Tips Menata Ruang Bermain Anak menjadi Aman dan Nyaman

Membuat ruang bermain untuk anak di rumah sudah sepatutnya direncanakan dengan matang. Sebab, anak-anak biasanya teledor dan cenderung usil sehingga menata ruang bermain anak dengan baik adalah sebuah keharusan.

Pentingnya memperhatikan desain ruang bermain dengan baik akan mampu memicu tumbuh kembang anak secara maksimal. Beberapa tips di bawah kami ulas untuk Anda tentang bagaimana tips menata ruang bermain anak terbaik yang nyaman dana man untuk buah hati Anda.

Menata Ruang Bermain, Menata Ruang Bermain anak, Ruang Bermain anak minimalis
ruang bermain dengan ornamen kayu yang aman dan nyaman untuk buah hati Anda – diminimalis.com

Tips Menata Ruang Bermain Anak

Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus tentang bagaimana sebuah ruang bermain dibuat. Hanya saja sebagaimana prinsip desain ruangan lain pada umumnya, keamanan dan kenyamanan adalah faktor utama. Artinya, Anda perlu memastikan furniture dan elemen yang dimasukkan ke dalamnya memenuhi kriteria safety ketika digunakan oleh si kecil.

Nah, untuk melengkapi hipotesis tersebut, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam mendesain ruang bermain anak.

1. Rencanakan layout ruang dan tema

Tata letak desain dalam menata ruang bermain anak tidak bisa direncanakan secara sembarang. Sebab, nantinya akan sangat berpengaruh pada bagaimana anak-anak beraktivitas dalam ruangan selama bermain. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengatur rencana lay out nya sedari awal.

Apa saja yang termasuk ke dalam perencanaan lay out? Misalnya ialah pengaturan posisi meja, kursi, dan lemari yang menjadi poin terpenting dari ruang bermain. Lemari dan rak penyimpanan mainan bisa diletakkan menempel pada dinding. Sementara, meja dan kursi yang menjadi pusat aktivitas statis untuk anak berada di tengah-tengah ruangan.

Setelah menentukan lay out, Anda juga bisa sekaligus menetapkan tema ruangan. Tema akan berpengaruh pada pemilihan warna dan pemilihan furniture.

2. Pilih furniture yang paling aman

Perhatikan pemilihan furniture mengingat ini ruangan tersebut akan dipergunakan oleh anak-anak. Pilih furniture terbaik dan teraman dari bahan yang ringan seperti plastik, atau kayu khusus. Pastikan ujung-ujungnya tidak lancip untuk menghindari cedera.

Dalam menata ruang bermain anak, pentingnya memilih furniture berbahan ringan adalah agar mudah juga untuk dipindah-pindahkan. Berkaitan dengan kenyamanan juga, sesuaikan ukuran meja dan kursi dengan postur tubuh anak. Untuk warna cat dinding, pilih warna-warna cerah guna membantu menstimulasi otaknya agar kreatif dan keceriaan ruangan juga terasa.

3. Buat area khusus untuk aktivitas menulis dan menggambar

Anak-anak, terutama di usia balita, punya kecenderungan untuk mencorat-coret sesuatu. Sehingga, penting untuk mengakomodir kegemarannya dengan cara menyisakan sedikit area untuk meletakkan papan tulis atau meja gambar. Bisa jadi ini adalah tips menata ruang bermain anak yang sering dilupakan kebanyakan orang.

4. Tempat penyimpanan alat-alat dan mainan

Kecenderungan anak-anak setelah bermain biasanya akan membiarkan mainannya tetap berantakan. Nah, dalam rangka mengajarkannya disiplin dan agar ruangan selalu terlihat rapi, ajarkan si kecil untuk rajin membereskan kembali mainannya. Sediakan tempat penyimpanan berupa lemari khusus atau rak terbuka.

5. Beri karpet penutup lantai

Anak-anak biasanya akan cenderung aktif; berlarian dan sebagainya. Aktivitas tersebut jelas rentan terhadap kecelakaan, oleh karena itu sebaiknya lantai dilapisi lagi dengan karpet atau sejenisnya. Pilih karpet yang cocok untuk dipakai anak-anak seperti karpet karet dan sebagainya. Karpet karet berkarakter akan membuat anak-anak semakin senang dan dicucipun mudah plus terasa empuk.

Menata ruang bermain anak agar nyaman digunakan

Kriteria ruang bermain anak yang baik tentunya yang dapat memberikan aspek keamanan dan kenyamanan bagi buah hati Anda. Maka dari itu, dalam menata ruang bermain anak, fokuskan lebih dulu pada pemilihan furniture yang aman dan nyaman.

alangkah baiknya Anda menyiapkan furniture memang benar-benar tidak membahayakan bila diletakkan di ruang bermain anak. Penggunaan furniture plastik akan lebih memudahkan dan relatif lebih aman dibandingkan furnitur dari kayu atau pun besi.

Anda juga sebaiknya memilih furnitur yang bentuknya tidak memiliki sudut terlalu tajam. Selain itu, keberadaan furnitur di dalam ruangan bermain juga perlu disesuaikan dengan ukuran bada dan tinggi buah hati Anda. Dengan begini, buah hati Anda dapat bermain dan belajar dengan leluasa tanpa perlu khawatir akan terganggu oleh bentuk perabotan yang dapat membahayakannya.

area bermain outdoor, prinsip penataan area bermain outdoor, area bermain outdoor anak yang aman
area bermain outdoor yang penuh warna yang indah – diminimalis.com

Dalam pemilihan warna, sebaiknya Anda memberikan warna cerah agar ruangannya memiliki aura keceriaan. Pilih warna favorit anak dan kombinasikan dengan warna perabotnya.

Ruang bermain tersebut juga baik bila dihias menggunakan karakter idola sang anak, ermaundengan begini anak akan lebih bersemangat ketika mengerjakan aktivitasnya di ruangan tersebut.

Siapkan kotak untuk menyimpan koleksi mainan setelah selesai menggunakannya. Ajarkan hal ini agar anak menjadi terbiasa menjaga kebersihan dan kerapian ruang bermainnya. Sediakan juga peralatan kebersihan, seperti sapu dan tempat sampah untuk mengajarinya membersihkan ruangannya sendiri.

Lantai Ruang bermain anak sebaiknya menggunakan parket kayu yang masanya ringan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya benturan ketika anak-anak berlarian atau cedera lainnya. Anda juga dapat memberikan karpet dengan bahan dasar karet atau bahan yang ramah lingkungan dengan pattern yang unik. Pasang karpet di area sentral saja yang menjadi tempat lesehan anak untuk bermain, sehingga ruang bermain anak dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Demikian ulasan kami tentang cara menata ruang bermain anak agar nyaman digunakan. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang area bermain outdoor dan bagaimana cara merancangnya di bawah ini. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN19022020


Comment