Tips Menata Ruang Tamu Sederhana

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang sangat sakral dalam sebuah rumah. Sebab fungsinya yang cukup sentral yakni untuk menjamu tamu. Namun bagaimana cara menata ruang tamu sederhana agar rumah minimalis secara keseluruhan tidak terkesan berlebihan?

Cara menata ruang tamu sederhana yang paling mudah adalah dengan memadupadankan beberapa elemen. Seperti misalnya warna dinding yang dipadukan dengan aksesoris lainnya dalam ruangan. Di bawah ini kita akan bahas beberapa ide yang bisa diterapkan dan dikombinasikan satu sama lain.

Pentingnya Mendesain Ruang Tamu Sederhana

Memiliki ruang tamu sederhana yang cantik dan nyaman, tentu merupakan dambaan semua orang. Bisa dibilang, ruang tamu merupakan “wajah” sebab merupakan ruang paling depan dengan segala interior di dalamnya. Jadi, memang sangat penting untuk menata ruang tamu sederhana demi memberikan kesan terbaik pada siapapun yang berkunjung ke rumah.

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan tipe 30 atau tipe 36, biasanya cenderung memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas. Sehingga, mau tidak mau Anda mesti pintar-pintar menyiasatinya agar tetap terlihat fungsional dan menarik.

menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang tamu 3x3, cara menata ruang tamu minimalis
Memaksimalkan cahaya alami untuk masuk, merupakan cara sederha untuk mempercantik ruang tamu Anda – Diminimalis.com

Tips Menata Ruang Tamu Sederhana yang Cantik

Bagi Anda yang bingung menerapkan ide apa dalam menata ruang tamu sederhana agar terlihat cantik, berikut kami bagikan beberapa tipsnya. Silahkan disimak.

1. Gunakan warna-warna terang dan lembut.

Sudah umum dipahami bahwa warna terang dan kalem (soft) di dinding dan lantai bisa membuat ruangan yang sempit terasa lebih besar dan cerah. Seperti misalkan memadukan gorden berwarna beige, dinding warna pink, karpet berwarna krem dengan lantai yang berwarna putih.

2. Tambahkan cermin.

menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang tamu 3x3, cara menata ruang tamu minimalis
Cermin dapat memperindah tampilan ruang tamu Anda – DIminimalis.com

Letakkan cermin di seberang jendela agar cahaya yang masuk akan menyebar ke seluruh ruangan dan membuatnya nampak lebih luas. Hal ini berfungsi pula saat malam hari, kilauan cahaya lampu akan memancar dari cermin dan membuat ruangan makin terasa luas. Semakin besar cerminnya, tentu kesan luas yang diberikan juga akan lebih maksimal.

3. Tambahkan beberapa aksesoris mengkilap

Lampu hias yang mengilap dan ornamen yang berkilauan akan memiliki efek yang sama seperti cermin sebab dapat memantulkan cahaya dan mencerahkan ruangan. Hal tersebut akan membantu untuk menghadirkan ruangan agar terkesan luas.

4. Gunakan rak gantung.

Dibandingkan dengan lemari besar seperti buffet, ruang tamu sederhana yang cantik akan terlihat lebih menarik dengan penggunaan rak gantung. Misalnya model rak ambalan tampak melayang yang berwarna-warni dengan aksen bertingkat menjadi tempat penyimpanan yang serba guna.

5. Buat tampilan jendela lebih tinggi.

menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang tamu 3x3, cara menata ruang tamu minimalis
Rancangan jendela yang lebih tinggi membuat ruang tamu Anda nampak menawan – Diminimalis.com

Memasang batang korden beberapa centimeter di bawah langit-langit akan menarik mata ke atas dan membuat jendela tampak lebih tinggi. Efek yang sama juga bisa Anda lakukan dengan bekerja menggantungkan batang gorden beberapa centimeter melewati sisi panel.

6. Cocokkan warna tirai/gorden pada dinding.

Tirai/gorden yang menyatu dengan dinding akan membuat ruangan terasa jauh lebih besar. Cara memaksimalkannya adalah dengan menyamakan warna tirai/gorden dengan warna dinding. Misalkan putih dengan putih, biru muda dengan biru muda, dan lain sebagainya.

7. Pilih furniture berukuran kecil.

Memilih furniture yang menyesuaikan dengan keterbatasan ruang merupakan hal wajib untuk mendapatkan ruang tamu yang ideal. Jika sekiranya ruang tamu Anda tidak cukup untuk menempatkan seperangkat sofa berukuran besar, gunakan saja kursi kayu tradisional berlapis busa.

Atau, bila Anda ingin lebih mengefisienkan ruangan, Anda bisa menerapkan ruang tamu lesehan. Yaitu, cukup dengan menempatkan karpet cantik pada ruang tamu Anda.

8. Furniture dengan ruang penyimpanan.

Cara mudah untuk menjaga agar ruangan kecil tidak berantakan adalah dengan menyediakan area khusus untuk meletakkan barang-barang di sekitar ruang tamu. Sedangkan pernak-pernik hiasan kecil alangkah baiknya bila Anda letakkan pada lemari kaca, agar penataannya lebih apik. Beberapa furnitur multiguna seperti sofa bed bisa membuat ruang tamu Anda bisa dimanfaatkan sekaligus untuk bersantai.

9. Tambahkan tanaman hias.

Tanaman hias apapun yang berwarna hijau atau bunga-bunga kecil yang cantik akan selalu berhasil membuat ruang terkecil sekalipun terasa lebih segar dan ringan. Jika Anda tidak memiliki banyak ruang di lantai, cobalah dengan pot gantung atau letakkan pot-pot kecil berisi tanaman di rak gantung. Semprot dengan air setiap hari, agar tanaman Anda selalu sehat dan segar.

10. Ganti lukisan dengan mural atau mozaik.

Untuk mengisi kekosongan pada dinding ruang tamu, Anda tidak perlu selalu harus memajang lukisan besar dengan pigura yang tebal. Sebab, bisa jadi hal ini justru akan terlihat berlebihan. Ada baiknya Anda mengganti dengan hiasan mozaik dari kaca yang menyatu dengan dinding. Atau bisa juga dengan lukisan mural bertema atau konsep sesuai dengan kepribadian Anda.

11. Wallpaper bermotif kecil dengan warna cerah.

Untuk tampilan ruang tamu yang sederhana dan cantik, Anda masih tetap dapat menggunakan wallpaper daripada harus mengecat seluruh ruangan dengan warna yang sama. Wallpaper yang harus Anda pilih adalah yang bermotif kecil dan rapi dengan warna yang cerah pula.

12. Kursi cadangan.

Jika ruang tamu Anda benar-benar memiliki ruangan yang mungil dan tidak dapat digunakan untuk meletakkan banyak kursi, maka simpanlah kursi-kursi lipat atau kursi susun seperti di kafe pada sudut ruangan Anda. Ini akan sangat membantu apabila ada banyak tamu datang ke rumah Anda.

13. Gunakan kursi ottoman.

Sebuah sofa berukuran sedang dengan sandaran dan beberapa kursi ottoman (kursi bundar tanpa sandaran), memberikan kesan ruang tamu mungil yang cantik.

Itulah dia 13 tips dan trik menata ruang tamu sederhana yang cantik untuk rumah minimalis Anda. Untuk membuat ruang tamu yang menawan, tak harus mengelurakan budget yang mahal. Semoga dengan menerapkan tips di atas, tamu-tamu Anda akan terkesan dengan keindahan dan kenyamanan ruang tamu Anda.(ar) editted byRn12082020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.