by

4 Tips Efektif Menata Peralatan Masak di Dapur

Menata peralatan masak merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Menata peralatan masak menjadi salah satu hal penting yang menunjang kelancara proses memasak di dapur.

Dengan menata peralatan masak yang tetap, Anda akan mendapatkan hasil tatanan dapur yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu informasi yang tetap terkait menata peralatan memasak.

Nah, bagi Anda yang sedang mempersiapkan untuk menata peralatan masak di dapur, Anda dapat mengikuti tips-tips yang tepat dan bergunak untuk menatanya. Oleh karena itu, Anda perlu menambah pengetahuan terkait hal tersebut.

Berikut ini merupakan informasi terkait 4 tips efektif menata peralatan masak di dapur yang perlu Anda ketahui:

Menata peralatan masak berdasarkan jenis peralatan masak

Tips pertama untuk menata peralatan masak di dapur adalah menata peralatan masak sesui dengan jenisnya. Hal ini dikarenakan peralatan masak memiliki berbagai jenis yang sangat beraneka ragam.

Menata peralatan masak berdasarkan jenis peralatan masak menjadi sangat penting karena memiliki fungsi untuk mempermudahkan Anda dalam mencari peralatan yang Anda butuhkan ketika memasak. Sehingga proses memasak akan berjalan dengan baik dan lancar.

Nah, jenis peralatan masak apa saja sih yang sebaiknya ditata secara berdekatan atau satu tempat adalah sebagai berikut:

Pertama, jenis peralatan masak yang dapat digunakan untuk memotong. Peralatan ini sebaiknya disimpan dalam satu tempat yang sama karena akan memudahkan Anda ketika mencari peralatan untuk memotong berbagai bahan masakan.

Menata Peralatan Masak

Kedua, letakan peralatan memasak seperti wajan, panci atau peralatan lain yang digunakan sebagai tempat memasak di atas kompor secara menggantung di dinding dan letakan secara berdekatan.

Ketiga, letakan sticky equipment atau peralatan yang berbentuk panjang seperti stik pada sticky rack. Misalnya, sudip, sendok sayur yang panjang, saringan peniris, dan lainnya. Sehingga dapur Anda terlihat lebih rapi.

Keempat, letakan piring, gelas dan mangkuk pada rak yang sudah tersedia dan dalam satu rak yang sama. Sehingga Anda akan lebih dimudahkan saat mencarinya ketika membutuhkan.

Kelima, barang-barang elektronik seperti rice cooker sebaiknya diletakan dekat dengan sumber listrik. Sehingga ketika Anda akan menggunkannya, Anda tinggal menyalurkan ke sumber listrik yang tersedia.

Dengan mengelompokkan peralatan menurut jenisnya, Anda akan lebih terbantu dalam menata peralatan masak dapur Anda. Sehingga dapur Anda terlihat lebih rapi, efisien dan efektif.

Menata peralatan masak berdasarkan fungsinya

Tips yang kedua adalah menata peralatan masak berdasarkan fungsinya. Hal ini dikarenakan setiap peralatan masak memiliki fungsi yang berbeda-beda. Agar lebih efektif dan efisien lebih baik jika Anda menatanya sesuai dengan fungsinya. Sehingga, ketika Anda membutuhkan akan lebih gampang mencarinya.

Contohnya ketika Anda menata peralatan utama untuk memasak. Misalnya, Anda meletakan kompor dekat dengan penyimpanan wajan. Dan wajan disimpan secara menggantung didinding dekat kompor. Selain itu, Anda juga dalap meletakan sticky rack dekat dengan wajan namun tidak di atas kompor persis sehingga saat membutuhkan Anda gampang mendapatkannya.

Contoh kedua seperti peralatan elektroknik. Peralatan elektronik yang tidak dipakai sebaiknya disimpan di lemari penyimpanan yang tertutup namun juga dekat dengan sumber listrik. Jadi ketika Anda membutuhkannya, Anda dapat dengan mudah menggunakannya.

Menata Peralatan Masak

Contoh lainnya, peralatan yang berfungsi untuk memotong seperti pisau, gunting, pisau besar untuk memotong daging atau yang lainnya dalam satu tempat. Sehingga Anda mudah mendapatkannya.

Dengan demikian Anda dapat melakukan aktifitas memasak di dapur dengan sangat efektif dan efisien karena peralatan memasak sudah tertata rapih sesuai dengan fungsinya.

Menata peralatan masak dengan memanfaatkan ruang

Tips yang ketiga adalah memanfaatkan ruang. Terutama bagi Anda yang memiliki dapur minimalis. Pemanfaatan ruang sangat disarankan untuk mengantisipasi kekurangan ruang untuk menyimpan peralatan dapur.

Pemanfaatan ruang di dapur memang sangat diperlukan dan harus dilakukan. Misalnya ruang kosong di bawah wastafel dapat Anda gunakan untuk meletakan tempat sampah. Selain itu Anda juga perlu memanfaatan ruang kosong di bawah meja kompor dapat Anda gunakan untuk meletakan tabung gas.

Contoh lainnya Anda dapat menggunkan ruang kosong pada dinding dan digunakan untuk meletakan rak dinding melayang guna menyimpan berbagai peralatan atau perlengkapan dapur lainnya.

Sehingga dengan pemanfaatan ruang kosong tersebut, Anda dapat berhemat ruangan dan meminimalisir kemungkinan kekurangan ruangan untuk menyimpan peralatan di dapur. Selain itu, diharapkan dapat membantu Anda dalam menata peralatan masak dengan rapi dan enak dipandang oleh mata.

Menata peralatan masak setelah semua alat dan tempat penyimpanan dibersihkan

Nah, tips yang terakhir adalah dengan menata peralatan masak setelah semua alat dan tempat penyimpanan dibersihkan dari debu dan kotoran. Semua itu juga menjadi kewajiban bagi Anda semua untuk membersihkannya agar Anda merasa lebih nyaman dan senang memasak di dapur yang Anda miliki.

Dengan begitu, proses membersihkan tersebut diharapkan dapat membuat Anda dan keluarga tetap hidup sehat. Karena sehat merupakan kebutuhan yang penting, sehingga semua orang perlu melakukan tips ini di rumah Anda semua.

Demikian tips-tips menata peralatan masak di dapur yang dapat Anda terapkan dan jadikan referensi dalam menata peralatan masak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Sehingga Anda dapat memiliki dapur yang rapi, bersih, efisien dan efektif sesuai dengan keinginan Anda. Menjadikan proses memasak lebih nyaman karena penataan yang tepat. Serta dapat memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang memasak di dapur. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.