Menata Ruang Tamu Menjadi Luas? Begini Caranya

sofa dan lantai berwarna putih dapat membuat ruang tamu nampak luas - diminimalis.com

Menata ruang tamu menjadi luas merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran tidak terlalu besar. Keterbatasan menjadi salah satu faktor yang seringkali membuat bingung penataan ruang tamu kecil. Sebenarnya faktor ukuran pada sebuah ruangan bukan lah patokan utama dalam desain interior. Jika tidak pandai dalam melakukan penataan, dekorasi, dan pemilihan furnitur, ruangan yang besar pun dapat terasa sempit, sumpek, dan tidak nyaman. Namun Anda tak perlu khawatir, karena menata ruang tamu sempit dan membuatnya menjadi terkesan luas bukanlah hal yang mustahil.

Menata Ruang Tamu menjadi luas, Menata Ruang Tamu tanpa kursi, cara menata ruang tamu ukuruan 3x3
sofa dan lantai berwarna putih dapat membuat ruang tamu nampak luas – diminimalis.com

Menata ruang tamu menjadi luas

Tips menata ruang tamu kecil yang pertama adalah memaksimalkan penempatan berbagai furniturnya. Jika memang ruang tamu Anda ukurannya kecil, maka jangan pilih furnitur dengan desain yang memenuhi ruangan. Mungkin sofa minimalis dapat menjadi pilihan yang untuk ruang tamu Anda. Pilihlah sofa warna netral yang sewarna dengan mejanya, karena hal ini dapat memberikan kesan ruangan yang sempit menjadi nampak luas. Jika sofa yang dipilih berwarna terang, maka Anda dapat menggunakan warna gelap atau mencolok pada karpet ruangan sehingga ada kesan kuat yang ditonjolkan.

desain ruang tamu lesehan, desain ruang tamu lesehan sederhana, dekorasi ruang tamu lesehan
ruang tamu lesehan dengan pencahayaan alami yang maksimal – diminimalis.com

Tips menata ruang tamu sempit yang kedua adalah dengan menyesuaiakan luas dan bentuk ruangan. Apabalila ruangan Anda berbentuk persegi, maka maksimalkan penataan sofa pada kedua sisi yang berhadap-hadapan. Namun jika bentuk ruangannya adalah persegi panjang, maka susun furnitur sehingga membentuk sudut ruangan. Penataan yang seperti ini adalah tampilan yang khas dari ruang tamu minimalis.

Memiliki ruang tamu kecil, bukanlah alasan untuk tidak melakukan inovasi dan kreatifitas untuk mendekorasinya. Ada banyak cara untuk membuat ruang tamu Anda nampak mempesona. Anda bisa menambahkan lukisan, lampu gantung, vas pada meja, ataupun rak gantung untuk memajang foto atau beberapa buku sebagai penghias ruangan. Namun Anda perlu menghindari menaruh aksesori yang berlebihan karena justru akan menampilkan kesan sumpek dan terlalu banyak hiasan.

Demikian ulasan kami tentang cara menata ruang tamu sempit menjadi nampak luas, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain ruang tamu lesehan untuk mekasimalkan ruang minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Desain ruang tamu lesehan untuk mekasimalkan ruang minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.