Menata Ruang Tamu Sempit agar Tampak Luas, Begini Caranya

Ruang tamu merupakan bagian dari sebuah ruangan dalam rumah yang memiliki fungsi vital. Oleh karenanya, dalam menata ruang tamu sempit sudah semestinya menginginkan hasil desain yang lebih nyaman dan lapang. Ruang tamu yang sempit memang sering menjadi kendala. Hal ini sering kali dikhawatirkan oleh para pemilik rumah, sebab secara tidak langsung akan membuat tamu menjadi kurang nyaman.

Bagi Anda yang juga memiliki problem serupa, kali ini diminimalis akan mengulas untuk Anda cara menata ruang tamu sempit menjadi terasa longgar dengan beberapa cara berikut.

menata ruang tamu sempit, menata ruang tamu tanpa kursi, menata ruang tamu minimalis
ruang tamu minimalis yang tertata rapi – diminimalis.com

Konsep Umum Menata Ruang Tamu Sempit Sederhana Hingga Modern

Dalam dunaia desain rumah, ruang tamu jadi yang paling urgent untuk diperhatikan dekorasinya. Hal ini mengingat fungsi utamanya yaitu untuk menjamu tamu. Oleh karenanya, mengetahui konsep dasar dalam menata ruang tamu sempit yang banyak dipakai adalah sebuah hal yang penting. Berikut ini akan coba diminimalis uraikan mengenai beberapa macam jenis desain ruang tamu.

1. Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Model desain ini sudah sangat terkenal dan diadopsi oleh sebagian besar masyarakat modern saat ini. Ruang tamu minimalis sederhana sangat tepat untuk diterapkan pada ruangan yang tidak terlalu luas. Cara menata ruang tamu sempit di rumah agar berkonsep sederhana tidaklah sulit.

Cukup dengan menghadirkan sofa, meja kecil/sedang, dan beberapa ornamen hiasan seperti pot dengan tanaman hias sebagai dekorasi pelengkapnya. Untuk cat dinding ruangan bisa mengadopsi warna abu-abu yang dikombinasikan dengan sedikit sentuhan warna-warna cerah seperti merah atau kuning.

2. Ruang Tamu Minimalis Modern

Selanjutnya, ruang tamu minimalis modern ini bisa juga diusung menjadi inspirasi rumah Anda. Konsep modern akan terasa pada setiap elemen seperti dinding yang bercat putih dengan ornamen pelengkap seperti lampu. Bisa juga ditambahkan dengan sebuah lemari berisi pajangan foto keluarga Anda. Dan akan semkain lengkap jika di bagian tengah ruangan diberi karpet dari bahan yang lembut.

3. Ruang Tamu Minimalis Mewah

Desain ruang tamu minimalis mewah bukan berarti mengusung furniture paling mahal ke dalamnya. Namun, kuncinya ada pada permainan tone warna dari masing-masing elemen dalam ruangan. Perpaduan warna dari meja, sofa, tirai dan dinding ruangan lah yang akan memainkan peran penting dalam menonjolkan sisi mewahnya. Ditambah lagi dengan tambahan lukisan yang menggantung di dinding misalnya, kesan mewah yang magis akan semakin terasa.

4. Ruang Tamu Minimalis Kecil

Desain ruang tamu ini secara konsep hampir sama dengan desain sederhana. Hanya saja, biasanya konsep ini lebih sering diadopsi oleh mereka yang tinggal di apartemen. Jadi, untuk Anda yang menempati hunian apartemen bisa menjadikan konsep desain ini sebagai model ruang tamu Anda.

Kita tahu, apartemen yang petak ruangannya cenderung sempit mesti diakali bagaimana mengalokasi space untuk ruangan-ruangan tertentu termasuk ruang tamu. Ruang tamu minimalis kecil bisa ditata di sebelah tempat tidur/ranjang. Untuk tone warnanya, pilih warna putih dengan kombinasi warna cokelat sehingga akan memberikan kesan luas pada ruangan. Anda bisa menambahkan tanaman kering seperti kaktus di dekat jendela.

5. Ruang Tamu Minimalis dengan Furniture Unik

Keunikan ruangan memang ditunjang oleh banyak faktor. Salah satunya adalah elemen furniture. Furniture bergaya unik bisa Anda tambahkan untuk menghiasi ruang tamu Anda di rumah. Pemilihan furniture mulai dari sofa, meja, hingga karpet bisa dipilih yang paling unik guna memudahakan Anda dalam  menata ruang tamu sempit di rumah. Selanjutnya, di bagian atas sofa, Anda bisa memasang lukisan berwarna kontras dengan vas bunga menggantung berbentuk geometri.

6. Ruang Tamu Minimalis Outdoor

Ini merupakan konsep desain yang paling berbeda dari lima konsep sebelumnya. Desain ruang tamu outdoor berada di luar rumah namun tetap menghadirkan nuansa hanga saat menjamu tamu. Untuk konsep ruang tamu outdoor yang biasa diusung oleh kebanyakan orang adalah cukup dengan menambahkan meja dari kayu, kursi, dan taman berisi tanaman hias yang mengelilininya.

Selain itu, untuk karpet tidak perlu ada pada ruang tamu outdoor. Lantai ruang tamu bisa diganti dari kayu atau sejenisnya guna menambah kesan natural. Sebagai penghias pencahayaan, lampu yang dipasang di setiap sudut ruang sudah cukup bisa diandalkan.

Menata ruang tamu sempit menjadi lebih longgar

Hal terpenting dalam menata ruang tamu sempit ada pada penataan furniturenya dan permaianan warna dinding agar dapat memberikan kesan lapang pada ruang tamu minimalis Anda. Untuk menata furniture, Anda bisa meletakkan perabot dalam ruang tamu yang memiliki ukuran kecil dan tidak menghabiskan tempat. Hal ini dilakukan agar membuat ruang tamu Anda menjadi lebih lebih longgar.

Selain itu, hindari pemakaian perabotan yang tidak penting pada ruang tamu minimalis Anda. Barang-barang yang tidak terlalu penting dan memakan ruang, sebaiknya dipindahkan ke ruangan lain sehingga ruang tamu minimalis Anda menjadi lebih luas.

Untuk permainan warna dinding, berilah cat dinding yang memberikan kesan luas dengan memberi cat berwarna terang seperti putih atau krem. Sebaliknya, Anda perlu menghindari penggunaan warna cat yang dapat memberikan kesan sempit seperti warna cat yang gelap atau kontras.

Dalam pewarnaan dinding ruang tamu, sebaiknya Anda memilih warna tunggal demi memaksimalkan kesan luas ruang tamu minimalis Anda. Alangkah baiknya furniture di ruang tamu Anda juga memiliki warna yang sesuai dengan warna cat dindingnya supaya dapat memberikan nuansa yang apik dan rapi.

Selain itu, kombinasi warna furnitur dan dinding yang cerah dan seimbang dapat menciptakan suasana indah dan sejuk. Anda juga perlu mengurangi pemajangan hiasan dinding pada ruang tamu, untuk menghindari kesan sesak karena banyaknya obyek yang memenuhi dinding.

menata ruang tamu sempit, menata ruang tamu tanpa kursi, menata ruang tamu minimalis
cermin bisa memberikan efek luas pada ruang tamu minimalis Anda – dimnimalis.com

Untuk memaksimalkan kesan luas saat menata ruang tamu sempit dan minimalis Anda, Anda dapat memasang cermin pada salah satu sisi dinding ruang tamu Anda. Adanya cermin di dalam ruang tamu, efektif dapat memberikan kesan luas pada ruang tamu minimalis Anda.

Demikian ulasan kami tentang cara menata ruang tamu sempit menjadi lebih longgar. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang ruang tamu gaya shabby chic yang mana bisa jadi opsi lain desain ruang tamu Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN18022020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.