Kiat Menata Ruang Keluarga dan Ruang Makan Jadi Satu

Ada beberapa jenis ruangan yang bila dibuat menyatu dengan yang lain akan lebih bagus. Salah satunya ialah antara ruang keluarga dan ruang makan. Menata ruang keluarga dan ruang makan menjadi satu area ternyata bisa jadi inspirasi desain yang menyenangkan. Tinggal akan mengadopsi konsep yang seperti apa agar hasilnya tidak monoton.

Mari nanti kita bedah secara filosofis alasan kenapa dua ruangan ini layak dijadikan satu. Harapannya Anda jadi lebih paham juga bagaimana mengatur konsep pengkombinasian kedua ruangan tersebut agar tetap fungsional.

Ide Baru Menata Ruang Keluarga dan Ruang Tamu jadi Satu

Ruang keluarga dan ruang tamu sendiri keberadaannya cukup penting dalam sebuah rumah. Di ruang keluarga misalnya, biasanya sebagai tempat untuk berkumpul menghabiskan banyak waktu bercengkerama setelah seharian sibuk dengan urusan masing-masing.

Kemudian ruang makan, sudah pasti untuk keperluan makan, yang lebih sering untuk santap bersama-sama. Karena fungsi keduanya itulah yang sama-sama penting, menata ruang keluarga dan ruang makan menjadi satu bisa diusahakan. Ide ini bisa jadi sesuatu yang menarik untuk dilakukan, namun plannya harus dipikir matang-matang agar hasilnya maksimal.

Kehadiran konsep minimalis yang kini begitu diminati, membuat banyak orang memikirkan ide yang baru. Salah satu yang sedang kita ulas yaitu menata ruang keluarga dan ruang makan jadi satu.

Salah satu caranya adalah dengan menggabungkannya menjadi satu ruangan, tanpa menambahkan sekat. Selain membuat ruangan lebih lega, konsep seperti ini akan memberi kesan hangat dan harmonis saat dipakai ngumpul keluarga. Baik makan maupun santai-santai.

 menata ruang keluarga dan ruang makan, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana
Ruang keluarga dan ruang makan yang menyatu – Diminimalis.com

Untuk mewujudkan desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Misalnya dengan menempatkan beberapa furniture di tempat yang tepat. Tak hanya itu, pemilihan detail furniture juga patut menjadi perhatian agar hasil akhirnya bagus.

Tips Menata Ruang Keluarga dan Ruang Makan Menjadi Satu

Selain hal-hal terkait furniture, banyak hal lainnya yang harus diperhatikan untuk membuat desain ruang kelaurga sederhana menyatu dengan ruang makan nan hangat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan!

1. Pilih ruangan yang paling luas di dalam rumah

Dalam sebuah rumah pasti ada satu ruangan yang paling luas, pilihlah ruangan tersebut untuk mewujudkan konsep ini. Selanjutnya, Anda tinggal memilih akses yang tepat agar siapapun lebih mudah mengakses ruang makan dan ruang keluarga tersebut.

Jika rumah Anda bertingkat, tentu saja pilih ruangan di lantai bawah, karena ini lebih memudahkan dibandingkan menjadikan yang utama di lantai dua.

2. Buatlah kedua ruangan ini berdekatan dengan posisi dapur

 menata ruang keluarga dan ruang makan, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana
Buatlah ruang keluarga dan ruang makan, dekat dengan dapur – Diminimalis.com

Dekatkanlah posisi ruang makan dan ruang keluarga dengan dapur. Hal ini akan membuat kedua ruang yang digabungkan ini akan semakin luas. Terlebih lagi, kita tahu bahwa dapur merupakan ruangan yang digunakan untuk proses memproduksi dan menyimpan makanan. Dengan diletakkan berdekatan, proses penyajian makanan akan lebih cepat.

3. Meminimalisir jumlah furniture

Usahakan jangan menggunakan terlalu banyak furnitur yang justru akan mengganggu ruang gerak Anda. Pilihlah barang-barang yang penting digunakan dan multifungsi. Selain itu, pilihlah meja makan yang tidak terlalu besar agar tidak memakan terlalu banyak ruang. Perlu diingat, konsep ruangan tanpa sekat ini untuk membuat Anda lebih leluasa mengerjakan banyak hal hanya dalam satu ruang.

4. Mainkan jarak antar furniture

Berikan jarak antara furnitur ruang keluarga dan ruang makan. Jadi, meskipun diletakkan tanpa sekat, kedua ruangan ini masih memiliki privasi masing-masing. Anggota keluarga yang ingin makan, bisa makan tanpa terganggu dengan ruang keluarga yang terdapat televisi. Jadi, jarak disini hanya diartikan tidak berdekatan antara furnitur di ruang makan dengan furnitur ruang kelaurga, walau tetap tanpa sekat.

5. Pilih warna cat yang senada

Ketika ingin membuat ruang makan dan ruang keluarga tanpa sekat, maka penting bagi Anda untuk memilih warna senada pada ruangan. Sudah jelas senada bukan berarti memilih satu warna yang sama, melainkan warna dengan tone yang menimbulkan atmosfer yang sama. Anda harus menghindari betul pemilihan cat tembok atau wallapaper yang berbeda-beda, karena warna yang tabrakan dalam satu ruangan, tiadak akan menarik dipandang.

6. Bermain dengan pencahayaan

ide inspirasi ruang keluarga, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tamu minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, ruang keluarga lesehan, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang tv minimalis modern, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain ruang tv sempit
Mainkan cahaya yang apik – Diminimalis.com

Banyak cara yang bisa dilakukan agar rumah minimalis menjadi lebih menarik dipandang. Salah satunya dengan memaksimalkan pencahayaan alami. Gunakanlah lampu dengan sorot yang terang atau lampu LED di tengah ruangan. Jangan lupa untuk menaruhkan lampu gantung di atas ruang makan untuk kesan yang lebih hangat.

Sediakan pula stand lamp untuk mempercantik ruang keluarga. Letakan stand lamp di dekat televisi Anda. Namun ingat, gunakan stand lamp hanya pada malam hari.

7. Menjaga sirkulasi udara

Disatukannya dua ruangan menjadi satu, bukan berarti Anda melupakan masalah sirkulasi udara. Justru, digabungkannya dua ruangan ini harus tetap terjaga agar aroma dari makanan tidak mengganggu ruang lainnya, yaitu ruang keluarga yang letaknya menyatu dengan ruang makan.

Artinya, Anda harus meletakan kedua ruangan ini di tempat dengan jendela yang agak besar. Bukalah jendela setiap pagi hingga sore setiap hari agar udara kotor di dalam ruangan selalu tergantikan dengan udara bersih yang masuk ke ruangan.

8. Tetap jaga privasi ruangan dengan ruangan lainnya

Meski Anda menggabungkan kedua ruangan ini, pastikan kedua ruangan ini tetap memiliki privasi masing-masing. Solusinya bisa menjauhkan jarak dari furnitur ruang makan dan ruang keluarga. Jadi, saat Anda berada di ruang dapur privasi Anda ada di dapur dan saat Anda berada di ruang keluarga privasi Anda adalah ruang keluarga.

Selain itu, jangan biarkan ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat. Sebab, hal ini sudah memiliki privasi yang berbeda lagi. Anda dapat menggunakan sekat atau partisi minimalis sebagai pembatas antara ruang keluarga dan ruang makan dengan ruang tamu. Hal ini guna menjaga privasi dari tamu yang berkunjung.

Itulah tadi 10 tips menata ruang keluarga dan ruang makan yang digabungkan men jadi satu. Satu yang perlu Anda ingat, sebelum mendesain ruangan ini adalah tujuan digabungkannya kedua ruangan. Tujuannya penggabungan ruang keluarga dan ruang makan tanpa sekat ini guna menciptakan atmosfer kebersamaan yang lebih kuat. Karenanya, perhatikan betul setiap detil caramenata ruang keluarga dan ruang makan dengan baik.(us) editted by RN15082020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.