Hampir di setiap rumah bergaya modern saat ini, ruang keluarga menjadi salah satu ikon ruangan yang tak bisa terpisahkan. Berbagai konsep pun diusung untuk mendapatkan gaya desain terbaik. Ada yang berkonsep sofa dengan furniture pelengkapnya, ada juga yang lesehan.

Kebetulan kali ini kita hanya akan fokus membahas tentang konsep desain ruang keluarga lesehan minimalis. Yaitu, tentang bagaimana menata ruang keluarga lesehan tadi agar didapat kenyamanan yang berbeda saat berada di dalam ruangan.

Kelebihan Ruang Keluarga Lesehan dan Prinsip Desainnya

Dalam menentukan gaya penataan ruangan dalam rumah memang tergantung selera dan kebutuhan masing-masing, termasuk untuk ruang keluarga. Ada yang lebih memilih menggunakan sofa plus meja dan aksesoris lainnya, ada pula yang lebih memilih lesehan.

Konsep ruang keluarga lesehan maupun dengan sofa pada dasarnya tidak ada yang salah ataupun benar, semua kembali pada kebutuhan masing-masing pemilik rumah. Mengusung konsep lesehan sendiri bisa diterapkan pada rumah-rumah berukuran terbatas maupun berukuran besar.

Pada rumah dengan luasan terbatas, konsep lesehan ini bisa membuat ruang keluarga lebih terasa lapang tanpa kehilangan fungsinya, yaitu untuk tempat berkumpul dan bercengkrama. Jadi, pada prinsipnya menata ruang keluarga lesehan sendiri cukup mudah, apalagi furniture banyak yang ditiadakan. Anda hanya perlu mengatur penataan karpet dan segala pelengkapnya agar mampu mendukung kenyamanan saat dipakai.

Menata Ruang Keluarga Lesehan, menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang sempit, ruang tamu tanpa kursi minimalis, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang tamu lesehan ala jepang, ruang tamu lesehan ala arab, contoh desain ruang tamu kecil tanpa kursi, cara menata ruang tamu dan dapur
Ruang keluarga dengan konsep minimalis yang manis – Diminimalis.com

Tips Menata Ruang Keluarga Lesehan

Prinsip dasar dalam menata ruang keluarga lesehan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pada ruang keluarga dengan tempat duduk. Semua aspek dan komponen di ruangan perlu dipertimbangkan dalam pemilihan dan penentuan letaknya agar mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendekorasi dan menata ruang keluarga lesehan alias tanpa kursi:

– Memilih desain ruangan dengan konsep tertentu

Ruang keluarga tanpa kursi bisa tetap terlihat elegan jika ditata dengan konsep yang tepat. Anda bisa menata ruang keluarga dengan meniru desain-desain yang umum digunakan di negara lain seperti desain ruangan ala Jepang, ala India ataupun desain ruang minimalis.

Jika Anda menggunakan konsep tertentu maka Anda perlu memperhatikan pemilihan perabot dengan konsep yang serupa agar keseluruhan tampilan ruangan terlihat harmonis.

Menata ruang keluarga lesehan tanpa menggunakan kursi ini punya banyak keuntungan. Diantaranya membuat ruangan sempit jadi terasa lebih lapang, ruangan jadi lebih mudah dibersihkan, hingga menghemat pengeluaran untuk pembelian perabot. Konsep juga akan memudahkan Anda dalam menambahkan aksesoris yang cocok.

– Memasang karpet yang nyaman sebagai alas duduk

Menata Ruang Keluarga Lesehan, menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang sempit, ruang tamu tanpa kursi minimalis, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang tamu lesehan ala jepang, ruang tamu lesehan ala arab, contoh desain ruang tamu kecil tanpa kursi, cara menata ruang tamu dan dapur
Berilah karpet yang nyaman sebagai alas duduk – Diminimalis.com

Tips yang pertama dalam menata ruang keluarga lesehan ialah berfokus pada karpet. Pilihlah karpet yang nyaman agar saat dipakai tidak membuat sakit.

Harus diingat bahwa tidak adanya kursi atau tempat duduk membuat Anda perlu menyiapkan alas duduk lain yang juga nyaman. Sehingga, penggunaan karpet adalah pilihan paling tepat untuk ruang keluarga lesehan. Anda bisa memilih jenis karpet yang lembut dan tebal agar Anda dan keluarga tetap terasa nyaman dan hangat.

Selain kenyamanan, kemudahan perawatan juga perlu Anda perhatikan. Pilihlah jenis karpet yang sekiranya mudah dibersihkan dan tidak banyak menyimpan debu. Jika ada anak-anak Anda bisa menggunakan alas duduk berupa tikar ataupun karpet anti air agar tetap aman meskipun terkena cairan.

Menata Ruang Keluarga Lesehan, menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang sempit, ruang tamu tanpa kursi minimalis, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang tamu lesehan ala jepang, ruang tamu lesehan ala arab, contoh desain ruang tamu kecil tanpa kursi, cara menata ruang tamu dan dapur
Aturlah pencahayaan ruangan dengan baik – Diminimalis.com

– Mengatur pencahayaan terbaik

Seperti halnya penataan ruangan lainnya, di ruang tamu tanpa kursi pencahayaan juga perlu menjadi faktor pertimbangan tersendiri. Atur pencahayaan agar ruangan tetap terang dan Anda tidak mengalami kesulitan untuk membaca atapun beraktivitas di ruang keluarga.

Anda bisa menambahkan stand lamp untuk membuat ruangan lebih terang dan terlihat modern. Jika tidak memungkinkan, pencahayaan dari lampu plafon pun rasanya sudah cukup untuk memberikan penerangan pada ruang keluarga berkonsep lesehan. Hal terpenting dari elemen ini adalah atur penempatan dan pemilihannya yang terbaik.

Untuk pencahayaan malam, gunakan lampu ruangan terbaik agar tidak membuat mata sakit. Warna lampu bisa putih karena sorot warna lampu ini mendukung untuk melakukan aktivitas ringan seperti membaca buku.

– Menambahkan meja kecil di tengah alas duduk

Selain alas duduk, ruang keluarga juga memerlukan sebuah meja untuk meletakkan makanan ataupun barang lainnya. Meskipun tidak terdapat kursi atau sofa, ruang keluarga ini juga memerlukan adanya sebuah meja di bagian tengah. Pilihlah model meja yang tidak terlalu tinggi dan bisa Anda gunakan dalam keadaan duduk.

Pemilihan model meja bisa disesuaikan dengan konsep ruangan, apakah konsepnya minimalis, tradisional atau klasik. meja dari kayu dengan plistur kemungkina perlu untuk menunjang tampilan yang padu. Warna meja juga perlu disesuaikan dengan cat dinding ruangan agar tetap menyatu.

– Memilih jenis dan ukuran perabotan agar mudah dijangkau

Aktivitas yang dilakukan dalam kondisi duduk tanpa kursi tentu perlu disesuaikan dengan pemilihan dan penataan perabot lain. Sesuaikan ukuran dan jenis perabot agar mudah dijangkau bahkan dalam kondisi duduk sekalipun. Anda bisa menggunakan lemari dan rak buku yang tidak terlalu tinggi untuk meletakkan buku, pajangan atau barang-barang pribadi lainnya.

Karpet atau alas duduk lesehan lainnya sebaiknya diletakkan merapat pada dinding agar bisa digunakan sebagai tempat bersandar. Anda bisa menambahkan bantal untuk melapisi dinding sandaran guna menambah kenyamanan. Bantal ini bisa dibuat permanen melekat pada dinding maupun bisa dilepas pasang agar lebih fleksibel.

– Tambahkan alas duduk untuk kenyamanan ekstra

Selain karpet sebagai alas utama, Anda juga bisa menambahkan bantal untuk alas duduk agar terasa lebih nyaman. Anda juga bisa menggunakan sofa bed yang empuk untuk alas duduk. Anda juga bisa menambahkan bantal-bantal besar untuk melengkapi kenyamanan bersantai bersama keluarga.

– Mengatur letak TV meliputi jarak dan ketinggiannya

Tips menata ruang keluarga lesehan selanjutnya adalah dengan menyesuaikan letak TV. Biasanya TV adalah salah satu perangkat yang wajib ada di sebuah ruang keluarga. Pengaturan letak TV ini perlu disesuaikan dengan kondisi ruang keluarga Anda. Jarak dan ketinggian TV harus disesuaikan agar penghuni tetap nyaman selama menonton TV dan mata tidak cepat lelah.

Pada ruang keluarga berkonsep lesehan, TV sebaiknya diletakkan di meja atau lemari dengan ketinggian yang rendah. Usahakan letak TV tidak terlalu tinggi dan sejajar dengan mata ketika dalam kondisi duduk. Jarak TV juga perlu disesuaikan, jarak ideal TV ini adalah 3 kali dari ukuran panjang TV Anda.

Jadi pada intinya, jika ditata dengan benar, maka ruang keluarga lesehan akan mampu memberikan kenyamanan yang sama bahkan lebih dari ruang keluarga dengan kursi seperti yang sudah umum digunakan. Anda bisa gunakan tips-tips di atas untuk menata ruang keluarga tanpa perlu menggunakan alas duduk berupa kursi. Jangan lupa pahami juga tentang cara menata ruang tamu sederhana menjadi nampak istimewa pada rumah minimalis Anda. (us) editted by RN11112020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *