Tips Menata Meja Makan Agar Anak Semangat Sahur

Siapa sangka jika ternyata tatanan meja makan berpengaruh terhadap selaera bersantap siapapun utamanya anak-anak. Seringkali anak-anak enggan makan secara rutin bukan semata mata karena menu masakannya saja yang mungkin membosankan. Namun, bisa saja karena meja makannya yang monoton alias membosankan. Untuk itulah sebagai ibu atau orang tua perlu mencoba menata meja makan agar lebih menggugah selera.

Caranya, Anda bisa mengubah beberapa tatanan sederhana misalnya pada kursi dibuat ada corak ukir/gambarnya. Bisa juga pada permukaan meja diberi taplak bergambar karakter sesuai dengan kesukaan si kecil. Hal-hal semacam ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengajaknya rajin makan tepat waktu dan dengan senang hati.

Di hari-hari biasa, anak susah makan mungkin tidak akan seperti saat ramadhan. Dimana anak-anak biasanya sangat susah dibangunkan untuk makan sahur karena tidak semangat. Nah, Anda bisa usahakan menata meja makan terutama saat menjelang puasa. Agar nanti pada saat mulai momen makan sahur, anak-anak jadi lebih semangat untuk bersantap bersama Anda dan keluarga.

Prinsip Dasar Menata Meja Makan yang Bagus

Penataan interior pada sebuah ruangan akan berdampak pada kenyamanan saat dipakai. Apapun konsepnya, hal terpenting adalah tatanan furniture yang ada di dalamnya harus mendukung. Misalnya saja seperti yang sedang kita bahas yaitu pada ruang makan. Pada intinya, dengan tatanan meja makan yang bagus dan representatif akan mampu menggugah selera bersantap.

Di bulan puasa, aktivitas sahur menjadi sebuah keharusan dimana waktu makan adalah di waktu-waktu pagi sekali. Karena timingnya itulah seringkali membuat sebagian kita malas untuk beranjak. Khususnya pada anak-anak yang seringkali malas untuk bangun makan sahur. Nah, dengan menata meja makan sebaik mungkin, bisa jadi nanti selera makannya akan tergugah.

menata meja makan, menata meja makan sederhana, menata meja makan untuk lomba, cara menata meja makan untuk lomba, cara menata meja makan sederhana cara menata meja makan sehari-hari, cara menata meja makan menu siang, cara menata meja makan prasmanan, menata meja makan minimalis
Diperlukan penataan meja yang tepat agar anak semangat sahur – Diminimalis.com

Tahukah Anda seperti apa saja cara menata meja makan sederhana? Apapun konsep hunian yang dipilih penataan yang tepat pada ruangan termasuk ruang makan mesti diperhatikan. Agar lebih paham, berikut ini beberapa hal penting terkait penataan ruang makan sederhana namun bisa membuat anak menjadi semangat untuk sahur.

Tips Menata Meja Makan Sederhana Agar Anak Semangat Sahur

Seperti sudah disinggung di atas bahwa semakin cantik dan unik tampilan meja makannya, kemungkinan besar anak-anak juga akan semakin suka. Nah, untuk mewujudkan itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Atur penataan meja dan kursi makan dengan rapi

Hal sederhana yang paling harus dilakukan untuk membuat ruang makan yang nyaman adalah menata meja dan kursi dengan rapi. Jika kedua perabotan utama dalam ruang makan ini terlihat rapi, maka anak bisa lebih semangat untuk menuju ruang makan dan menyantap makanan sahur. Namun jika dari kejauhan saja sudah terlihat berantakan, anak-anak bisa menjadi terganggu suasana hatinya dan menjadi malas untuk makan bersama.

Perhatikan penerangan

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Saat Listrik Padam? , cara membuat penerangan saat mati lampu, saat mati listrik
Perhatikan penerangan ruang makan Anda – diminimalis.com

Ketika waktu sahur, tubuh baru saja terbangun dari tidur dan akan dihadapkan dengan berbagai makanan yang harus segera dimakan. Jika ruang makan tidak memiliki penerangan yang baik terutama jika terlihat gelap atau remang-remang, maka siapapun akan menjadi lebih susah untuk membangkit selera makannya ketika baru saja terbangun. Maka dari itu, penting sekali membuat ruang makan menjadi terlihat terang dengan penerangan yang baik meskipun masih berada dipagi buta.

Gunakan tema khusus ruang makan

Selain memperhatikan dua hal dasar dalam penataan ruang makan yang telah dijelaskan tadi, Anda bisa juga memiliki konsep tema ruang makan tertentu. Ruang makan yang benar-benar terkonsep dengan baik terutama dengan pemilihan tema yang jelas akan menjadi ruangan yang menarik untuk disinggahi termasuk ketika waktu sahur. Berbagai tema ruang makan bisa dipilih seperti monokrom, sangat cocok untuk menghidupkan gaya minimalis yang menarik.

Selain itu, tema lain untuk menghias ruang makan juga bisa dipilih sesuai denga selera Anda. Jika ingin benar-benar membuat anak menjadi semangat untuk santap bersama termasuk untuk makan sahur, maka bisa libatkan mereka dalam memilih tema dan dalam mewujudkan tema tersebut.

Kurangi hiasan dan aksesoris yang tidak perlu

Menghias ruang makan memang sangat perlu untuk membuat ruang makan menjadi menarik. Namun jika berlebihan, justru ruang makan akan menjadi terlihat sesak atau tidak menggugah selera. Ada baiknya, perhatikan ruang makan yang telah Anda miliki untuk dievaluasi. Buang hiasan dan aksesoris yang tidak perlu yang ternyata justru membuat ruang makan menjadi tidak nyaman untuk disinggahi.

Atur penataan santap sahur dengan benar

Menu Sahur Awet Kenyang, makanan awet kenyang, menu sahur oatmeal, menu sahur vegetarian, menu sahur sehat untuk diet, menu sahur tanpa nasi, cemilan untuk sahur, makanan terbaik untuk sahur, sayuran yang baik untuk sahur, Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Sajikan menu sahur yang sehat dan bergizi – Diminimalis.com

Walaupun terbilang ruang makan sederhana pada sebuah rumah biasa, namun santapan sahur yang tertata dengan baik di atas meja akan menggugah selera. Salah satunya adalah dengan menata piring dan peralatan makan lainnya ditempat yang benar dan bergaya seperti meja makan disebuah restoran atau hotel. Gunakan alas piring, letakkan piring di atasnya, siapkan semua peralatan makan yang tersedia dan hidangkan menu makanan ditengah meja agar terlihat cantik dan menarik.

Gunakan taplak meja makan cantik

Taplak meja makan yang cantik juga bisa memiliki andil dalam menggugah selera makan anggota keluarga di rumah termasuk anak-anak. Pilihlah taplak meja makan yang memang sesuai dengan tema yang Anda pilih. Untuk pemilihan warna, Anda bisa sesuaikan dengan warna dan material meja makan minimalis Anda. Taplak meja juga tidak harus menutupi semua permukaan meja makan karena bisa juga cukup sebagai pemanis yang diletakkan ditengah meja makan.

Sematkan lampu gantung cantik di atas meja makan

Selain memperhatikan ruang makan agar terlihat terang, bisa juga Anda memilih sumber penerangan yang cantik misalnya dengan lampu gantung. Saat ini telah banyak lampu gantung dengan berbagai model yang sangat cantik untuk membuat ruangan menjadi lebih menarik.

• Beri hiasan yang segar pada area meja makan

Jika Anda ingin menyematkan hiasan pada meja makan, pilihlah hiasan yang terlihat segar agar santap sahur menjadi semangat. Anda bisa memilih untuk menyematkan vas bunga yang cantik ditengah meja makan atau bisa juga memilih buah-buahan segar pada suatu wadah untuk menggugah selera makan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai tips menata meja makan yang bisa membuat anak menjadi lebih bersemangat ketika sahur. Berbagai hal tersebut memang bukan termasuk panduan menata meja makan untuk lomba. Namun, berbagai hal penataan meja makan sederhana tersebut bisa benar-benar efektif untuk membuat anggota keluarga termasuk anak-anak untuk bersemangat ketika waktu sahur tiba.

Jika Anda luangkan waktu untuk sejenak memperhatikan soal bagaimana menata meja makan yang tepat, maka anak bisa lebih tergugah selera makannya. Agar lebih efektif hasilnya, jangan lupa hadirkan menu makanan yang tepat dimeja makan terutama hidangan yang disukai anak-anak. Selain itu jangan lupa sajikan menu sahur awet kenyang agar mereka kuat menjalani puasa.(an) editted by RN25082020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.