Sekarang mari kita bedah bagaimana mengatur/menata ruang tamu tanpa kursi tersebut agar tetap representatif.

Prinsip Dasar Menata Ruang Tamu tanpa Kursi

Ruang tamu tanpa kursi termasuk salah satu konsep dekorasi yang saat ini banyak dipilih. Ada berbagai alasan dibalik tren menata ruang tamu lesehan ini. Yaitu, selain efisiensi penggunaan furniture, desain, dan aneka jenis alas duduk menjadi elemen yang tak habis untuk dieksplor. Disinilah penataan interior ruang tamu menjadi hal yang menantang. Meski tak lagi bergantung pada meja dan kursi yang merupakan elemen utamanya.

“Menghilangkan” furniture utama di ruang tamu dalam hal ini kursi, bukan berarti mengurangi penghormatan kita dalam mengistimewakan tamu. Bagaimanapun juga, menyajikan yang terbaik bagi setiap orang yang berkunjung ke rumah kita merupakan suatu kewajiban kita sebagai tuan rumah. Baik dari segi jamuan yang kita berikan maupun tempat yang di sediakan untuk tamu tersebut.

Untuk itu, meski dengan konsep lesehan, kita juga tetap harus fokus pada nilai estetika dan kenyamanan bagi tamu yang berkunjung. Jadi cukup jelas ya, prinsip dasar menata ruang tamu tanpa kursi ini adalah agar tetap bisa mengakomodasi kenyamanan para tamu.

menata ruang tamu tanpa kursi, desain ruang keluarga lesehan sempit, menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu dan dapur, ruang tamu lesehan ala arab, ruang tamu lesehan ala jepang, cara menata ruang tamu yang sempit, desain ruang keluarga terbuka, ruang keluarga dengan penataan yang simpel
Ruang tamu tanpa kursi pada interior bergaya Jepang – Diminimalis.com

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsep ruang tamu dengan desain lesehan yaitu kombinasi berbagai komponen yang ada. Baik itu dari segi pewarnaan, atau pun furniture. Dalam memilih karpet ruang tamu lesehan, Anda harus bisa menentukan warna, motif dan juga ukuran yang sesuai dengan konsep yang diusung. Memilih warna yang tenang dan kalem lalu sedikit kontras dengan warna dinding ruang tamu tersebut bisa jadi pilihan yang bagus.

Kelebihan Ruang Tamu tanpa Kursi

Dalam dunia desain rumah, ruang tamu menjadi salah satu yang keberadaannya cukup sentral. Sebab, ruangan ini sering kali lokasinya ada di rumah bagian depan. Nah, sekarang mari kita coba bedah kelebihan dari ruang tamu model lesehan ini.

1. Memberi Kesan Hangat dan Akrab

ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu lesehan minimalis
Ruang tamu tanpa kursi dapat membuat tamu Anda merasa nyaman dan santai – diminimalis.com

Ruang tamu lesehan minimalis memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan ruang tamu yang menggunakan kursi atau sofa sebagai tempat duduknya. Dengan duduk di ruang tamu lesehan akan memberikan kesan yang hangat sehingga si pemilik rumah dan tamu yang datang berkunjung dapat berkomunikasi lebih akrab.

2. Ruang Tamu Lesahan Minimalis Cocok untuk Rumah Sempit

Ruang tamu lesehan minimalis digunakan untuk rumah yang memiliki luas lahan sempit. Karena jika menggunakan kursi tamu atau sofa akan menambah kesan sempit pada ruang tamu. Konsep lesehan ini cocok digunakan bagi keluarga baru atau bagi orang yang menyukai kesederhanaan.

Tips Menata Ruang Tamu tanpa Kursi

Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda upayakan untuk manata ruang tamu tanpa kursi di rumah minimalis Anda.

1. Mulailah dengan menentukan tema warna ruang tamu

desain ruang tamu lesehan, desain ruang tamu lesehan sederhana, dekorasi ruang tamu lesehan
ruang tamu lesehan yang nampak indah dengan aneka hiasan di dalamnya – diminimalis.com

Bisa saja kita mengaplikasikan satu jenis warna untuk keseluruhan ruang tamu, tetapi hal ini akan membuat rumah menjadi sangat membosankan. Maka dari itu, kita harus bisa melakukan kombinasi warna cat rumah supaya tampak lebih nyaman dan menawan.

Karena perpaduan warna yang tepat dapat memberi efek luas pada interior rumah minimalis Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan kombinasi warna cat yang akan diterapkan pada dinding ruang tamu Anda.

Pemilihan warna ini penting untuk memberi berbagai efek pada rumah minimalis Anda. Anda bisa memberikan kesan luas, ceria, tenang, dengan memaksimalkan permainan warna interior ruang tamu lesahan Anda.

2. Pilihlah karpet yang indah dan berkualitas

Anda bisa menggunakan karpet sebagai ganti dari meja dan kursi. Pilihlah karpet model bulu yang Anda sesuaikan dengan ukuran ruang tamu Anda. Biasanya, karpet bulu ini memiliki bahan yang cukup tebal sehingga tidak dingin dan nyaman untuk diduduki. Selain itu, sebagai pengganti meja agar karpet tidak terlihat kosong, Anda bisa menggantinya dengan tambahan bantal guling atau bantal.

Nah agar tampilannya tidak terkesan monoton, pilihlah sebuah karpet yang memiliki corak motif dan warna yang selaras agar terjadi keseimbangan dan terbangun sebuah keindahan yang berbeda.

3. Jangan lupa untuk menambahkan bantal

Selanjutnya Anda bisa menaruh sebuah bantal atau meja yang memang di buat secara khusus untuk ruang tamu tanpa tempat duduk, dan untuk menghindari agar ruangan tersebut kosong maupun hampa. Bisa juga menaruh sebuah lukisan maupun kerajinan tangan lainnya sehingga menambah indah ruang tamu Anda tersebut.

Cara memilih karpet ruang tamu lesehan

Hal lain yang perlu di perhatikan dalam menata ruang tamu sederhana yaitu kombinasi berbagai komponen yang ada pada ruang tamu, baik itu segi pewarnaan, atau dari segi furiture. Selain itu Anda juga perlu memilih karpet yang serasi dengan semua perpaduan komponen yang ada pada ruang tamu tersebut.

Dalam memilih karpet ruang tamu lesehan, Anda harus bisa menentukan warna, motif dan ukuran yang sesuai dengan konsep ruang tamu. Dalam pemilihan warna alangkah baiknya jangan terlalu ngejreng. Akan lebih baik kalau Anda memilih warna yang tenang dan kalem lalu sedikit kontras dengan warna dinding ruang tamu tersebut.

Alangkah baiknya Anda memilih ukuran yag sesuai dengan dinding ruang tamu Anda, dan untuk model dan motifnya sangat bervariasi, Anda bisa menentukannya sesuai keiginan Anda, namun harus disesuaikan dengan bebrapa furniture yang ada.

Pada prinsipnya cukup mudah untuk mengatur menata ruang tamu tanpa kursi alias lesehan. Asal mampu mengatur jumlah furniture yang masuk dan menatanya dengan baik maka konsep ini akan dengan mudah terwujud. Tidak hanya itu, Anda akan terbantu dalam mengurangi biaya pembelian furniture yang harus dibeli ketika mengusung konsep biasa.

Mungkin demikian ulasan kami tentang cara menata ruang tamu tanpa kursi untuk rumah minimalis Anda. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin menghadirkan konsep baru menjamu tamu dengan tema lesehan terbaik. Selamat mencoba. (ls) editted by RN11092020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.