Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga Berkonsep Modern

Tren menggabungkan dua ruangan berbeda menjadi satu sudah terjadi beberapa tahun belakangan ini. Seperti misalnya penerapan pada penataan ruang makan sekaligus ruang keluarga. Dua ruangan ini jika dilihat dari sisi fungsionalnya jelas jauh berbeda.

Ruang makan secara fungsi hanya dipakai oleh anggota keluarga atau tamu spesial untuk makan bersama. Sementara ruang keluarga lebih cenderung bisa dipakai hanya sekedar untuk menghabiskan waktu senggang bersama keluarga. Perbedaan fungsi inilah yang menjadikan pertimbangan kuat jika ingin menggabungkan dua ruangan ini. Yakni, apakah dengan digabungkan nantinya fungsi dua ruangan tersebut tidak akan terganggu?

Kita akan coba gali apa saja pertimbangan matang yang harus dipersiapkan jika ingin melanjutkan projek penggabungan ruang makan sekaligus ruang keluarga.

Ide Menyatukan Desain Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Ruang makan dan ruang keluarga untuk terlihat bagus, tidak melulu harus didesain menjadi dua ruangan terpisah. Bagi pemilik rumah minimalis, mennggabungkan ruang makan sekaligus ruang keluarga bisa menjadi pilihan alternatif. Cocok juga bagi para pecinta konsep minimalis, sebab penytuan merupakan bagian dari efisiensi ruangan untuk menghindari tata ruang yang sia-sia.

Untuk menampilkan kesan yang minimalis, Anda bisa mendesain ruang makan sekaligus ruang keluarga. Selain unik, desain ruang makan dan ruang keluarga yang menyatu ini juga bisa memberikan nuansa hangat yang berbeda di dalam rumah. Suasana kumpul bersama keluarga pun akan terasa lebih akrab. Ketika waktunya bersantap bisa langsung mendekat ke meja makan untuk menikmati hidangan bersama.

ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan terbuka
Ruang makan dan ruang keluarga yang disatukan dengan apik – Diminimalis.com

Kita mesti paham bahwa tidak selalu dua ruang yang digabung menjadi satu hanya semata-mata karena ukuran rumah yang sempit. Konsep minimalis yang menekankan pada pemanfaatan ruang menjadi lebih maksimal, juga bisa bertujuan agar rumah menjadi tampak modern. Menjadi terasa lega dan manfaat yang didapatkan ialah membuat keluarga menjadi lebih akrab.

Ya, penggabungan ruang makan sekaligus ruang keluarga ini menjadi salah satu desain yang paling lazim diterapkan di masa kini.

Desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan pun bisa diterapkan di berbagai tipe rumah sehingga siapapun bisa menerapkannya. Selain itu, konsep ini bisa diterapakan dengan berbagai macam dekorasi seperti tambahan mini bar minimalis.

Dalam satu ruangan, meja dapur yang panjang bisa dimanfaatkan juga sebagai ruang makan pada sisi lainnya dengan peletakkan tempat duduk yang sejajar.

Untuk keperluan dekorasi ruang makan minimalis sendiri sejatinya tidak memerlukan ornamen-ornamen yang banyak dan kompleks. Adapun yang harus Anda perhatikan adalah bagaimanan memanfaatkan ruang makan yang tidak begitu besar namun tetap nyaman. Yaitu dengan meletakkan beberapa ornamen di dinding.

Sementara itu, ruang keluarga yang identik dengan tempat bersantai bisa lebih memberikan space yang lebih luas tanpa terhalang tembok. Jadi, ide bagus kan menggabungkan ruang makan sekaligus ruang keluarga? Sleanjutnya, mari kita intip tips desainnya.

Tips Mendesain Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyisakan satu ruangan di dalam rumah untuk didesain menjadi ruang makan sekaligus ruang keluarga. Usahakan pilih ruangan yang diyakini memiliki space paling besar dan juga memiliki akses yang mudah, seperti di bagian tengah rumah.

Hal tersebut berguna agar seluruh anggota keluarga dapat lebih mudah ke ruang makan ketika mereka sedang berada di kamar atau ketika baru masuk ke dalam rumah

Berikan Partisi atau Sekat

partisi rumah minimalis, partisi rumah minimalis modern, partisi rumah minimalis mungil, sekat ruang minimalis
Contoh penggunaan partisi antara ruang makan dan ruang keluarga – diminimalis.com

Partisi tidak selalu menggunakan folding screen. Anda juga bisa mengakali dengan menempatkan sofa membelakangi ruang makan. Atau Anda juga bisa memisahkannya dengan meletakkan rak buku diantara kedua ruangan.

Anda bisa menghilangkan dinding pembagi antar ruangan. Di beberapa situasi, adanya dinding pembatas malah akan terasa membebani ruangan serta membuat tampilan ruangan terlihat lebih kecil dan sempit. Guna mengatasinya, Anda bisa menggunakan partisi ruang minimalis. Anda pilih saja partisi yang tipis serta tidak besar.

Penggunaan partisi portable juga sangat direkomendasikan. Untuk penggunaan secara lebih fleksibel serta modern. Dengan begitu, saat Anda tengah berkumpul bersama seluruh anggota keluarga, maka partisi ruangan ini bisa secara mudah Anda lipat ataupun simpan. Hal ini dilakukan supaya ruangan terasa lebih leluasa kepada semua orang.

Pilih Furniture Minimalis Multifungsi

ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan terbuka
Ruang mekan dan ruang keluarga dengan pemilihan furniture minimalis – Diminimalis.com

Selanjutnya adalah hal yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu pemilihan furniture di dalam ruangan tersebut.Bentuk, model, serta ukuran furniture bisa memberikan pengaruh yang siginifikan di visual ruangan. Maka dari itu, gunakanlah furniture yang sesuai dengan kebutuhan.

Minimalis ialah less is more. Anda bisa memilih furniture dengan ukuran kecil. Dengan begitu, selain bisa menghemat ruang, filosofi semakin sedikit semakin baik, sudah benar-benar Anda terapkan. Selain itu, Anda juga bisa membeli furniture yang memiliki ukuran standar dengan tempat penyimpanan yang ada di bagian atasnya.

Tempat penyimpanan ini bisa digunakan guna menyimpan barang yang ada di ruang keluarga dan ruang makan. Sesuaikan juga furniture dengan ruangan serta gaya yang Anda sukai.

Mengubah ruang dapur menjadi satu dengan ruang keluarga dan ruang makan, menurut Herdina Istanti, konsultan interior, karena ruang makan dan dapur dapat dimasukkan dalam ketegori tidak berdiri sendiri. Di mana masing-masing ditata agar fungsinya melengkapi. “Biar dekat dengan dapur atau jadi satu, ruang makan sedapat mungkin dibuat nyaman, agar orang yang ada di dalamnya merasa nyaman.

Atur penataan area antara ruang makan dan ruang keluarga

Di sini, Anda memang perlu memberikan juga jarak antara ruang makan dan ruang keluarga, sehingga ruang gerak akan semakin luas dan anggota keluarga akan lebih leluasa ketika sedang berkumpul di ruangan tersebut. Nah, ruang keluarga yang berdekatan juga dibuat nyaman tanpa banyak meletakkan barang-barangun, mgkin cukup diberi karpet atau tikar bambu.

Anda bisa meletakkan lukisan yang disesuaikan dengan konsep ruang makan sebagai pemanis. Anda juga bisa menempelkan wall sticker unik bertema kuliner dengan warna yang sesuai dengan dinding. Pemberian ornamen pada dinding akan membuat suasana ruang makan minimalis Anda terlihat lebih santai dan hangat.
Atur permainan warna [ada kedua ruanagn tersebut

Pemilihan warna cat ruang keluarga sekaligus ruang makan juga haruslah serasi, sehingga kesan satu pada dua ruangan semakin kental pada ruang makan dan ruang keluarga tersebut.Usahakan kedua ruangan tersebut juga memiliki tipe lantai dan warna yang sama. Hindari menciptakan dua gaya desain dan warna yang berbeda.

Demikian ulasan kami tentang cara cantik menggabungkan ruang makan dan ruang keluarga ala Diminimalis. Sebagaimana cara menata ruang tamu sederhana, ruang makan dan ruang keluarga akan tetap indah dan nyaman, meskipun digabungkan jadi satu, asal kita paham cara mendekorasinya. Semoga artikel di atas bermanfata bagi Anda yang ingin menyatukan dua ruangan tersebut dengan konsep minimalis yang manis elegan. (ls) editted by RN02102020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.