by

5 Tips Menata Karpet Ruang Tamu Minimalis

Ada bebrapa tips menata karpet ruang tamu minimalis untuk Anda semua yang perlu Anda ketahui. Sebelum Anda menata karpet ruang tamu, sebaiknya Anda mengetahui informasi terkait tips menata ruang tamu minimalis agar Anda dapat menatanya dengan rapi dan sepurna.

Ruang tamu merupakan bagia penting yang akan menjadi tempat untuk menerima tamu/orang lain. Sehingga penampilan dari ruang tamu harus diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dengan furnitur atau dengan peralatan yang ada di ruang tamu.

Salah satu furnitur yang ada di ruang tamu adalah karpet ruang tamu. Karpet tersebut menjadi salah satu bahan permbicaraan banyak orang. Hal ini dikarenakan karpet ruang tamu merupakan bagian yang memiliki peranan penting pada ruang tamu Anda.

Peranan karpet ruang tamu yang utama adalah melindungi Anda dari dinginnya lantai. Namun, sehubung dengan kemajuan jaman dan banyaknya inovasi, karpet ruang tamu menjadi bagian yang penting dengan nilai seni yang tinggi. Sehingga, banyak yang memilih karpet karena keunikan model dan motifnya.

Karpet ruang tamu merupakan salah satu furnitur penting yang diperhatikan dari segala aspek. Sehingga, ketika Anda akan menata karpet ruang tamu, Anda harus benar-benar memperhatikan hal-hal berikut ini:

1.Menata karpet ruang tamu dengan mempertimbangkan ukuran karpet dan ruangan

Tips pertama yang perlu Anda ketahui adalah mempertimbangkan ukuran karpet dengan ukuran ruangan. Sehingga Anda terhindar dari karpet yang terlalu besar ukurannya, melebihi ukuran ruang tamu yang Anda miliki.

Karpet yang memiliki urang lebih besar dari ruang tamu biasanya akan membuat kesan ruangan lebih berantakan/ tidak rapih. Untuk itu, Anda perlu menghindari hal ini dengan mencegahnya melalui pemilihan karpet berdasarkan ukuran.

Jika Anda memilih karpet dengan ukuran yang sama dengan atau lebih kecil dari ukuran ruang tamu, justru akan memberikan kesan yang bagus dan Anda-pun dapat menatanya dengan berbagai gaya/ posisi yang tepat, yang Anda inginkan.

Sehingga Anda sangat disarankan untuk tidak memilih karpet yang memiliki ukuran lebih besar dari ruang tamu yang Anda miliki. Sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari.

2. Gunakan Padding karpet yang tepat

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan padding karpet yang tepat. Padding karpet memiliki fungsi yang penting untuk ketahanan karpet Anda. Sehingga Anda harus memilih padding karpet yang tepat.

Menata Karpet Ruang Tamu

Padding karpet merupakan karpet pembatas antara lantai dan karpet. Padding karpet memiliki fungsi sebagai penyeimbang suhu sehingga karpet lebih tahan lama. Dengan kata lain, padding karpet menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ketahanan karpet/ umur ekonomis karpet.

Jika Anda membeli karpet, biasanya juga sudah dilengkapi dengan pedding karpet. Namun, terkadang juga tidak langsung dilengkapi padding karpet. Sehingga Anda perlu membelinya secara terpisah.

Padding karpet yang bagus dan nyaman adalah padding yang berbahan karet busa. Padding ini juga merupakan padding yang tergolong padding yang ramah dikantong. Sehingga kantong Anda tidak terkuras dan Anda tetap bisa mengatur kondisi finansial Anda.

3. warna dan corak karpet dengan tema ruangan

Tips selanjutnya untuk menata karpet ruang tamu minimlais adalah dengan menyesuaikan warna dan corak karpet dengan tema ruangan. Penyesuaian ini membantu Anda dalam menyerasikan karpet dengan ruangan. Sehingga ruangan terlihat lebih elegan dan rapih.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membeli karpet, Anda perlu mengetahui tema atau warna yang Anda gunakan untuk ruang tamu yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan sangat terbantu dalam membuat membuat keputusan untuk memilih karpet ruang tamu.

Kombinasi warna yang sesui dengan konsep ruang tamu menjadi kunci utamanya. Jika ruang tamu Anda sudah menggunakan satu warna, Anda dapat menggunakan karpet dengan motif atau kombinasi warna yang senada walaupun terkesan memiliki tema yang lebih ramai.

Kombinasi warna polos dan ramai dapat menjadi pilihan tepat untuk ruang tamu Anda. Sehingga ruang tamu akan terlihat lebih berwarna dan berisi serta lebih indah dipandang mata.

Pemilihan kombinasi warna dan corak karpet harus Anda lakukan dengan tepat. Pemilihan ini akan mebuat ruangan lebih nyaman jika dilihat dan juga akan mempengaruhi kepuasan Anda.

4. Atur posisi furnitur

Tips yang ke-empat adala mengatur posisi funitur yang Anda gunakan di ruang tamu. Karpet dan furnitur lainnya menjadi bagian penting dari ruang tamu. Ruang tamu akan terlihat seperti apa, dapat Anda lihat dari pengaturan posisinya. Untuk itu Anda perlu mengaturnya agar lebih rapih.

Anda dapat mengatur furnitur sedemikan rupa sehingga ruangan akan terlihat lebih rapih. Misalnya, Anda dapat mengatur dengan memutuskan agar semua sofa tidak sama sekali diletakan di atas karpet, karena karpet yang Anda miliki memiliki ukuran yang kecil.

Menata Karpet Ruang Tamu

Anda juga dapat mengatur dengan memutuskan semua kursi/ sofa berada di atas karpet. Hal ini karena karpet Anda memiliki ukuran yang luas dan sangat tetap jika semua kursi berada di atas karpet.

Cara Anda mengatur posisi furnitur menjadi bagian terpenting dan akan memberikan kesan kerapihan pada ruang tamu yang Anda miliki.

5. Pilih karpet yang aman untuk kesehatan

Tips yang terakhir adalah menggunakan karpet yang aman untuk kesehatan Anda semua. Karpet ruang tamu yang aman untuk kesehatan adalah karpet yang tidak terlalu menyerap debu. Sehingga gampang dibersihkan dan Anda dapat menggunakannya sebagai karpet sehari-hari.

Karpet ruang tamu juga perlu untuk Anda bersihkan setip hari, dengan cara minimal menggunakan sapu atau penyedot debu. Sehingga karpet tetap terjaga kebersihan dan keamanannya.

Selain itu, Anda juga akan terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat disebabkan dari debu-debu yang menempel di karpet Anda. oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan karpet ruang tamu Anda ya.

Sekin informasi terkait 5 tips menata karpet ruang tamu minimalis yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi tersebut dapat dijadikan inspirasi dan referensi untuk Anda dalam menata karpet ruang tamu yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga dapat segera menata karpet ruang tamu dengan baik dan rapih sesui dengan keinginan Anda dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.