Menata Mainan Anak di Rumah Minimalis dengan Cara Simpel dan Efisien

Mainan anak perlu ditata dengan sempel namun rapi - diminimalis.com

Menata mainan anak kadang merepotkan, meski tiap hari ditata, besoknya pasti akan berantakan lagi karena anak-anak akan memainkan mainannya kembali. Maka dari itu, perlu kita perlu membuat agar rutintas tersebut tidak menjemukan. Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara menata mainan dengan simpel dan efisien.

menata mainan anak, cara menata mainan anak, rak mainan anak minimalis
Mainan anak perlu ditata dengan sempel namun rapi – diminimalis.com

Menata mainan anak secara simpel dan efisien

menata mainan anak, cara menata mainan anak, rak mainan anak minimalis
Dengan cara ini, mainan anak menjadi mudah ditata dan digunakan kembali – diminimalis.com

1. Gunakan Kain untuk senyimpan mainan

Gunakan kain tule atau yang biasa digunakan sebagai kain kelambu dan ikat di kedua sisi dinding, seperti membuat sebuah ayunan. Kemudian, letakkan berbagai mainan di sana, terutama yang memiliki bobot ringan. Mainan tertata rapi dan kamar pun menjadi lebih atraktif.

2. Gunakan Rak Buku

Selain sebagai tempat menyimpan buku, rak buku juga dapat dialihfungsikan menjadi wadah menaruh mainan. Lihat saja di toko-toko mainan, kebanyakan toko-toko tersebut memanfaatkan rak sebagai tempat memajang mainan. Kelebihan memakai rak ini, susunan mainan akan terlihat lebih menarik dan lebih rapi. Mainan pun tidak mudah rusak akibat saling bertindihan dan bertumbukan.

3. Manfaatkan Lemari Mainan

Jika koleksi mainan anak Anda sudah cukup banyak, maka box dan rak saja tidak cukup untuk menampungnya. Diperlukan wadah yang cukup besar, seperti lemari, agar mainan-manan tersebut dapat disimpan dengan baik. Sediakan lemari berukuran sedang yang dilengkapi dengan beberapa pintu.

Percantik masing-masing pintu tersebut dengan warna yang berbeda-beda. Tambahkan aksesoris berupa susunan huruf A-Z di samping lemari dan gambar tempel di pintu-pintunya. Biasakanlah anak Anda menaruh mainan miliknya secara berkelompok. Misalnya robot dengan robot, puzle dengan puzle, dan kendaraan dengan kendaraan.

4. Gunakan Furniture Multifungsi

Apabila rumah Anda berukuran mungil, Anda bisa menyediakan tempat mainan ini dalam bentuk furniture multifungsi. Contohnya adalah ranjang tidur dengan laci-laci di bawahnya, meja dengan rak-rak kecil, atau sofa yang dilengkapi dengan box. Biasanya, opsi inilah yang paling mampu merangsang anak untuk menata mainan-mainannya.

5. Gunakan kotak mainan

Kotak mainan anak biasanya dibuat dari bahan kayu atau plastik. Agar semakin menarik, kotak tersebut lantas dihiasi dengan warna-warna cerah dan motif khas anak-anak. Usahakan, meskipun kokoh, bobot kotak mainan ini tetap ringan sehingga mudah digeser oleh buah hati kita. Yang tak kalah penting, pastikan juga box tersebut aman bagi anak-anak.

Demikian ulasan kami tentang cara menata mainana anak secara simpeldan efisien, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang mainan anak yang aman untuk buah hati Anda di rumah, semoga bermanfaat. (ls)

Mainan anak yang aman untuk buah hati Anda di rumah 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.