Menata Ruang Tamu Sempit agar Terlihat Luas? Begini Caranya

Ruang tamu yang banyak diidamkan orang adalah yang mampu memberikan kenyamanan khususnya untuk tamu. Bahkan sekalipun ukurannya terbilang mungil, tetap bisa juga disulap jadi lebih baik. Misalnya dengan mengubah tatanan furniture dalam rumah dan mengatur dekorasinya agar meski tidak lengkap namun sudah cukup nyaman.

Untuk menata ruang tamu sempit agar terlihat luas perlu ide khusus utamanya konsep seperti apa yang diinginkan. Selanjutnya, Anda perlu memikirkan perubahan tampilan furniture agar ruangan nampak simpel tapi tetap bagus. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa baca artikel menata ruang tamu sempit agar terlihat luas berikut ini hingga selesai.

Pentingnya Menata Ruang Tamu Sempit Agar Terlihat Luas

Merencanakan untuk menata ruang tamu sempit agar terlihat luas memang gampang-gampang susah. Ini juga merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran tidak terlalu besar. Keterbatasan menjadi salah satu faktor yang seringkali membuat bingung penataan ruang tamu kecil. Sebenarnya faktor ukuran pada sebuah ruangan bukan lah patokan utama dalam desain interior.

Jika tidak pandai dalam melakukan penataan, dekorasi, dan pemilihan furnitur, ruangan yang besar pun dapat terasa sempit, sumpek, dan tidak nyaman. Namun Anda tak perlu khawatir, karena cara menata ruang tamu yang sempit dan membuatnya menjadi terkesan luas bukanlah hal yang mustahil.

Menata Ruang Tamu sempit agar terlihat luas, Menata Ruang Tamu tanpa kursi, cara menata ruang tamu ukuruan 3x3
sofa dan lantai berwarna putih dapat membuat ruang tamu sempit agar terlihat luas – diminimalis.com

Ide Menata Ruang Tamu Sempit Agar Terlihat Luas

Tips menata ruang tamu sempit agar terlihat luas yang pertama adalah memaksimalkan penempatan berbagai furniturnya. Jika memang ruang tamu Anda ukurannya kecil, maka jangan pilih furnitur dengan desain yang memenuhi ruangan. Mungkin sofa minimalis dapat menjadi pilihan yang untuk ruang tamu Anda.

Terapkan Perubahan pada Sofa

Hal pertama yang sakral ada pada ruang tamu modern adalah sofa. Tentu saja tidak harus berwujud sofa yang empuk, ini berlaku untuk kursi memanjang dari kayu yang ada di ruang tamu. Jadi apapun Anda menyebutnya, kita perlu menganggapnya sebagai sofa saja ya.

Pilihlah sofa berwarna netral yang sewarna dengan mejanya. Mengapa harus selaras? Karena hal ini dapat memberikan kesan ruangan yang sempit menjadi nampak luas. Jika sofa yang dipilih berwarna terang, maka Anda dapat menggunakan warna gelap atau mencolok pada karpet ruangan sehingga ada kesan kuat yang ditonjolkan.

Jika penerapan pada sofa sudah cukup, Anda bisa fokus pada elemen interior yang lain. Jika Anda bisa mengaturnya dengan baik di elemen ini, maka Anda sudah mendapatkan setengah hasil perluasan ruang tamu seperti yang diinginkan.

desain ruang tamu lesehan, desain ruang tamu lesehan sederhana, dekorasi ruang tamu lesehan
ruang tamu lesehan dengan pencahayaan alami yang maksimal – diminimalis.com

Sesuaikan Furniture dengan Luas dan Bentuk Ruangan

Tips menata ruang tamu menjadi luas alias tidak sempit selanjutnya adalah dengan menyesuaikan luas dan bentuk ruangan dengan penataan furniture. Apabila ruangan Anda berbentuk persegi, maka maksimalkan penataan sofa pada kedua sisi yang berhadap-hadapan.

Namun jika bentuk ruangannya adalah persegi panjang, maka susun furnitur sehingga membentuk sudut ruangan. Penataan yang seperti ini adalah tampilan yang khas dari ruang tamu minimalis. Jika ide ini diterapkan dengan benar maka bukan tidak mungkin ruang tamu minimalis Anda akan jadi lebih luas dari sebelumnya.

Urgensi penataan furniture yang disesusaikan dengan ukuran ruangan juga akan berpengaruh pada kenyamanan tamu. Untuk space yang tersisa akan membuat tamu lebih leluasa bergerak misalnya meletakkan barang-barang bawaannya saat datang ke rumah Anda. Jadi, penataan furniture, dalam hal ini sofa dan meja sangat penting ya.

Tambahkan Dekorasi Secukupnya

Memiliki ruang tamu kecil bukanlah alasan untuk tidak melakukan inovasi dan kreativitas untuk mendekorasinya. Ada banyak cara untuk membuat ruang tamu Anda nampak mempesona. Anda bisa menambahkan lukisan, lampu gantung, vas pada meja, ataupun rak gantung untuk memajang foto dan beberapa buku sebagai penghias ruangan.

Yang perlu Anda perhatikan pada penambahan dekorasi adalah agar jangan sampai berlebihan. Cukup menambahkan hal-hal yang sekiranya penting dan belum ada saja. Misalnya jika belum ada pajangan foto, Anda bisa menambahkannya di salah satu sudut dinding.  Contoh lain, jika ingin menambahkan guci, bisa juga diletakkan di sudut terbaik.Ingat untuk memilih motif yang senada dengan warna dominan ruangan.

Pada intinya, dalam menata ruang tamu sempit agar terlihat luas kuncinya ada pada efisiensi dan efektvfitas elemen interior. Meskipun ukurannya kecil, jika dalam penambahan dan penataan furniture dilakukan dengan baik maka akan terasa luas. Hal yang perlu Anda hindari hanyalah menaruh aksesori yang berlebihan ke dalam ruang tamu. Sebab, justru akan menampilkan kesan sumpek dan terlalu banyak hiasan.

Mungkin itu dulu ya ulasan kami tentang cara menata ruang tamu sempit agar terlihat luas di rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN010032020

 


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.